SHARE

Kulit yang sehat dan cantik, adalah aset besar yang dimiliki oleh setiap wanita. Tapi sayangnya, kecantikan kulit bisa pudar seiring dengan pertambahan usia. Memasuki usia 40-an, tanda penuaan di kulit, seperti munculnya keriput dan garis-garis halus, kulit yang terlihat kendur, kecerahan alami kulit menghilang, dll. akan mulai tampak, sehingga akan mengurangi kecantikan kulit.

Tanda penuaan di kulit ini akan muncul biasanya di usia 40-an tahun, dan akan terus terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini karena mulai berkurangnya produksi kolagen di bawah jaringan kulit, yang berperan sebagai pengikat jaringan-jaringat tubuh. Kurangnya kolagen ini akan menyebabkan munculnya keriput, garis-garis halus di kulit, serta kulit yang tampak kendur.

Selain karena bertambahnya usia, berkurangnya produksi kolagen bisa terjadi karena bermacam-macam hal, seperti dehidrasi atau kurangnya cairan dan kelembaban kulit, ataupun disebabkan karena radikal bebas di alam, seperti asap kendaraan bermotor, zat kimia dari obat dan makanan yang kita konsumsi, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com akan mencoba berbagi beberapa tips yang bisa mencegah penuaan, mempertahankan produksi kolagen, dan membuat Anda tetap cantik setelah memasuki usia 40 tahun. Selamat membaca!

tips cantik setelah 40 tahun

Cara Alami Agar Tetap Cantik di Usia 40-an

Kita akan mengulas cara-cara alami agar kulit tetap cantik saat memasuki usia 40 tahun, berdasarkan kebutuhan-kebutuhan kulit. Berikut ini ulasannya:

Melembabkan Kulit dengan Aloe Vera.

Salah satu penyebab cepatnya terjadi penuaan di kulit adalah karena kulit yang mengalami dehidrasi atau kurang cairan dan kelembaban. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kurangnya kelembaban kulit dapat menyebabkan berkurangnya produksi kolagen, sehingga membuat kerutan dan garis halus di kulit akan lebih cepat muncul.

Cara utama mengembalikan kelembaban kulit adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air secukupnya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mampu meningkatkan kelembaban kulit secara signifikan, yaitu aloe vera atau lidah buaya.

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang sangat sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Salah satu khasiatnya adalah untuk meningkatkan kelembaban kulit. Selain itu, aloe vera dapat mendinginkan kulit sekaligus memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Cara melembabkan kulit dengan aloe vera sangat mudah. Cukup dengan membelah aloe vera dan diambil gelnya. Gel ini kemudian dibalurkan di wajah, sambil dipijat-pijat agar kandungan nutrisi aloe vera dapat diserap oleh kulit. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan aloe vera dengan mentimun, dan dijadikan masker peeling untuk wajah. Cara membuatnya dapat Anda baca pada tulisan sebelumnya: Cara Membuat Peeling Mask dari Mentimun dan Aloe Vera.

Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit dengan Masker Telur.

Cara berikutnya untuk membuat kulit tetap cantik di usia 40-an, adalah dengan menggunakan masker telur. Penggunaan masker telur ini dilakukan secara bergantian, yaitu yang pertama menggunakan masker putih telur dan dilanjutkan dengan menggunakan kuning telur sebagai masker wajah.

Masker Putih Telur.

Pertama adalah masker putih telur, yang berkhasiat untuk membuat kulit kencang dan cerah bercahaya. Masker putih telur dapat Anda gunakan 2 kali dalam seminggu. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan putih telur dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Kocok sejenak, lalu balurkan di wajah hingga merata. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Masker Kuning Telur.

Setelah menggunakan masker putih telur, lanjutkan dengan menggunakan masker kuning telur. Kocok kuning telur, lalu sedikit demi sedikit dibalurkan dan dipijatkan di seluruh wajah. Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, akhiri dengan air dingin.

Khasiat masker kuning telur antara lain adalah untuk menghaluskan kulit, sekaligus melembabkan dan membuat kulit awet muda. Penggunaan masker putih telur dan masker kuning telur ini secara rutin akan menghindarkan kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan di kulit.

Menjaga Produksi Kolagen dan Meningkatkan Kesehatan Sel Kulit dengan Vitamin E.

Setelah melembabkan, mengencangkan, dan menghaluskan kulit dengan cara-cara yang sudah dijabarkan di atas, yang harus dilakukan berikutnya adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk kulit. Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, namun yang utama adalah vitamin E. Vitamin E berperan dalam regenerasi sel kulit, sehingga sel kulit yang rusak akan secara cepat diganti dengan sel kulit yang masih baru. Selain itu, vitamin E juga berperan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga produksi kolagen akan tetap terjaga.

Vitamin E bisa dikonsumsi secara oral (diminum), yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan vitamin E. Cara lainnya adalah dengan penggunaan luar, atau dibalurkan langsung di kulit. Beberapa bahan alami yang kaya vitamin E dan bisa Anda gunakan pada pemakaian luar adalah berbagai minyak nabati, seperti minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat Anda gunakan secara rutin setiap hari di kulit, yaitu dengan cara dibalurkan secara tipis dan merata di kulit. Dapat juga digunakan sebagai minyak pijat dan terapi. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan menjadikan minyak zaitun sebagai pengganti krim malam Anda, dan digunakan menjelang tidur pada malam hari. Hasilnya akan Anda rasakan setiap hari.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit sangat kering, dapat menggunakan minyak alpukat. Klik di sini untuk mendapatkan minyak alpukat yang bagus untuk kulit kering.

Demikianlah beberapa tips alami agar kulit tetap cantik, sehat, dan terawat, bahkan hingga memasuki usia 40 tahun. Tips-tips di atas harus diterapkan secara rutin dan berkelanjutan, agar hasilnya bisa dirasakan secara maksimal. Selamat mencoba!

1 COMMENT

  1. […] Kulit kencang dan bebas kerutan. Kulit kencang, bebas garis halus dan kerutan juga salah satu tanda kulit yang sehat. Hal ini juga menjadi ciri dari wajah yang terlihat lebih glowing dan cerah. Kulit yang kencang berarti sel kulit masih bekerja secara normal, kebutuhan kolagen tercukupi, dan regenerasi sel kulit masih rutin berlangsung. Tingkat kesehatan sel kulit seperti ini biasanya akan mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk mencegahnya, baca artikel sebelumnya: Cara Tetap Cantik di Usia 40-an. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here