perawatan kulit dari bahan nabatiSangat penting bagi setiap orang untuk merawat kulitnya, karena kulit merupakan aset yang sangat penting, sekaligus anugerah Tuhan yang sangat besar. Tuhan pun menganugerahkan kita dengan menghadirkan banyak sekali bahan-bahan nabati yang bisa diolah, tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga untuk merawat kulit. Dengan perawatan kulit menggunakan bahan nabati, kulit akan senantiasa terjaga kesehatan dan keindahannya secara alami, dan tentunya lebih aman.

Pada artikel kali ini BerbagiSolusi akan coba membahas tuntas bahan-bahan nabati apa saja yang sering dijadikan bahan perawatan kulit, serta bahan kosmetik. Disimak, yuk!

Bahan Nabati yang Digunakan untuk Merawat Kulit.

Beras.

Membahas bahan nabati, yang wajib kita bahas pertama adalah beras. Beras yang merupakan bahan konsumsi utama di Indonesia, tidak hanya bermanfaat untuk dijadikan bahan makanan, tapi juga sebagai bahan perawatan kulit. Resep-resep kecantikan herbal tradisional biasanya menggunakan bahan beras, baik sebagai bahan utama maupun sebagai bahan tambahannya.

pemutih kulit dari beras

Beras sangat sering dijadikan sebagai bedak dingin, yang akan cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan, di beberapa daerah, beras dijadikan bahan untuk bedak bayi. Dengan cara pengolahan tertentu, bisa didapatkan beras dengan tingkat kehalusan yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk segala jenis kulit, termasuk untuk kulit bayi.

Beras memiliki khasiat, antara lain untuk menutrisi kulit dengan vitamin E. Jenis beras tertentu memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi, misalnya beras Jepang (bulir lebih besar, namun ukuran lebih pendek), dan beras lokal Thailand (bulir lebih kecil, ukuran lebih panjang dari beras biasa). Kedua jenis beras tersebut sangat sering dijadikan bahan untuk merawat kulit.

Baca artikel terkait: Cara Membuat Kulit Putih Menggunakan Beras.

Bengkoang.

Setelah membahas mengenai beras, bahan nabati yang akan kita bahas berikutnya adalah Bengkoang. Di negara kita, bengkoang adalah bahan nabati utama yang dijadikan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih putih. Karenanya, cukup banyak kita jumpai produk-produk kosmetik yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya.

masker bengkoang untuk kesehatan kulit

Kandungan dari bengkoang yang dapat sangat berkhasiat untuk kulit adalah kandungan vitamin C, yang melimpah-ruah dalam bengkoang. Vitamin C adalah vitamin yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah, dan sekaligus membuat sel kulit lebih kuat terhadap kerusakan. Kulit yang cukup mendapatkan asupan vitamin C biasanya akan terlihat lebih kenyal dan segar.

Lalu, bagaimana cara mengolah bengkoang untuk didapatkan khasiatnya untuk kulit?

Untuk mendapatkan khasiatnya untuk kulit, biasanya bengkoang diolah terlebih dahulu untuk diambil patinya. Pati bengkoang ini kemudian diolah kembali dengan ditambahan sejumlah bahan lain untuk dijadikan produk lanjutan, seperti masker bengkoang dan lulur bengkoang.

Produk nabati alami yang diracik oleh tim BerbagiSolusi.com saat ini berupa Masker Organik dan Lulur Pemutih Organik dan sudah bisa didapatkan secara online.

Baca pula artikel sebelumnya: Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Bengkoang.

Daun Sirih.

Daun sirih juga merupakan tumbuh-tumbuhan yang banyak dijumpai. Bahan nabati ini sering digunakan sebagai obat tradisional, karena kemampuannya sebagai antiseptik untuk melawan berbagai kuman. Nah, karena kemampuannya untuk melawan kuman (bakteri, virus, dan jamur), daun sirih berkhasiat untuk mengobati jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Sirih

Mengobati jerawat menggunakan daun sirih juga cukup mudah. Cukup dengan menghaluskan daun sirih, lalu dicampurkan dengan madu murni. Gunakan campuran ini untuk merawat kulit yang berjerawat. Jerawat bisa lekas sembuh tanpa meninggalkan luka bekas jerawat.

