SHARE

Kartu kredit tentunya sudah tidak asing bagi kita. benda yang bisa menjadi sebagai malaikat penyelamat sekaligus menjadi bumerang yang bisa saja menjebloskan kita dalam lingkaran utang. Namanya juga kredit, sudah pasti itu utang. Namun banyak orang yang menyalahartikan kartu kredit itu sebagai tambahan penghasilan.

kartu kredit

Sejatinya kartu kredit adalah alat pembayaran yang bisa digunakan terutama pada saat-saat mendesak misalnya biaya rumah sakit dll. Banyak orang tergiur menggunakannya karena berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit.

BerbagiSolusi.com kali ini akan membahas tentang bagaimana menggunakan kartu kredit secara bijak agar tidak terlilit dalam lingkaran utang.

TIPS BIJAK MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

6 tips cara bijak menggunakan kartu kredit :

  • BAYAR PENUH TAGIHAN
    Upayakan untuk membayar penuh seluruh tagihan sebelum tanggal jatuh tempo, dengan begitu anda tidak akan dikenakan bunga.
  • KARTU KREDIT BUKAN UANG LEBIH
    Pahami bahwa kartu kredit itu bukanlah uang tambahan yang bisa digunakan sesukanya. Tetapi kartu kredit adalah utang jika digunakan dan harus membayar tagihannya sebelum jatuh tempo.
  • HINDARI MEMBAYAR MINIMUM PAYMENT
    Sebisa mungkin hindari membayar minimum pembayaran. Karena dengan membayar dengan minimum payment maka akan menjebak anda berhutang lebih banyak. Jika membayar jumlah minimum pembayaran maka yang terbayar hanya bunganya saja, pokok utangnya belum terbayar. Nah sistem ini akan berulang setiap bulannya, tentu saja dengan bunga yang bertambah besar. Bunga yang belum dilunaskan akan dikenakan bunga lagi. Jadinya bunga berbunga. Nah ini yang akan membuat anda berpotensi susah keluar dalam lingkaran utang kartu kredit.
  • HINDARI PENARIKAN UANG TUNAI
    Hampir semua bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas kemudahan tarik tunai melalui atm. Sebisa mungkin hindari fasilitas ini. Kecuali dalam keadaan terpaksa, bolehlah menggunakannya. Kenapa menghindari fasilitas tarik tunai? Sebab bunga untuk tarik tunai sangat tinggi dibanding bunga saat kita membeli barang.
  • PERHATIKAN TANGGAL JATUH TEMPO
    Hati-hati dengan tanggal jatuh tempo. Kalau perlu buat pengingat pada gadget anda agar bisa memberikan kode saat anda harus melakukan pembayar kartu kredit sebelum jatuh tempo. Sebab jika melewati jatuh tempo maka anda akan dikenakan denda melewati tanggal jatuh tempo.
  • BATASI MAKSIMAL 3 KARTU SAJA
    Jangan terlalu banyak mengoleksi jenis kartu kredit. Masing-masing kartu kredit memberi manfaat yang berbeda-beda serta diskon merchant yang berbeda pula. Dengan berbagai macam penawaran menarik tsb membuat nasabah terkadang tidak bisa menahan nafsu komsumtifnya. Sehingga banyak orang sering merasa tidak cukup dengan satu kartu kredit saja. Dan lagi-lagi dengan pemikiran seperti itu akan membuat anda semakin gampang terjerat lingkaran setan kartu kredit.

Nah demikianlah artikel tentang tips menggunakan kartu kredit secara bijak. Semoga setelah membaca artikel ini, anda semakin paham tentang penggunaan kartu kredit sehingga terhindar dari jebakan lingkaran utang kartu kredit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here