SHARE

Berbagisolusi.com – Buah delima atau Punica Granatum berasal dari Iran tetapi juga tersebar di kawasan subtropis sampai tropis. Tumbuhan ini cocok ditanam di tanah yang gembur dengan air tanah yang tidak terlalu dalam. Tak hanya sebagai penghasil buah, tanaman ini sering juga digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman obat.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa buah yang berisi biji ini memiliki kandungan anti kanker. Zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kaker serta membantu pelemahan protein yang dihasilkan oleh tulang sumsum. Tak hanya itu masih banyak kandungan lain seperti asam folik, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E.

Berikut akan dibahas lebih jauh khasiat dari buah delima:

Membantu pengobatan kanker

Penelitian tentang khasiat dari buah delima terhadap kanker dilakukan di Israel. Penelitian membuktikan bahwa sari buah ini mampun mencegah perembetan sel kanker payudara. Tak hanya itu, ekstrak bijinya yang terfermentasi banyak mengandung polifenol membantu pemulihan pada kanker leukemia.

Sehat untuk jantung

Pada tiap 100 gram biji buah ini terdapat 256 mg kandungan kalium. Zat kalium sangat baik untuk membantu kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah delima dalam jangka waktu lama akan menjaga kesehatan jantung anda dan terhindar dari gagal jantung atau penyakit jantung. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika ternyata jantung anda tidak sehat dan berencana untuk mengkonsumsi buah delima.

Menyehatkan pencernaan

Buah delima memiliki kandungan zat tanin yang cukup tinggi. Zat tersebut mampu mengendapkan protein yang mampu membantu dalam kasus hemostatik (pendarahan), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan organ dalam), diare serta wasir. Apabila anda rutin mengkonsumsi buah delima maka kesehatan pencernaan anda akan terjaga dengan baik.

Mencegah kontaminasi radikal bebas

Buah merah ini memiliki kandungan antosianidin yang dapat digunakan sebagai antioksidan serta anti inflamasi (peradangan). Dengan adanya anti oksidan maka tubuh akan terbebas dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel. Tidak hanya itu, kandungan ini dapat melindungi kulit dan memperbaiki sel yang rusak.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Penelitian yang telah dilakukan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan kandungan antioksidan dalam buah delima mampun menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antioksidan tersebut menurunkan kadar dari LDL (kolesterol jahat) namun meningkatkan HDL yang berupa kolesterol baik. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi jus sebanyak 1,7 ons setiap hari akan menurunkan tekanan darah sebanyak 5%.

Pencegah osteoartritis

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Case Western Reserve University menyebutkan bahwa ekstrak buah ini dapat menurunkan bahan dan enzim pengikis tulang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ekstrak buah ini mampu digunakan sebagai pencegah osteoartritis.

Pelindung gigi

Gigi merupakan bagian tubuh yang keras namun membutuhkan perawatan yang intensif. Jika tidak, Anda bisa mengalami sakit gigi dan itu lebih menyiksa dibandingkan dengan sakit hati. Namun bukan berarti Anda harus setiap hari ke dokter gigi, bisa saja dengan perawatan alami menggunakan buah delima. Karena kandungannya membuat buah ini dapat mencegah adanya plak.

Itulah berbagai khasiat dari buah delima yang bisa anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah ini memiliki kandungan tertentu yang baik untuk menjaga kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat buah delima anda bisa menggunakannya dengan cara dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai ramuan yang diminum atau dioleskan di bagain luar badan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here