Bagi Anda yang terganggu dengan masalah jerawat dan bekas luka jerawat, bisa mencoba tips ini. Atau bisa juga menggunakan Masker Anti Jerawat Herbamask, yang bisa didapatkan di sini.

Alpukat.

Bahan nabati berikutnya yang kita bahas adalah alpukat. Selain sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai minuman ataupun salad, alpukat juga bisa diolah untuk dijadikan bahan perawatan kulit. Alpukat mengandung lemak dan minyak yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Para pakar sangat menganjurkan penggunaan alpukat sebagai bahan nabati untuk merawat kulit kering.

https://i1.wp.com/berbagisolusi.com/wp-content/uploads/2014/12/masker-buah-alpukat.jpg?resize=506%2C337

Untuk mendapatkan khasiatnya, alpukat bisa digunakan sebagai masker wajah. Baca langkah-langkahnya pada artikel berjudul Cara Membuat Masker Alpukat. Masker alpukat ini dapat digunakan setiap hari bagi penderita kulit kering yang cukup parah. Ataupun 3 kali dalam seminggu, untuk menghindarkan kulit dari kekeringan.

Sementara, untuk perawatan kulit setiap hari, alpukat dapat diolah untuk diambil minyak esensialnya, yang sering disebut minyak alpukat. Minyak alpukat ini bisa digunakan pada malam hari menjelang tidur, sebagai pengganti krim malam. Dapat juga digunakan untuk menjaga kelembaban rambut, dan membuat rambut sehat secara menyeluruh.

Baca artikel sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Minyak Alpukat untuk mengetahui langkah-langkah pengolahan alpukat menjadi minyak alpukat.

Selain bahan-bahan nabati yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak bahan nabati lainnya yang berkhasiat untuk kulit, dan bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan, keindahan, dan kecantikan kulit, misalnya:

  • Zaitun (Olive) untuk diambil minyaknya (minyak zaitun), mengandung vitamin E yang banyak diperlukan oleh kulit;
  • Kunyit, untuk mencerahkan kulit;
  • Tomat, untuk mengatasi masalah jerawat;
  • Mentimun, sebagai masker buah untuk mengecilkan pori serta mengencangkan kulit wajah;
  • Jeruk lemon, dan masih banyak lagi.

Mengapa Memilih Bahan Nabati untuk Merawat Kulit?

Lalu, mengapa memilih bahan nabati untuk merawat kulit?

Sejumlah alasan memilih bahan nabati sebagai bahan herbal untuk merawat kulit maupun sebagai kosmetik, adalah sebagai berikut:

  • Lebih Hemat.
    Khasiat bahan nabati untuk kulit bisa sangat hebat, namun menawarkan nilai ekonomis. Anda bisa saja menggunakan bahan-bahan nabati yang berlebih di dapur Anda, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bahan perawatan kulit. Kalaupun harus mengeluarkan biaya, harga bahan alami ini tidak begitu mahal.
  • Menawarkan Keamanan untuk Kulit.
    Karena bahannya alami dan tanpa bahan kimia anorganik, penggunaan bahan nabati ini menawarkan rasa aman saat menggunakannya. Kulit jadi lebih indah, sekaligus terhindar dari kerusakan akibat penggunaan bahan kimia yang belum tentu cocok untuk kulit.
  • Pengalaman dan Pengetahuan.
    Mencoba mengaplikasikan berbagai resep favorit untuk kulit Anda bisa sangat menyenangkan. Hal ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk dilakukan. Selain itu, mencoba hal-hal baru bisa menambah pengetahuan Anda. Apabila Anda berbagi pengalaman ini dengan orang terdekat Anda, bisa menjadi tambahan pengetahuan juga buat yang lain. Menarik, bukan?

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda sendiri. Apakah siap mencoba? Tuliskan pada kolom komentar di bawah, mengenai pengalaman dan pertanyaan Anda seputar penggunaan bahan nabati untuk perawatan kulit, ya!

One thought on “Bahan Nabati yang Sering Dijadikan Kosmetik dan Perawatan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website