SHARE

Banyak orang tidak ragu mengatasi kerutan di dahi dengan perawatan yang mahal berharap bisa memberikan hasil instan, tapi ada juga kok cara simpel dan alami untuk mengatasi keriput tersebut. Berikut ini beberapa metode dari BerbagiSolusi.com mengenai cara mengurangi kerutan-kerutan pada wajah.

kerutan di dahi

Mengapa Muncul Keriput di Kulit?

Sebelum melakukan perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengatasi kerutan, ketahui lebih dulu apa saja yang dapat menyebabkan munculnya kerutan-kerutan di dahi.

  • Sinar Matahari.
    Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan apalagi banyak terkena sinar matahari bisa jadi salah satu penyebab keriput.
  • Kurangnya Elastin dan Kolagen.
    ekspresi yang menyebabkan kerutanBisa jadi kerutan pada dahi dan bagian lain di wajah disebabkan kurangnya elastin dan kolagen yang diserap oleh kulit; maka dari itu produk kecantikan yang mengandung kolagen dan elastin seharusnya dipertimbangkan untuk digunakan.
  • Ekspresi Wajah.
    Kerutan di dahi bisa juga disebabkan oleh bentuk ekspresi wajah yang sama berulang kali, seperti menampakkan raut muka khawatir, senang, atau bahkan marah.
  • Faktor Genetik.
    Aspek genetik juga ternyata salah satu penyebab kerutan dan hal ini bisa berkembang di area wajah tertentu atau terjadi pada usia tertentu.

7 Cara Efektif Mengurangi Kerutan di Wajah.

Setelah mengetahi berbagai penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana caranya menghilangkan atau paling tidak mengurangi kerutan-kerutan tersebut. Mengatasi kerutan di kulit, dahi, dan wajah, bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Perawatan Medis.
    Punya uang banyak dan tidak peduli sekalipun biaya perawatan mahal yang penting kerutan bisa hilang? Face lift, suntik kolagen, serta bedah kosmetik bisa dijalani karena solusi-solusi ini memang termasuk yang terbaik dan instan. Hanya saja, sebelum memutuskan untuk melakukannya, konsultasikan baik-baik dengan dokter kulit yang terpercaya supaya Anda tidak menyesal kemudian.
  2. Suntik Botoks.
    suntik botoksSuntik botoks bisa dipertimbangkan untuk dicoba setelah mendapat persetujuan dari dokter kulit. Ada banyak orang memilih suntik botoks meski sedikit sakit dalam prosesnya dan lebih mahal karena dengan suntik ini, kulit akan menjadi mulus seketika dan untuk mempertahankan hasil yang seperti ini, suntik botoks bisa didapatkan setiap tiga sampai enam bulan sekali.
  3. Gunakan Produk Alami, ataupun Produk Berbahan Alami.
    Tidak ingin solusi yang terlalu sulit, mahal, menyakitkan dan berlebihan? Baik produk yang mengandung bahan alami atau bahan alaminya langsung bisa digunakan, seperti minyak almond, minyak zaitun, madu, dan aloe vera untuk mengurangi kerutan pada dahi. Anda juga bisa menggunakan produk berbahan alami, seperti Lulur Organik, yang berbahan dasar susu dan minyak zaitun.
  4. Skin/Chemical Peeling.
    Pengelupasan kulit atau yang juga dikenal dengan sebutan chemical peeling bisa juga dilakukan; tapi Anda harus tahu bahwa solusi ini menggunakan bahan kimia yang diaplikasikan ke wajah. Yang jelas kulit mati akan diangkat dengan baik; namun, perawatan seperti ini lebih direkomendasikan untuk orang yang berkulit agak lebih gelap dan tidak berjerawat.
  5. Dysport.
    Solusi lain yang hampir sama dengan botoks, seperti halnya Dysport, bisa dipertimbangkan apalagi bagi Anda yang menginginkan hasil kerja yang lebih cepat. Efektivitasnya pun sudah dibuktikan dan tentu tidak salah jika memilih Dysport sebagai alternatif dari botoks.
  6. Retin-A.
    Retin-A biasanya memang lebih dikenal sebagai solusi terbaik untuk kulit yang berjerawat, tapi beberapa orang menyebutkan bahwa ini juga bagus untuk solusi keriput; alangkah baiknya kalau menanyakannya terlebih dulu ke dokter kulit.
  7. Krim Kolagen.
    Kalau ingin yang serba simpel dan mudah dibeli, krim yang didesain khusus untuk mengurangi kerutan di dahi dan mencegah penuaan dini bisa dipilih. Biasanya, kandungan kolagen dalam produk seperti ini termasuk cukup tinggi dan tidak hanya akan mengatasi kerutan di dahi tapi juga menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Mengatasi kerutan di dahi tidak hanya bisa dilakukan dengan menyuntik botoks atau menerapkan bahan-bahan kimia ke kulit wajah, karena ada juga cara-cara yang lebih alami dan aman untuk dicoba di rumah. Bagi beberapa orang, suntik botoks, krim penyamar atau penghilang kerutan, serta obat-obat lainnya dinilai terlalu mahal meskipun hasil yang ditawarkan memang memuaskan dan hasil kerjanya cukup cepat. Jika tidak ingin proses yang menyakitkan atau membeli produk perawatan yang mahal, ada solusi tepat yang baik dan tidak susah untuk dicoba.

