SHARE

Kesehatan kulit menjadi sangat penting bagi para wanita. Kulit yang sehat haruslah selalu dirawat, baik pada pagi, siang, maupun malam hari. Merawat kulit pun tidak harus di salon, kita bisa merawat kulit di rumah dengan cara kita sendiri. Kulit yang indah dan sehat dapat meningkatkan daya tarik kita.

perawatan malam untuk kulitPada artikel kali ini akan membahas beberapa cara menjaga dan merawat kesehatan kulit pada malam hari. Semoga dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat dan indah.

Cara Merawat Kulit pada Malam Hari

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit di malam hari, yakni penggunaan serum, krim mata, dan krim malam. Berikut ini manfaat dan cara merawat kulit pada malam hari:

  1. Membersihkan wajah

Banyak aktivitas yang telah dilakukan seharian, sehingga banyak bakteri atau kuman-kuman yang menempel pada wajah. Selain kotoran dari lingkungan sekitar, kotoran juga bisa didapatkan dari make up yang kita gunakan. Kotoran inilah yang menyebabkan kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat. Jerawat merupakan salah satu musuh terbesar bagi penampilan wanita. Beberapa wanita memilih untuk menggunakan facial foam untuk membersihkannya. Tapi, ternyata hal ini tidak cukup karena facial foam hanya dapat memaksimalkan pembersih wajah. Tips merawat kulit wajah di malam hari adalah menggunakan make up remover. Hal ini akan memudahkan kotoran dan sisa make up yang menempel pada wajah lebih mudah. Barulah setelah itu, gunakan facial foam. Selanjutnya bersihkan wajah dengan handuk secara lembut menepuk-nepuk wajah agar kering dan tetap terjaga kelembabannya.

  1. Mandi

Aktivitas yang padat, dapat membuat kelenjar keringat lebih aktif untuk mengeluarkan keringat. Sehingga tubuh akan terasa gerah dan tidak nyaman, bahkan dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat bakteri di dalam keringat.

Namun, tak jarang bagi kita yang mengabaikan mandi karena tubuh terasa lelah, misalnya karena sudah malam ketika sampai di rumah sepulang kerja. Padahal mandi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh setelah seharian beraktivitas. Jika Anda merasa udara dingin, maka gunakanlah air hangat. Air hangat sangat cocok digunakan untuk merelaksasikan tubuh yang lelah. Selain itu, dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Jerawat pada punggung tidak akan tumbuh jika Anda tetap mandi setelah beraktivitas. Inilah manfaat merawat kulit dengan cara mandi pada malam hari.

Jadi, dengan rutin mandi (dan mandi malam), beberapa manfaat berikut ini bisa didapatkan:

  • Kulit terjaga kebersihannya.
  • Mencegah kuman dan bakteri bersarang di kulit.
  • Mencegah munculnya jarawat di punggung, pundak, dll.
  • Menjaga kelembaban kulit.
  1. Serum kulit

Setelah mandi, gunakan handuk untuk mengeringkan badan. Tapi cukup dengan menepuk-nepuk badan. Hindari penggunaan handuk dengan menggosok badan karena dapat mengurangi kelembaban pada kulit. Selanjutnya tips merawat kulit wajah dan tubuh sebelum tidur gunakanlah serum kulit. Serum ini memiliki manfaat yang lebih baik daripada body lotion. Serum yang digunakan untuk kulit memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh kesehatan kulit. Serum dapat terserap dengan mudah sehingga dapat bermanfaat dengan maksimal. Serum juga berguna dalam merawat dan melembabkan kulit ketika tidur.

  1. Krim mata

Beberapa wanita melupakan hal ini dalam manfaat merawat kulit pada malam hari, yakni penggunaan krim mata. Padahal pada area mata memiliki kemampuan menyerap krim wajah yang kurang. Sehingga dibutuhkan krim khusus mata untuk menjaga kelembaban pada area mata. Krim ini berguna untuk merelaksasikan mata setelah aktivitas yang melelahkan. Hal ini dapat mengurangi terbentuknya lingkar hitam di daerah mata atau kantung mata yang mengganggu penampilan. Oleh karena itu, oleskan krim mata pada area mata dengan sedikit pijatan agar krim dapat menyerap dengan cepat dan peredaran menjadi lebih lancar. Untuk memaksimalkan fungsinya, tambahkan mentimun dengan menempelkannya pada maya untuk mendapatkan kesegaran.

  1. Krim malam

Kulit juga membutuhkan nutrisi untuk menjaga kelembabannya. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk memenuhi nutrisi tersebut. Selain untuk kelembaban, krim juga bisa menjadikan kulit lebih mudah karena mempercepat regenerasi kulit. Cara merawat kulit sebelum tidur, oleskan krim wajah secara merata pada seluruh permukaan wajah. Setelah itu, barulah Anda bisa tidur dengan kulit yang terjaga untuk semangat di keesokan harinya.

Bahan Alami untuk Merawat Kulit pada Malam Hari.

Selain krim malam, serum, lotion, atau sabun perawatan kulit, Anda juga dapat merawat kulit Anda menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak nabati. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit pada malam hari, yaitu:

Minyak zaitun.

Minyak zaitun atau yang sering pula disebut olive oil tentunya sudah tidak asing lagi digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Kandungan vitamin E yang sangat tinggi menjadikan minyak zaitun sangat berkhasiat untuk kulit, karena vitamin E merupakan nutrisi utama yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membuat kulit menjadi kencang, kenyal, dan terjaga kelembabannya. Hebatnya, efek penggunaan minyak zaitun bisa langsung dirasakan sejak penggunaan pertama.

Tidak percaya? Cobalah mengoleskan minyak zaitun di wajah dan kulit Anda pada malam hari menjelang tidur, sebagai pengganti krim malam yang sering Anda gunakan. Biarkan nutrisi minyak zaitun diserap oleh kulit selama Anda tidur. Pada pagi hari, Anda akan merasakan kulit yang lebih lembab, lebih kenyal, dan kencang. Minyak zaitun cocok digunakan untuk segala jenis kulit.

Minyak alpukat

Selain minyak zaitun, minyak nabati lainnya yang sedang populer digunakan sebagai bahan perawatan kulit adalah minyak alpukat. Minyak alpukat juga cocok digunakan sebagai pengganti krim malam, yang bisa Anda gunakan pada malam hari menjelang Anda tidur.

Minyak alpukat ini sangat cocok terutama pada kulit kering, karena kandungan lemak baik pada minyak zaitun sangat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Bagi Anda yang menderita kulit kering, kulit kasar dan pecah-pecah, sangat dianjurkan untuk menggunakan minyak alpukat.

Klik di sini untuk informasi tempat penjualan minyak alpukat yang bagus untuk kulit kering.

Demikian manfaat merawat kulit pada malam hari. Tidak hanya tubuh, kulit juga memerlukan nutrisi untuk kesehatannya. Terlebih pada malam hari, setelah seharian beraktivitas dan telah menempel berbagai bakteri dan kotoran lainnya. Sehingga perawatan wajah pada malam hari sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko timbulnya jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Rupanya ada banyak manfaat merawat kulit pada malam hari yang bisa didapatkan untuk kesehatan kulit tubuh dan wajah, bukan? Selamat mencoba, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here