menjaga kesehatan miss vBagi wanita, miss v adalah daerah yang amat penting, dimana sayangnya banyak yang tidak mengetahui cara merawat kesehatan miss v serta kebersihannya. Meskipun memang bagian tubuh yang satu ini tidak terlihat sehari-hari, tapi jika kebersihannya ditelantarkan maka akan menimbulkan banyak penyakit mulai dari penyakit kulit hingga penyakit seksual yang mudah menular. Jika penyakit pada miss v terdengar terlalu dibuat-buat, maka hal yang bisa menjadi alasan paling tepat untuk merawat kesehatan dan kebersihannya adalah alasan kenyamanan. Jika bagian tersebut kotor, maka akan banyak kuman yang membuat kulit menjadi mudah iritasi sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara Merawat Kesehatan dan Kebersihan Miss V

Banyak wanita yang memilih untuk membersihkan miss v mereka menggunakan semprotan “feminine spray” atau menggunakan sabun dengan kandungan bahan-bahan kimia yang kuat. Hal ini mereka lakukan biasanya karena saran seorang teman, keluarga, atau kenalan mereka. Sayangnya, hal-hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk merawat area miss v dan malah bisa menyebabkan hal-hal buruk. Satu-satunya cara untuk membuat miss v selalu sehat adalah dengan tau cara yang benar untuk membersihkannya, melakukan olah raga yang bisa memperkencang miss v, hingga memilih makanan yang mampu meningkatkan kesehatan diri sendiri. Adapun dari cara-cara tersebut ialah sebagai berikut:

Terapkan gaya hidup sehat.

Miss v, bagaimanapun juga tetaplah bagian dari tubuh kita. Dengan menerapkan gaya hidup sehat yang menguntungkan badan, miss v juga akan bahagia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, antara lain adalah:

  • Jika baju yang dikenakan basah, segera berganti baju karena penggunaan baju basah selama beberapa jam mempermudah infeksi jamur. Pastikan pakaian ganti merupakan pakaian kering.
  • Menggunakan celana dalam berbahan dasar katun yang cepat kering dan memudahkan udara mengalir lewat kainnya.

Konsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Cara lain untuk memanjakan kesehatan miss v adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang memiliki vitamin baik bagi tubuh. Contoh dari makanan ini adalah yogurt yang memiliki kandungan bakteri baik, dan buah-buahan yang mampu menyegarkan cairan yang dikeluarkan oleh miss v.

Jaga miss V tetap bersih.

Cara paling mudah untuk merawat kesehatan miss v adalah dengan menjaganya tetap bersih sehingga terbebas dari kuman-kuman maupun jamur yang mampu merusak jaringan kulit di sekitarnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi menjaganya tetap bersih, yaitu:

  • Hindari penggunaan feminine spray yang diiklankan mampu membuat area miss v memiliki aroma seperti bunga. Meskipun terdengar menarik, penggunaan bahan ini mampu membuat miss v kehilangan seluruh bakteri baiknya sehingga ia malah akan dikerubungi oleh bakteri.
  • Ketika sedang membersihkan miss v, akan lebih baik jika pengelapannya dilakukan dari depan ke belakang untuk mencegah masuknya sisa kotoran ke area miss v yang mampu menyebabkan infeksi.
  • Bilas miss v hanya dengan air hangat dan hindari penggunaan sabun batangan maupun cair. Nyatanya, miss v mampu membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan pembersih luaran. Miss v juga harus tetap menjaga pH levelnya, yaitu di angka 3.5 hingga 4.5.
  • Ketika haid tiba, jaga terus kebersihan miss v. Hal ini bisa dicapai dengan mengganti tampon secara berkala, atau menghindari penggunaan panty liner dalam waktu yang lama.

Kegiatan-kegiatan diatas hanyalah merupakan perawatan rumahan, dan jika masalah terus datang, akan lebih baik menemui dokter sebagai lanjutan dari pengaplikasian cara merawat kesehatan miss V.

Jangan lewatkan pula artikel mengenai  cara mengatasi keputihan dengan daun sirih, serta penyebab telat haid selain kehamilan, yang mungkin bermanfaat buat Anda agar senantiasa menjaga kesehatan organ reproduksi, yang merupakan karunia Tuhan yang luar biasa kepada setiap wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website