Cara Alami Mengatasi Kerutan yang Muncul di Dahi

Relaksasi dan Meditasi.

manfaat meditasi

Relaks dan selalu berpikir positif supaya tidak mudah stres dan marah. Banyak orang dewasa sulit tidur di malam hari karena mengalami stres yang akhirnya malah berdampak ke tampilan kulit wajah dan menimbulkan keriput di sana-sini. Untuk itu, menghindari stres adalah salah satu kunci penghilang keriput.

Anda juga bisa melakukan sejumlah meditasi, yaitu upaya menenangkan dan menjernihkan pikiran dan tubuh. Meditasi sangat ampuh untuk menormalkan kembali fungsi jaringan tubuh secara keseluruhan, termasuk juga jaringan kulit.

Masker Wajah Alami.

Solusi efektif yang alami bisa juga didapatkan dari facial pack buatan sendiri dengan dua bahan alami, seperti nanas dan pepaya yang dihancurkan dan dicampur untuk dijadikan pasta kental; kandungan kolagen dalam dua bahan ini cukup tinggi. Menggunakannya secara teratur dengan mengoleskannya di wajah dan mendiamkannya selama dua puluh menit sebelum dibersihkan bisa sangat membantu.

Apabila kesulitan membuat masker wajah sendiri, Anda bisa menggunakan produk jadi yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya, misalnya Masker Bengkoang, yang terbuat dari bengkoang, susu, beras dan minyak zaitun. Selain berkhasiat memutihkan wajah, masker ini juga dapat membantu mengatasi kerutan-kerutan di sekitar mata dan dahi.

Ingin mengatasi kerutan secara cepat? Gunakan Lulur Organik untuk merawat wajah Anda. Lulur ini menggunakan minyak zaitun alami dalam kadar tinggi, yang mampu mengencangkan wajah dalam 1 hari. Gunakan pada malam hari selama 30 menit. Bilas ketika menjelang tidur, dan Anda akan merasakan kulit Anda jauh lebih kencang pada pagi harinya. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai Lulur Organik.

Gunakan Tabir Surya.

kerutan di dahi dengan sunscreen

Terkena sinar matahari secara langsung tidak hanya bisa menghitamkan kulit, tapi bisa juga menjadi penyebab timbulnya kerutan di dahi. Namun, bagi Anda yang memang harus banyak beraktivitas di luar ruangan memang harus menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF+ yang bisa dibeli di toko-toko produk kecantikan setempat. Kalau menggunakan tabir surya saja dirasa belum cukup, memakai topi juga bisa jadi solusi terbaik untuk menghalangi kulit wajah terpapar sinar matahari langsung.

Anda juga sebaiknya menggunakan kaca mata hitam saat bepergian. Beberapa orang memang mengenakan kacamata hitam untuk bergaya, tetapi bagi Anda yang tidak ingin punya kulit berkeriput memang membutuhkannya dan hal ini bisa dijadikan sebagai kebiasaan ketika beraktivitas di luar ruangan yang membuat kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Mulai dari sekarang, kacamata hitam bisa jadi salah satu item wajib yang bisa dibawa ke manapun dan kapanpun, untuk menghindari kerutan di sekitar mata.

Diet Seimbang.

Diet tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan dan mencapai tubuh ideal, tapi diet yang baik bisa juga mengatasi kerutan-kerutan yang muncul di wajah, termasuk di dahi. Tentu saja, makanan yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk mengurangi masalah kerutan di wajah. Bahkan sebaiknya kulit tidak kekurangan vitamin E, B3, C dan A.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh.

hilangkan kerutan dengan air putih

Kerutan yang muncul di wajah, terutama di dahi bisa disebabkan oleh kurang terhidrasinya kulit sehingga tampak kering dan tua; mengoleskan pelembab adalah salah satu cara untuk mengurangi kerutan dan menambah elastisitas kulit. Tidak hanya pelembab saja yang dibutuhkan di sini karena perawatan juga harus dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi banyak air putih setiap harinya.

Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat.

kebiasaan tidak sehatJika merokok adalah kebiasaan Anda, jangan heran mengapa kulit semakin lama semakin tampak kusam dan bahkan timbul beberapa kerutan. Berhenti merokok dan menjauhi hal ini adalah keputusan terbaik untuk menjadikan kulit jauh dari masalah penuaan dini.

Gaya hidup tidak sehat lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan kulit dan harus ditinggalkan, antara lain kebiasaan begadang, serta minum alkohol terlalu sering dan berlebihan. Kebiasaan begadang membuat tubuh kurang istirahat, sementara alkohol dapat merusak fungsi hati. Istirahat dibutuhkan oleh tubuh untuk menormalkan fungsi organ tubuh, termasuk kulit. Sementara, hati sebagai organ yang memfilter racun harus tetap berfungsi secara normal, untuk menyaring setiap zat yang masuk agar tidak meracuni tubuh, termasuk kulit.

Hangatkan Tubuh.

Kulit yang kering memang bisa juga menjadikan kulit mudah berkerut apalagi ketika musim dingin. Melindungi kepala dengan topi atau semacamnya dari udara dingin dan berangin adalah ide yang cukup baik dalam mengatasi kerutan di dahi; kerutan tidak akan mudah muncul jika kepala terlindungi dengan baik.

 

Nah, baca pula mengenai tulisan sebelumnya di BerbagiSolusi.com mengenai minyak alpukat, yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen secara alami di kulit. Tentunya cara ini juga bisa membantu mengatasi kerutan.

Selamat membaca, dan selamat melanjutkan rutinitas Anda kembali.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here