SHARE

Siapa yang tak ingin wajahnya mulus dan bening. Tentu semua orang mengingankan hal tersebut. Tapi semua itu itu terbantahkan ketika mendapati wajah yang dipenuhi oleh komedo. Tentu ini menjadi masalah bukan? Komedo merupakan hasil dari penyumbatan pori-pori wajah yang berisi kotoran yang mengendap di wajah. Komedo berkembang ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih. Jika malas membersihkan muka maka komedo akan serta memenuhi wajah anda. Wajah yang berminyak cenderung menempel debu dan kotoran  dan masuk ke dalam pori-pori wajah yang menyebabkan komedo dan jerawat.

komedo

Komedo sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu komedo terbuka dengan penampakan hitam menyerupai pori-pori kulit yang membesar, dan komedo tertutup yang berwarna putih akibat adanya kulit yang menutupi sumbatan pori wajah. Lalu adakah solusi untuk menghilangkan komedo ini agar tidak lagi menganggu penampilan wajah? Jangan khawatir, berbagisolusi.com akan berbagi informasi bagaimana cara mengenyahkan komedo yang membandel dengan cara alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berikut beberapa tips cara alami untuk menghilangkan komedo yang membandel di hidung yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak yah!

CARA ALAMI MEMBERSIHKAN KOMEDO

Putih Telur

Putih telur telah terbukti ampuh untuk membersihkan komedo. Caranya, aplikasikan putih telur layaknya mengenakan masker, balurkan pada hidung dan ia akan mengangkat kotoran yang terjebak di dalam pori. Tapi jangan lupa bersihkan terlebih dahulu  wajah Anda, lalu keringkan. Lalu oleskan lapisan tipis dari putih telur pada hidung. Tunggu sampai 15 menit dan biarkan mengering. Saat wajah Anda sudah merasa tegang dan seakan tertarik, pakailah handuk basah untuk menggosoknya secara perlahan.

Madu

Madu ternyata juga mempunyai khasiat untuk membersihkan komedo. Caranya gampang, Anda cukup mengoleskan madu di area yang menjadi kekuasaan komedo bersarang, secara tipis-tipis. Tepuk-tepuklah perlahan dengan jari dan madu akan melekat perlahan membantu mengeluarkan kotoran. Dengan mengandung anti bakteri dan anti oksidan, madu akan membuat pori-pori kembali mengecil setelahnya. Cukup lakukan proses ini selama 3 menit atau lebih, kemudian bilas wajah Anda dengan air.

komedo lemon

Lemon

Lemon juga sangat berkhasiat untuk membersihkan komedo. Lemon dapat mengelupas kulit mati dan membersihkan komedo. Pijat wajah dengan irisan lemon. Selain untuk komedo, lemon juga berguna sebagai pemutih alami yang membersihkan, mengelupas dan juga memutihkan kulit.

Es Batu

Gosok daerah berkomedo dengan es batu selama 10 menit, untuk membantu mengencangkan dan menutup pori-pori serta mencegah debu dan minyak menempel di kulit yang menjadi penyebab terjadinya komedo.

Pasta Gigi

Ternyata tak hanya berguna untuk memutihkan gigi, pun pasta gigi juga berkhasiat untuk membersihkan komedo. Caranya, ambil sedikit pasta gigi, usapkan pada bagian yang berkomedo. Cara ini membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih.

Maizena

Maizena atau tepung jagung dicampur dengan 1 sdm cuka lalu oleskan pada wajah selama 15 atau 20 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas basah lalu bilas dengan air hangat.  Lakukan 1 kali sehari sebelum mandi.

Lidah buaya

Komedo ternyata bisa juga diatasi dengan lidah buaya. Bagaimana caranya ?  Anda tinggal mematahkan batang lidah buayanya, setelah itu anda cukup mengoleskan lendir yang ada pada batang lidah buaya tadi ke bagian wajah  yang berkomedo.

Air Garam

Air garam ternyata ampuh untuk mengenyahkan komedo yang membandel. Caranya cukup mudah dan gampang,  Campurkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat lalu cuci muka dengan campuran air garam.  Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih dan menghilangkan komedo.

Oat

Campur oat dengan susu dan gunakan untuk memijat wajah. Masker ini dapat menghilangkan komedo dan juga mengelupas kulit mati.

Jagalah kebersihan wajah

Komedo akan sangat mudah sekali muncul di wajah, jika wajah anda kotor dan berminyak. Jadi, rajinlah merawat wajah  agar senantiasa bersih. Untuk mengatasi wajah yang berminyak, pergunakanlah produk pembersih wajah yang cocok untuk kulit berminyak yang ampuh mengurangi kadar minyak di wajah Anda.

Nah itulah beberapa cara alami untuk membersihkan komedo yang menempel di wajah. Semoga informasinya bermanfaat dan berguna yah. Selamat melanjutkan aktifitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here