SHARE

Kulit berminyak terjadi karena kelenjar minyak yang berada pada lapisan dermis memproduksi minyak secara aktif. Kulit berminyak yang biasanya lebih mudah terjadi pada kulit wajah terpicu oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal biasanya terjadi akibat hormon yang berlebih sehingga menyebabkan sekresi yang terus menerus. Pengaruh hormonal ini biasa terjadi pada wanita yang berusia 15-20 tahun atau usia remaja. Sedangkan faktor eksternal dapat terjadi akibat cuaca atau iklim. Karenanya, orang-orang yang berada di iklim tropis lebih banyak mengalami kulit berminyak.

kulit berminyak asiaMasalah Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan masalah utama wanita di daerah tropis karena kulit berminyak menyebabkan kulit terlihat terlalu mengilap dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Selain itu, kulit berminyak yang tidak dirawat dapat menimbulkan jerawat dan membuat perawatan kulit dua kali lebih sulit. Namun, ketahuilah bahwa mengatasi kulit berminyak bukan berarti membuat kulit wajah benar-benar bebas minyak karena minyak pada wajah berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah timbulnya keriput. Maksud dari mengatasi kulit berminyak berarti menyingkirkan minyak berlebih yang tak diperlukan dan dapat menjadi awal tumbuhnya jerawat.

Orang banyak mencari cara alami mengatasi kulit berminyak karena sudah banyak produk-produk kosmetik di pasaran yang memberi solusi untuk mengatasi kulit berminyak sehingga sulit memilih produk mana yang sungguh memberi hasil yang diinginkan. Kandungan yang ada dalam tiap produk berbeda sehingga berbeda pula reaksi yang dihasilkan pada tiap orang. Pada akhirnya orang kembali mencari cara alami mengatasi kulit berminyak mereka karena dengan bahan-bahan alami, mereka yakin tak perlu merisaukan adanya efek samping.

Perawatan Khusus Masalah Kulit Berminyak

Cara alami mengatasi kulit berminyak berbeda dengan menggunakan obat-obatan. Kulit berminyak membutuhkan perawatan khusus, terlebih bagi kulit berminyak yang berjerawat. Namun, untuk melakukannya dibutuhkan kedisiplinan diri dan kesabaran yang tinggi. Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi kulit berminyak yang dapat diterapkan.

Mengatasi Kulit Berminyak dengan Campuran Air Garam

Pertama adalah dengan membilas dan membersihkan wajah setiap hari menggunakan air garam. Sediakanlah air hangat yang telah dicampur dengan garam. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap hari. Dengan begitu, produksi minyak dapat ditekan dan wajah tak lagi menghasilkan minyak berlebih. Cara alami mengatasi kulit berminyak ini harus diterapkan setiap hari, baru dapat terlihat hasilnya.

Mengatasi Kulit Berminyak dengan Masker Alami

Selanjutnya adalah gunakan masker wajah alami untuk mengangkat minyak berlebih beserta kotoran, bakteri, dan sel-sel kulit mati. Cara alami mengatasi kulit berminyak adalah membuat sendiri masker wajah yang akan digunakan. Bahan yang tepat untuk masker wajah alami ini antara lain bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan. Buah yang dapat digunakan seperti pisang, tomat, stroberi, jeruk nipis, dan mentimun. Pisang yang dilumatkan bersama dengan susu dan madu bisa menjadi masker wajah alami yang tepat. Selain itu, stroberi atau tomat dengan campuran kulit jeruk nipis juga merupakan cara alami mengatasi kulit berminyak. Yang paling penting dalam menggunakan masker adalah secara disiplin harus dilakukan secara terus menerus 2-3 kali dalam seminggu serta bersabar menunggu hasilnya terlihat.

Sebagai bahan makanan, buah-buahan dan air juga menjadi cara alami mengatasi kulit berminyak dari dalam. Dengan mengonsumsi banyak air putih dan buah-buahan, diharapkan kelenjar minyak dapat bekerja lebih alami dan memproduksi minyak secukupnya saja.

Mengatasi Kulit Berminyak Menggunakan Masker Beras dan Bengkoang

Masker alami yang terbuat dari beras dan bengkoang dapat secara alami menyerap minyak berlebih pada wajah. Kandungan pati beras berperan sebagai oil absorber, sementara sari pati bengkoang bekerja menutrisi kulit dan menjaga kelembaban alami kulit.

Masker beras dan bengkoang ini dapat Anda buat sendiri, atau menggunakan masker beras bengkoang yang sudah banyak digunakan (salah satunya adalah Masker Organik Sari Bengkoang). Penggunaan masker ini secara rutin dapat mengatasi seluruh masalah kulit berminyak serta masalah lainnya yang berkaitan, seperti jerawat dan komedo.

 

Cara lainnya, sediakanlah selalu face paper atau tissue basah sebagai penjaga kelembaban kulit apabila kulit berminyak mulai berkeringat dan terasa tidak nyaman.

Begitulah perawatan khusus yang perlu dilakukan sebagai cara alami mengatasi kulit berminyak. Semoga dapat membantu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here