SHARE

Sirih termasuk tanaman yang tumbuh pada beberapa daerah di Asia, termasuk Indonesia. Tanaman ini termasuuk tanaman yang merambat pada batang-batang pohon. Khasiatnya sangat banyak, sehingga sering dijadikan bahan obat tradisional.

Khasiat utama dari daun sirih adalah kemampuannya dalam menetralisir kuman dan bakteri, sehingga sering dijadikan antiseptik, seperti pembersih tangan, hingga pembersih area kewanitaan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Sirih

Kegunaan Daun Sirih

Kegunaan daun sirih adalah sebgai berikut :

  • Penawar racun lebah.
    A
    pabila terkena sengatan lebah, ambillah beberapa lembar daun sirih, remas-remaslah dan gosokkan pada bagian yang terkena sengatan lebah.
  • Obat pencuci mata.
    Ambil 3 helai dau sirih, rebuslah dengan 1 liter air hingga mendidih beberapa waktu kemudian biarkan sampai dingin. Sekarang, sudah bisa dipakai untuk mencuci mata.
  • Obat kumur.
    Rebuslah 10 helai daun sirih dengan 1 liter air sampai mendidih beberapa saat kemudian biarkan samapai dingin. Air tersebut bisa dipakai berkumur untuk menyembuhkan sakit gigi dan sakit tenggorokan.
  • Obat penyakit kudis.
    Jumlah daun sirih yang direbus antara 10 lembar sampai 15 lembar. Kalau air rebusan sirih sudah dingin, cucilah kudis dengan air sirih tersebut. Agar cepat sembuh, hendaknya sering dicuci.
  • Hidung berdarah.
    Gulunglah selembar daun sirih dan masukkan ke lubang hidung yang berdarah. Gulungan daun sirih itu hendaknya dibentuk seperti corong.
  • Menguatkan gigi.
    Dahulu kala banyak sekali ditemukan orang makan daun sirih (nginang: bahasa jawa). Daun sirih dimakan bersama dengan gambir, pinang, dan kapur. Hal ini sebenarnya baik sekali buat kesehatan gigi. Namun, warna air liur menjadi merah dan warna gigi lambat laun menjadi merah kehitam-hitaman, kadang-kadang menjadi hitam sama sekali. Padahal, orang masa kini menyukai warna gigi yang putih bersih sehingga kebiasaan memakan daun sirih secara berangsur-angsur mulai ditinggalkan dan langka sekali kita temukan orang memakan daun sirih.

Daun Sirih Sebagai Obat Jerawat.

Daun sirih juga dapat berkhasiat sebagai obat jerawat. Kemampuan daun sirih sebagai antiseptik atau anti kuman dapat membantu mengurangi dan mengobati jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan daun sirih.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat menggunakan daun sirih:

  1. Ambil 2 – 3 helai daun sirih yang sehat dan segar, lalu dicuci bersih.
  2. Cincang daun sirih hingga halus.
  3. Campurkan setengah sendok teh madu atau minyak zaitun. Madu atau minyak zaitun berkhasiat sebagai anti inflamasi, atau anti peradangan.
  4. Campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  5. Oleskan pada wajah, leher, atau boleh juga dioleskan pada area yang berjerawat saja.
  6. Diamkan hingga 15 – 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Cara yang sama dapat pula diaplikasikan pada luka atau koreng, agar lebih cepat sembuh dan mengatasi infeksi.

Selamat mencoba. :)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here