SHARE

Akhir-akhir ini, virus zika sangat marak diberitakan di media online, media televisi bahkan media cetak di seluruh dunia. Virus zika adalah virus yang disebarkan oleh nyamuk dari jenis aedes  dan penyebarannya bisa menyebar dari satu orang ke orang lain.  Virus yang berasal dari benua amerika ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyerang sistem saraf pada orang dewasa dan menimbukan peradangan pada akar syaraf bagian tulang belakang. Sehingga, sekarang telah menjadi ancaman dalam dunia kesehatan. Belakangan ini juga, penyebaran Virus zika bukan hanya menyerang Negara-negara di benua Amerika tetapi sudah mulai menyerang Negara-negara di benua lain termasuk Negara Indonesia. Oleh karena itu, sebelum terjangkit virus ini anda harus mengantisifasinya dengan mengetahui  bagaimana penyebaran virus zika? Dan apa dampak yang diakibatkan apabila kita sudah terjangkit virus zika? Serta yang paling penting adalah bagaimana pencegahan virus zika?  Disimak informasi selengkapnya ya.

Apa itu penyakit zika?

Seperti yang sudah diketahui bahwa virus zika adalah virus yang disebabkan oleh nyamuk dari jenis aedes. Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini  adalah demam, mata merah (konjungtivitas) , nyeri dibagian persendian dan juga ruam dibagian kulit. Gejala-gejala yang diimbulkan oleh virus ini menyebabkan anda tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, virus zika ini memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Karena, janin yang terdapat pada kandungan ibu hamil sering terancam mengalami keguguran. Bahkan, apabila si bayi dapat bertahan hidup maka dia akan mengalami masalah serius terhadap kesehatan.

Penyebaran virus zika

Virus zika pada dasarnya disebarkan oleh virus zika itu sendiri. Virus ini dapat menjangkit manusia melalui nyamuk yang berspesies aedes yang juga terjangkit virus zika ini. Manusia akan terinfeksi virus ini apabila nyamuk telah menggigit si penderita. Nyamuk pembawa virus ini sama halnya seperti nyamuk biasa yaitu menyukai tempat yang tergenang. Karena itu, kita sebagai manusia harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan seekitar.

Pencegahan virus zika

Pencegahan virus zika ini adalah dengan cara menghindari diri dari gigitan nyamuk spesies aedes ini. Namun memang agak sulit untuk menghindari diri dari lingkungan yang tergenang dan di  tempat yang sudah terjangkit virus zika ini. Namun, anda tidak perlu khawatir karena kita mempunyai informasi tentang bagaimana mencegah virus zika ini.

  1. Usahakan rumah anda atau kamar anda memiliki mesin pendingin ruangan (AC) atau minimal kamar anda dilengkapi dengan kelambu sehingga nyamuk tidak masuk dan menggigit anda.
  2. Usahakan menggunakan celana atau baju yang panjang sehingga dapat meminimalisir gigitan nyamuk pada kulit anda.
  3. Anda bisa menggunakan produk anti serangga yang ramah lingkungan dan dijual di pasaran.
  4. Apabila anda mengunjungi area yang sudah terjangkit virus zika. Maka, anda harus mencari informasi yang terkait tentang antisipasi dan perkembangan virus zika tersebut. Sehingga, anda akan dapat memahami apa yang harus dilakukan apabila ada ancaman tentang virus zika mendekat.
  5. Apabila anda sudah pulang dari area yang sudah terjangkit virus zika, maka anda harus melakukan serangkaian tes. Khususnya ibu hamil. Serangkaian tes ini berfungsi agar anda bisa mengetahui lebih dini apakah anda terjangkit virus zika atau tidak. Apabila sudah positif terjangkit virus zika maka dapat dilakukan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Nah, itulah informasi yang disampaikan tentang virus zika. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca. Selamat membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here