SHARE

Cara alami mengatasi ketombe pasti selalu dicari oleh siapapun yang mengalami keluhan ketombe di kepala. Siapa yang tahan memiliki ketombe, rambu terasa gatal dan belum lagi rontokan ketombe yang menempel di pakaian membuat kita tidak percaya diri sehingga ingin segera mengusir ketombe secepatnya. Namun kadang beberapa cara sudah dilakukan tidak memberikan hasil maksimal, sudah menggunakan sampo mahal, creambath dan cara lainnya. Tapi sudahkah Anda mencoba cara alami yang bisa hilangkan ketombe? Kalau belum Anda perlu menyimak artikel ini sampai purna nanti.

Menghilangkan Ketombe Dari Bahan Alami

Ketombe sering disebabkan karena beberapa faktor, baik dari eksternal maupun internal. Debu dan udara kotor bisa menjadi penyebab eksternal ketombe, salah menggunakan jenis sampo juga bisa menjadi penyebab ketombe. Sedangkan penyebab internal misalnya faktor hormonal pada kulit kepala. Sehingga mereka banyak melakukan cara apapun untuk membersihkan ketombe. Tapi percaya atau tidak percaya, saat ini banyak orang yang beralih cara alami untuk merawat rambut. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa menyimak cara menghilangkan ketombe alami di bawah ini:

1Mengatasi Ketombe dengan Menggunakan Cuka

Cara alami mengatasi ketombe yang ampuh dan cepat adalah cuka. bahan alami ini sering digunakan untuk membuat acar dengan ciri-ciri berwarna jernih dan rasanya asam. Anda bisa membeli cuka di toko atau warung bahan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Ketombe disebabkan karena ada sel kulit yang mati pada bagian kulit kepala, sehingga menimbulkan noda putih dan sangat mengganggu penampilan Anda. Tetapi dengan cuka, ketombe bisa sirna seketika, dimana cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka mudah sekali. Gunakan cuka untuk membilas rambut setelah Anda keramas, diamkan beberapa menit dan bilas kembali dengan air bersih. Berhati-hatilah pada saat menggosok-gosokkan di kulit kepala karena jika da yang lecet akan terasa pedih walaupun sesaat.

2Baking Soda untuk Mengobati Ketombe

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe adalah baking soda. Bahan yang biasa digunakan untuk pengembang kue ini ternyata berkhasiat untuk membersihkan ketombe dengan cepat dan mudah. Cara alami menghilangkan ketombe membandel menggunakan backing soda mudah sekali. Ambil satu sendok teh backing soda, campur dengan 100 ml air dan aduk sampai rata. Kemudian usapkan pada rambut dan kulit kepala. Hasilnya kulit kepala menjadi bersih, rambut lembut dan menghilangkan jamur penyebab ketombe. Cara alami mengatasi ketombe ini cocok untuk berbagai jenis rambut dan aman tanpa efek samping. Anda juga bisa menambahkan madu sehingga nutrisinya bisa membantu menyuburkan rambut bagi yang memiliki keluhan rambut rontok.

Baca pula artikel: Cara Membuat Rambut Terlihat Basah.

3Mengobati Ketombe dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata juga sangat ampuh mengatasi ketombe di kepala, jeruk nipis juga mudah ditemukan serta harganya cukup murah. Bagi Anda yang selama ini belum menemukan cara ampuh bersihkan ketombe, jeruk nipis bisa menjadi alternative baru untuk Anda. Cara alami mengatasi ketombe menggunakan jeruk nipis mudah sekali. Gunakan 1 buah jeruk nipis, potong menjadi beberapa bagian dan usapkan jeruk nipis di kulit kepala, peras airnya untuk masker rambut sampai kulit kepala. Anda mungkin akan merasakan pedih sesaat tetapi khasiatnya memang terbukti ampuh. Untuk cara alami ini maksimal Anda bisa melakukannya 2 x seminggu.

Baca: Khasiat Lainnya dari Jeruk Nipis.

4Perawatan Rambut dengan Masker lidah buaya

Sudah tidak diragukan lagi bahwa lidah buaya memang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Sudah banyak produk sampo yang menggunakan bahan campuran ekstrak lidah buaya. Tapi jika Anda ingin menggunakan bahan alami tersebut sendiri juga lebih baik. Caranya cukup mudah, ambil satu batang lidah buaya, kupas kulitnya yang berwarna hijau. Oleskan pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama 20 menit kemudian bilas. Hasilnya pasti ketombe akan berkurang dan lakukan secara rutin sampai ketombe benar-benar bersih.

Baca Pula: Perawatan Rambut Agar Lebat dan Mengembang.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan rambut. Sebenarnya masih banyak bahan alami lainnya yang bisa untuk cara alami mengatasi ketombe, namun karena keterbatasan waktu tidak bisa memuat banyak bahan-bahan alami tersebut. Akhirnya kami ucapkan selamat mencoba dan miliki rambut indah tanpa ketombe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here