SHARE

Berbagisolusi.com –¬†Merawat kulit sangat penting bagi setiap orang, karena kulit merupakan anugerah Tuhan yang sangat luar biasa. Karenanya, tidak jarang seseorang mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk perawatan kulit. Padahal, banyak sekali bahan nabati yang bisa anda olah, tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga bisa untuk merawat kulit anda.

Melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan nabati, dapat memberikan berbagai manfaat, tergantung jenis bahan yang digunakan. Selain itu, tentunya menggunakan bahan nabati alami untuk perwatan kulit lebih aman, karena tanpa menggunakan bahan kimia anorganik, yang belum tentu sesuai untuk kulit.

bahan alami perawatan kulitNah, pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com akan berbagi informasi mengenai beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk perawatan kulit, dengan beragam khasiat. Disimak terus, ya!

Bahan Nabati Alami untuk Perawatan Kulit.

Berikut beberapa bahan nabati yang sering dibuat untuk bahan perawatan kulit, antara lain :

Beras

Resep kecantikan herbal tradisional biasanya menggunakan bahan beras, baik sebagai bahan utama maupun sebagai bahan tambahan pada produknya. Beras sering dijadikan bedak dingin, yang cocok untuk semua jenis kulit. Dengan menggunakan cara pengolahan tertentu, bisa anda dapatkan beras dengan tingkat kehalusan yang sangat bagus, sehingga cocok untuk segala jenis kulit termasuk pada kulit bayi.

Bengkoang

Bengkoang merupakan bahan nabati utama yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit anda dan membuat kulit tampak lebih putih. Kandungan vitamin C, yang melimpah dalam bengkoang dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan menjaga sel kulit terhindar dari kerusakan.

Tim BerbagiSolusi.com kini juga telah berhasil menghasilkan produk lulur alami dan masker alami, yang murni terbuat dari bengkoang, susu, dan beras. Produk lulur racikan tim kami dapat dilihat di sini. Sementara produk masker bengkoang alami dapat Anda lihat pada tautan ini.

Daun Sirih

Daun sirih juga merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dijumpai dan sering digunakan sebagai resep tradisional, karena kemampuannya sebagai antiseptik untuk melawan berbagai kuman serta bakteri sehingga berkhasiat untuk mengobati jerawat. Untuk anda yang terganggu dengan masalah jerawat dan bekas luka jerawat, bisa mencoba menggunakan bahan ini.

Selengkapnya mengenai khasiat daun sirih serta cara penggunaannya untuk perawatan kulit dapat dilihat pada artikel: Khasiat daun Sirih untuk Perawatan Kulit.

Alpukat

Alpukat selain sangat nikmat untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa diolah untuk dijadikan bahan perawatan kulit anda. Alpukat mengandung lemak dan minyak yang sangat baik yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Untuk perawatan kulit anda setiap hari, alpukat dapat diolah menjadi minyak esensial yang sering disebut dengan minyak alpukat. Minyak alpukat bisa digunakan pada malam hari sebelum tidur, sebagai pengganti krim malam.

Minyak alpukat cukup sulit dibuat, karena jika dibuat dengan cara tradisional, maka hasil yang didapatkan biasanya sangat sedikit. Cara paling mudah untuk mendapatkan minyak alpukat adalah dengan membelinya di toko-toko minyak alpukat ternama. Salah satunya adalah: MinyakAlpukat.com, yang menjual minyak alpukat murni berkualitas.

Ubi

Ubi jalar dan ubi rambat sebenarnya sangat banyak manfaatnya untuk kulit diantaranya mengatasi kulit berminyak. Meski memiliki banyak khasiat hebat, ubi sangat jarang digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Ubi jalar dapat dipakai untuk mengatasi masalah kulit berminyak dengan cara merebus ubi jalar sampai matang, dinginkan dahulu kemudian dihaluskan, lalu dijadikan sebagai masker wajah. Agar masalah kulit berminyak dapat benar-benar tuntas, masker ubi jalar ini harus digunakan secara rutin setiap hari, terutama pada pagi dan sore hari.

Kentang

Kentang biasanya dibuat sebagai sayuran, atau camilan. Selain itu karena mempunyai banyak manfaat untuk kulit, industri kosmetik telah mengeluarkan berbagai produk perawatan kecantikan yang berbahan dasar dari kentang. Khasiat kentang untuk kulit anda antara lain menghilangkan garis halus serta kerutan di kulit, menghilangkan warna gelap di sekitar mata, menghilangkan flek hitam di kulit dan dapat sebagai perawatan iritasi kulit akibat sengatan matahari.

Selain bahan nabati yang sudah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak bahan nabati lainnya yang berkhasiat untuk kulit anda dan bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit, seperti minyak zaitun yang mengandung vitamin E, kunyit yang berfungsi untuk mencerahkan kulit anda, tomat bisa untuk mengatasi masalah jerawat, mentimun sebagai masker untuk mengecilkan pori serta jeruk lemon yang berkhasiat dalam mencegah kulit berminyak.

Khasiat bahan nabati untuk kulit anda sangat mengagumkan dan menawarkan nilai yang cukup ekonomis. Anda bisa menggunakan bahan-bahan nabati yang terdapat di dapur, sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli produk perawatan kulit. Karena bahannya alami dan tanpa bahan kimia, penggunaan bahan nabati ini aman dan tanpa efek samping saat menggunakannya. Kulit menjadi lebih sehat, sekaligus dapat terhindar dari kerusakan akibat penggunaan bahan kimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here