SHARE

kunyit obat alami

Tanaman kunyit dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Kunyit (kunir atau koneng) banyak didapati di daerah tropis. Tanaman ini tidak mempunyai batang pohon, melainkan hanya pelepah-pelepah daun. Umbi pada kunyit disebut juga rimpang dari tanaman kunir yang bercabang-cabang banyak sekali. Kulitnya berwarna coklat dan sebagian membayang kuning atau jingga sebagaimana isinya. Dari rimpang ini tumbuh tunas. Demikianlah cara kunyit berkembangbiak.

Kunyit di Indonesia sering dipakai sebagai bumbu beraneka ragam masakan. Pemakaiannya diperlukan karena zat pewarna alami yang terdapat pada rimpangnya. Contoh masakan yang biasanya menggunakan kunyit antara lain nasi kuning, berbagai masakan ikan, dan lain-lain.

Berbagai Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan.

Kunyit Berkhasiat Sebagai Antibiotik.

Kunyit mengandung zat pewarna alami dan antibiotik (zat pembunuh kuman) yang sangat kuat. Di Eropa zat pewarna kunyit juga sering dipakai untuk mewarnai keju, mentega, mustard, dan sebagainya. Pada umumnya penggunaan kunyit sebagai obat harus diparut terlebih dahulu, misalkan untuk mengobati luka, kemudian kunyit yang telah diparut di tempelkan pada luka.

Manfaat Lainnya.

Untuk pengobatan pada manusia, umumnya kunyit diparut atau di gerus bersama dengan bahan-bahan lain lalu dituangkan air. Mari kita membuat resep tradisional untuk menurunkan panas, memperlancar keluarnya air empedu, mencret, membunuh kuman dalam pencernaan makanan, dan lain-lain.

Kunyit yang telah dihaluskan dicampur air sedikit kemudian di peras. Air perasan kunyit yang di perlukan adalah setengah gelas. Tambahkan 2 sendok madu dan 1 butir kuning telur ayam kampung kedalamnya dan aduklah. Dalam sehari minumlah 2 atau 3 kali dan ulangi selama kurang lebih 3 hari. Dan sebagian resep yang lain, kunyit dipakai sebagai jamu sinom.

Selamat mencoba. :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here