SHARE

Melakukan kegiatan di pantai tentunya sangat menyenangkan, terutama pada momen-momen liburan bersama pasangan, keluarga, dan kerabat. Momen menarik dengan panorama pantai yang indah tentunya sangat sayang untuk dilewatkan dari bidikan foto. Tidak perlu kamera yang mahal untuk mendapatkan foto yang cantik dalam kegiatan Anda di pantai. Segala jenis kamera, baik itu kamera DSLR, action camera, kamera digital pocket atau juga kamera handphone Anda, bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan foto berkualitas, asalkan tahu cara memotret yang benar.

Berikut ini BerbagiSolusi.com akan berbagi tips mengenai beach photography, yaitu tips mengambil foto kegiatan di pantai agar cantik dan menarik. Disimak, ya agar Anda memiliki kenang-kenangan indah tentang liburan Anda nanti!

Tips Memotret Kegiatan di Pantai atau Beach Photography.

Gunakan 1 lensa fix saja.

Khusus bagi Anda yang menggunakan kamera DSLR, sebaiknya gunakan 1 lensa fix saja, agar Anda tidak perlu repot-repot mengganti lensa. Mengganti lensa pada kondisi pantai yang penuh aktivitas di pasir dapat beresiko merusak lensa dan kamera. Selain itu, dengan tidak sibuk mengganti lensa, Anda tetap bisa bersenang-senang menjalani aktivitas di pantai sekaligus mengabadikan momen dalam bidikan kamera Anda.

Persiapkan kamera anti air atau underwater camera.

Kegiatan di pantai kurang afdol kalau tidak diisi dengan kegiatan di air, seperti berenang atau snorkeling. Pada kegiatan di air ini, momen-momen menarik justru sering terjadi, sehingga sangat sayang jika tidak diabadikan. Untuk itu, selalu siapkan kamera anti air atau pun kamera bawah air. Anda juga dapat menggunakan cover yang tahan airĀ  untuk kamera Anda agar dapat digunakan untuk memotret kegiatan yang rentan berbasah-basahan.

Selain momen menarik yang sering terjadi ketika berkegiatan di air, keindahan karang dan kehidupan biota laut juga dapat menjadi objek menarik untuk difoto.

Jangan abaikan landscape dalam mengambil foto.

tips foto di pantaiObjek foto, misalnya pasangan atau keluarga Anda mungkin sangat menarik. Namun, dalam mengambil foto momen kegiatan terutama pada lingkungan yang menarik seperti pantai dan panorama alam, sangat disayangkan jika mengambil foto potrait saja (mengabaikan gambar lingkungan). Mengambil foto potrait (foto profil) bisa Anda lakukan di mana saja, tapi untuk foto landscape, cuma bisa Anda lakukan pada lingkungan yang indah ataupun menarik, termasuk di pantai. Untuk itu, dalam mengambil foto objek, jangan mengabaikan keindahan sekitar. Ikutkan panorama sekitar sebagai background dan foreground objek foto Anda.

Perhatikan sudut datangnya sinar matahari.

Kondisi di pantai dengan sinar matahari yang sangat banyak, dapat menjadikan foto sedikit agak tricky. Cahaya yang sangat terang dapat menjadikan objek menjadi silau, ataupun background foto yang menjadi benar-benar putih dan objek menjadi sangat gelap. Apabila sinar matahari tepat di atas kepala, akan menjadikan bayangan sangat gelap pada mata, di bawah hidung, dan di bawah dagu. Sementara bagian yang tersinari, akan menjadi sangat silau dan berwarna putih. Untuk itu, dalam mengambil foto kegiatan di pantai ini perlu memperhatikan sudut datangnya sinar matahari. Yang juga diperlukan adalah sering-sering berlatih.

Tangkap Berbagai Candid Moment.

Candid moment, sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. Momen ini juga sangat penting dalam fotografi, karena dapat meninggalkan kesan yang sulit dilupakan. Ketika Anda melihat foto ini di waktu mendatang, pasti akan menyunggingkan senyum.

tips foto candid di pantai

Dalam kegiatan di pantai, candid moment ini bisa Anda dapatkan dengan memperhatikan berbagai aktivitas kegiatan di pantai, seperti membangun instana pasir, bermain lempar bola, ataupun ketika tubuh dan wajah penuh lengket oleh pasir pantai.

Foto “Manusia Terbang”.

Anda juga bisa mencoba mengambil foto dengan objek yang “terbang”. Terbang di sini bukan terbang dalam arti sebenarnya, melainkan melompat biasa namun gambar objek foto ditangkap kamera tepat ketika sedang berada di udara, sehingga tampak seolah-olah terbang.

tips foto terbang di pantai

Untuk mendapatkan foto “terbang” ini, shutter speed kamera harus diset dengan kecepatan tinggi, misalnya 1/500. Objek dijepret dengan shutter speed yang cukup tinggi, sehingga dapat kamera dapat menangkap gerakan yang cepat. Akan lebih baik apabila kamera dapat mengambil foto secara terus menerus (continous) hanya dengan 1x menekan tombol shutter, sehingga bisa mendapatkan banyak pilihan foto dan gerakan.

Ketika mengambil foto “terbang” ini, kamera sebaiknya diposisikan agak rendah mendekati dasar/tanah, dan menghadap sedikit ke atas. Dengan posisi kamera yang rendah ini, objek akan terlihat terbang lebih tinggi.

Coba Mengambil Foto Siluet.

Foto siluet senja dan sunset di pantai selalu menarik untuk diamati. Mengambil foto siluet pun tidak susah meski juga tidak mudah. Cara mengambil foto siluet, objek foto harus berada di depan latar yang memiliki cahaya lebih terang. Ambil foto tanpa menggunakan blitz, maka foto akan menjadi siluet.

tips foto siluet di pantai

Tidak hanya saat senja, foto siluet bisa juga diambil ketika terik dengan objek membelakangi sumber cahaya. Ssst,.. Anda juga dapat mencoba mengambil foto terbang dengan bentuk siluet. Wah, hasilnya pasti keren!

***

Demikianlah beberapa tips foto untuk kegiatan di pantai atau beach photography ini. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here