Pernah membuat kue kering yang  hasilnya keras dan tak renyah ? Itu adalah salah satu contoh masalah saat membuat kue kering, baik itu untuk lebaran pun untuk sehari-hari. Membuat kue kering sekilas tampaknya amat mudah. Semua bahan dicampur lalu dibentuk dan kemudian dibakar menggunakan oven. Padahal prosesnya tak semudah yang terlihat. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan agar kue kering tidak sekadar jadi tetapi juga  enak rasanya. Pemahaman bahan dan karakternya akan membantu menciptakan kue kering yang enak dan sempurna. Rahasia untuk mendapatkan kue kering yang sempurna adalah pemilihan bahan-bahan terbaik dan teknik yang tepat. Kue kering paling enak jika dimakan saat masih renyah.

Untuk mendapatkan kue kering yang enak dan renyah saat pengolahannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuatnya. Berbagisolusi.com akan berbagi tentang cara membuat kue kering agar renyah. Disimak yah!

kue kering renyah

Cara Membuat Kue Kering agar Lebih Renyah.

  • Penyebab yang  membuat kue menjadi keras ataupun lembek adalah mungkin mutu bahan yang digunakan kurang bagus. Namun bisa juga penyebab utamanya adalah saat pencampuran tepung terigu dan waktu pembentukan adonan.
  • Inilah rahasia yang mesti diketahui, setelah tepung terigu dimasukkan, adonan tidak boleh diuleni lagi karena adonan akan menghasilkan gluten dan berakibat bantat.
  • Sebaiknya adonan diaduk, hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu segera bentuk sesuai dengan selera.
  • Saat membentuk kue jangan terlalu tebal, jangan pula terlalu tipis. Kue yang terlalu tebal, lama mematangkannya hingga perlu waktu lama.
  • Jika pengovenan terlalu lama, bukan hasil renyah yang didapatkan tetapi kue akan menjadi keras. Sebaliknya kue yang dibentuk terlalu tipis, mudah hancur hingga sulit dikemas.
  • Jangan biarkan adonan terlalu lama disimpan pada suhu 37 derajat celcius karena minyak dalam adonan akan keluar sehingga itu yang akan membuat menjadi kaku dan susah dibentuk.
  • Letakkan kue yang sudah matang diatas kawat hingga dingin. Begitu dingin segera dikemas dalam toples bersih, kering dan tertutup rapat.

Nah itulah beberapa penyebab sehingga kue kering yang dibuat menjadi keras. Semoga dengan adanya artikel ini, tidak ada lagi masalah kue kering yang keras. Yang sangat diharapkan adalah kue kering yang enak dan renyah. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website