SHARE

Tahukan Anda bagaimana cara membersihkan karang gigi? Karang gigi atau disebut sebagai plak yang sudah menggumpal dan bertumpuk di dalam sela gigi. Plak yang menumpuk tersebut dikarenakan terdapat kandungan garam di dalam air liur yang mempunyai sifat basa terkontaminasi dari sisa makanan yang mempunyai sifat asam. Karang gigi ini awal terbentuknya akan berwarna kuning, namun setelah lama akan berubah menjadi warna cokelat kehitaman apabila tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, apabila Anda mempunyai kebiasaan seperti merokok, minum teh dan minum kopi. Hal tersebut akan membuat karang gigi semakin parah sehingga lebih baik dihindari terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Gigi Yang Baik dan Benar Tanpa Efek Samping

Pada umumnya, karang gigi yang membandel dapat dibersihkan dengan cara membersihkan karang gigi sendiri. Efek yang ditimbulkan dari karang gigi memang negatif dan tidak membuat Anda sendiri merasa nyaman bahkan orang yang disekitar Anda. Beberapa efek yang ditimbulkan karena karang gigi tersebut adalah menyebabkan bau mulut, infeksi gusi dan gangguan pernafasan. Nah, agar tidak terjadi hal yang demikian, Anda harus melakukan cara membersihkan karang gigi dengan benar agar karang gigi tidak hadir kembali. Patinya Anda tidak akan senang apabila karang gigi akan merusak sel seluruh gigi sehingga menimbulkan sakit gigi dan gigi copot apalagi gigi manusia hanya dapat tumbuh hanya sekali.

Cara membersihkan karang gigi yang mudah yaitu mengikat gigi Anda dengan menggunakan siwak. Kayu siwak merupakan sebuah kayu yang sudah banyak dikenal dapat membersihkan gigi Anda dari karang gigi yang berbahaya dan dapat merusak gigi Anda. Apabila Anda memilih untuk menggunakan kayu siwak untuk cara membersihkan karang gigi secara alami maka Anda harus konsisten. Hal ini karena langkah tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama apabila dibandingkan dengan menggunakan cara scalling. Akan tetapi, apabila Anda memilih menggunakan metode scalling, memang hasilnya lebih cepat. Hanya saja, Anda harus menggunakan jasa dokter untuk melakukan hal tersebut dan membayar jasa dokter terbilang mahal. Maka dari itu lebih baik menggunakan cara yang sederhana namun hasilnya maksimal.

Baca: Cara Memutihkan Gigi dengan Norit.

Cara membersihkan gigi manual lainnya selain menggunakan siwak adalah dengan menggunakan getah dari buah sukun. Menghilangkan karang gigi menggunakan getah buah sukun sudah dikenal lama di tanah Jawa. Dipercaya getah buah sukun tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit yang ada di dalam gigi. Apabila digunakan secara rutin dan terus menerus maka dapat menghilangkan karang gigi dengan efektif. Selain itu, cara membersihkan karang gigi yang efektif yakni dengan mengkonsumsi buah apel. Buah apel sangat baik untuk kesehatan gusi dan gigi, dimana manfaatnya tidak hanya bisa untuk menghilangkan karang gigi namun dapat digunakan untuk membuat gigi menjadi lebih putih maksimal.

Cara membersihkan karang gigi yang kuning yang paling mudah dan sederhana yaitu dengan menggosok gigi dengan rutin setiap hari. Selalu rutin menyikat gigi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. Dengan menggosok gigi setiap hari dengan teratur maka sisa makanan yang terselip di dalam gigi akan mudah untuk dibersihkan sehingga sisa makanan tidak akan menumpuk di dalam gigi dan tidak akan menyebabkan karang gigi. Agar karang gigi Anda dapat menghilang, alangkah baiknya Anda menyikat gigi minimal setia hari 2 kali sehari. Selain itu, menggosok gigi sebelum Anda memakan makanan, dimana cara membersihkan karang gigi dengan menggunakan sikat gigi yang benar. Yakni menyikat gigi dilakukan dari atas ke bawah dan tidak perlu melakukannya dengan keras yang penting sisa makanan tersebut dapat terangkat dari sela-sela gigi Anda.

Untuk langkah selanjutnya agar karang gigi tidak datang kembali Anda bisa melakukan serangkaian langkah di atas. Apabila sudah melakukan langkah-langkah di atas Anda harus banyak minum air putih. Air putih dapat melancarkan sistem pencernaan dan melancarkan metabolisme yang ada pada tubuh manusia. Sehingga air putih dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi yang bersarang di dalam gigi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meminum air putih setiap hari secara rutin. Setiap hari tersebut harus meminum minimal 8 gelas dalam satu hari. Air putih perlu digunakan juga setelah Anda sedang berkumur-kumur.

Nah, itu cara membersihkan karang gigi dengan menggunakan air putih. Demikian penjelasan mengenai cara membersihkan karang gigi dengan mudah tanpa menggunakan bahan alami. Jika Anda membersihkan gigi dengan menggunakan langkah di atas secara alami maka Anda akan sehat karena tidak akan ada efek samping yang akan mengganggu kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here