Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S1. Untuk memperoleh gelar sarjana, maka seorang mahasiswa S1 harus memenuhi sejumlah persyaratan, seperti menyelesaikan total SKS tertentu, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata maupun Magang, dan juga menyelesaikan skripsi. Dimana skripsi yang telah mereka susun ini nantinya akan diujikan dihadapan tim penguji. Keberhasilan seorang mahasiswa sedikit banyak juga bergantung pada skripsi yang dibuatnya dan bagaimana hasil ujian skripsi tersebut.

Banyak mahasiswa menganggap bahwa skripsi adalah bagian yang paling sulit dalam dunia perkuliahan. Sehingga tidak jarang, skripsi disebut-sebut sebagai penyebab terlambatnya mahasiswa menjadi sarjana. Untuk menyelesaikan skripsi, terkadang mahasiswa perlu waktu lebih dari satu semester. Hal ini bisa disebabkan karena lamanya memulai proses pengerjaan skripsi, bingung menentukan topik dan judul, serta kurangnya kesadaran mahasiswa itu sendiri. Lalu bagaimana sebenarnya cara mudah menyusun skripsi? BerbagiSolusi kali ini akan membahasnya, disimak yuk!

skripsi

Tetapkan Niat

Mulailah dengan niat. Iya, niatkan bahwa anda akan menyelesaikan skripsi ini tepat waktu. Ingat orang-orang disekitar anda yang dapat menjadi pemicu semangat anda untuk menyelesaikan skripsi, misalnya orangtua. Jadi setiap kali anda mulai bosan mengerjakannya, ingat lagi bahwa betapa bahagianya keduaorangtua ketika melihat anaknya menjadi sarjana.

Buat Jadwal dan Patuhi

Buatlah jadwal setiap harinya, sehingga paling tidak tidak ada satu haripun yang anda lewatkan tanpa mengerjakan skripsi. Tetapkan pada waktu-waktu kapan anda akan mengerjakannya. Patuhilah jadwal tersebut. Biasakan diri anda untuk disiplin terhadap jadwal yang anda buat sendiri. Maka ketika jadwal tersebut anda langgar, tentunya hukum diri anda sendiri dengan menambah jadwal yang pernah terlewatkan tersebut pada waktu yang lain.

Jangan Lupa Berdoa

Setelah anda berusaha, maka jangan lupa untuk berdoa. Ingatlah bahwa segala sesuatunya itu terjadi atas izin Tuhan. Berdoalah padaNya, minta agar dimudahkan segala urusan anda.

Sediakan Waktu untuk Refreshing

Fokus itu perlu, namun anda juga perlu menyegarkan otak. Sediakanlah waktu untuk refreshing. Lakukan apa yang anda senangi, sehingga saat anda kembali ke urusan skripsi, maka sudah muncul energi dan semangat baru dalam diri anda.

Nah, itu dia tips dari kami tentang bagaimana cara mudah menyusun skripsi. Jadi? sudah siap untuk menyusun skripsi? Ayo, kerjakan sekarang! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website