Menghilangkan bekas luka jahitan di kulit yang mungkin bisa membuat kita selama ini malu, ternyata sangat mudah. Ada beberapa cara medis yang bisa diandalkan, tapi jika tidak ingin mengambil solusi medis, ada juga alternatif ampuh untuk menghilangkan bekas luka jahitan, yaitu dengan bahan-bahan sederhana dan alami.

menghilangkan bekas luka jahitanMenghilangkan bekas luka jahitan di kulit, baik itu bekas luka operasi, bekas luka operasi caesar/melahirkan, ataupun bekas luka lainnya, bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu cara medis atau cara yang lebih tradisional dengan bahan alami. Artikel BerbagiSolusi.com kali ini akan membahas cara menghilangkan bekas luka jahitan secara alami dan aman untuk kulit. Disimak, yuk!

Menghilangkan Bekas Luka Jahitan di Kulit Secara Medis

Ada banyak cara yang bisa dicoba dan dipertimbangkan ketika merasa risih dengan bekas luka jahitan pada kulit. Bekas luka, apapun itu, tentu menjadikan banyak orang merasa risih dan tidak percaya diri, apalagi kalau letaknya sangat terlihat. Tapi cara-cara medis ini mungkin bisa membantu.

  • Dermabrasi.
    Dermabrasi adalah satu cara menghilangkan bekas luka jahitan di wajah dengan cepat, atau di bagian tubuh manapun. Teknik ini digunakan untuk menghilangkan bekas luka jahitan yang kasar. Kulit akan menjadi lembut kembali hanya dengan bantuan dermabrasi. Bahkan bekas lukanya pun akan tersamarkan.
  • Bedah atau operasi plastik.
    Bedah plastik juga merupakan salah satu solusi medis yang tidak sedikit orang pilih karena nyatanya, bekas luka bisa hilang selamanya. Bekas luka akan diangkat dan biasanya memang cara ini ditempuh oleh orang-orang dengan bekas luka menonjol.
  • Terapi laser.
    Terapi laser atau yang kita juga kenal sebagai sinar laser adalah metode yang juga banyak diandalkan orang. Penghitaman kulit bisa dikurangi oleh energi cahaya yang diberikan oleh sinar laser sehingga bekas luka menghitam karena bekas luka, di bagian mana pun itu, bisa dihilangkan. Ini salah satu cara menghilangkan bekas luka jahitan di kulit yang tengah sering direkomendasikan akhir-akhir ini.

Solusi Alami dan Aman Menghilangkan Bekas Luka Jahitan.

Jika tidak tertarik dengan cara medis, setidaknya kita punya pilihan lain yang lebih aman dan alami dengan bahan-bahan yang juga mudah ditemukan. Jika cara medis dapat memberikan hasil instan, cara alami perlu perawatan rutin dan terus menerus, agar hasil yang dicapai bisa memuaskan. Namun tentunya, cara alami lebih minim resiko. Selain itu, juga dapat dilakukan sendiri di rumah.

Berikut ini beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas luka jahitan:

Menghilangkan Bekas Luka Jahitan Menggunakan Mentimun

Mentimun tidak hanya enak untuk lalapan, tapi kandungan vitamin C dan potassium yang siap membantu mencegah radikal bebas. Seperti yang kita tahu, mentimun juga kaya akan kandungan air dan bisa membuat kulit segar.

Untuk menghilangkan bekas luka jahitan pada anak dan orang dewasa, mentimun sangat aman; cara menggunakannya adalah hanya dengan mencucinya, memotongnya dan memblendernya sampai halus. Jika tidak ingin memblendernya, menumbuknya pun juga boleh asal secara halus. Ramuan mentimun yang sudah halus bisa dioleskan pada bekas luka dan tinggalkan semalaman. Lakukan perawatan ini secara rutin supaya luka jahitan bisa cepat memudar.

Daun pare untuk menghilangkan bekas luka jahitan.

Pare selain dikenal sebagai makanan yang menawarkan rasa pahit, juga diketahui sebagai tanaman herbal yang punya keuntungan lebih untuk kesehatan. Tapi selain buahnya dapat dijadikan panganan sayur, ternyata juga dapat diambil daunnya, dan dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka jahitan di kulit.

Cara menggunakan daun pare sebagai obat menghilangkan bekas luka jahitan; caranya, siapkan beberapa helai daun tersebut dan dicuci terlebih dulu. Kemudian, haluskan daun-daun tersebut dengan menambahkan air hangat juga sebelum diperas. Hasil perasannya kemudian perlu dicampur dengan tepung beras dua sendok makan hingga terbentuklah pasta. Setelah jadi, tinggal oleskan ramuannya ke area bekas luka jahitan dan tinggalkan sampai benar-benar kering sebelum dibersihkan dengan air bersih.

Teh hijau untuk menghilangkan bekas luka jahitan.

Antioksidan terkandung di dalam teh hijau yang selama ini sudah banyak diketahui dan antioksidannya ternyata menawarkan lebih banyak kebaikan dari pada vitamin E. Untuk menghilangkan bekas luka jahitan di kulit, teh hijau bisa dengan mudah diminum, atau dijadikan toner. Pakai handuk berukuran kecil, basahi dengan teh hijau yang sebelumnya kita telah menyeduhnya. Handuk tersebut boleh kemudian diusapkan ke bagian yang terdapat bekas luka jahitan; tapi sebelum mengusapkannya, area bekas luka wajib dibersihkan lebih dulu.

Lidah buaya

Lidah buaya sudah sangat terpercaya dalam manfaatnya mengatasi banyak masalah kulit dan bahkan sangat oke untuk menyuburkan rambut. Lidah buaya sering digunakan untuk membuat kulit lebih lembab, dan keuntungan yang lebih luar biasa lagi adalah sel kulit kita bisa regenerasi. Untuk menghilangkan bekas luka jahitan di kulit pun bisa diandalkan karena adanya anti-radang yang terkandung. Gunakan gelnya dan oleskan secara langsung ke bekas luka setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

***

Nah, demikianlah dua cara yang bisa dijadikan pedoman dan kita bisa memilih antara cara medis atau cara yang lebih aman dan alami untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka jahitan. Namun, jika selama masih bisa mengandalkan yang alami, tidak perlu merujuk pada menghilangkan bekas luka jahitan di kulit secara medis. Selamat mencoba, semoga tips pada artikel ini dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk Anda.

One thought on “Cara Efektif Menghilangkan Bekas Luka Jahitan di Kulit

  1. Patricilia Kaunang says:

    pake minyak delima dan rajin konsumsi buah delima juga bisa bantu loh katanya . aku dapet info ini dari web cantiknyakulitsehat.com .. dan udah aku buktiin juga, luka bekas kecelakaan di kaki lumayan udah samar hehehe :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website