SHARE

lulur bengkoangBengkoang adalah bahan alami yang sangat populer digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Khasiat utama yang biasanya diharapkan dari perawatan menggunakan bengkoang adalah untuk membuat kulit menjadi lebih putih dan cerah. Penggunaan bengkoang sebagai bahan perawatan kulit biasanya dalam bentuk lulur bengkoang, masker bengkoang, atau lotion bengkoang. Selain itu, ada juga bentuk lain, seperti sabun, body butter, hingga sunscreen dari ekstrak bengkoang.

Dari sekian banyak bentuk produk perawatan kulit dari bengkoang itu, lulur bengkoang adalah salah satu yang paling banyak digunakan, karena khasiatnya sebagai pemutih dan pencerah kulit, bisa dirasakan untuk seluruh kulit tubuh dan wajah. Selain itu, membuat lulur bengkoang juga relatif mudah. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat lulur pemutih badan dari bengkoang. Disimak, yuk!

Cara Membuat Lulur Pemutih Badan dari Bengkoang.

Bahan dan Peralatan:

Membuat lulur pemutih dari bengkoang cukup mudah. Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan, antara lain:

  • 2 umbi bengkoang ukuran sedang,
  • 5 Sendok makan beras,
  • 1 gelas air matang,
  • Alat potong (pisau),
  • Gelas tinggi.
  • Juicer.

Cara Membuat:

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan lulur bengkoang, yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Rendam beras dalam 1 gelas air matang selama 1 malam penuh.
  2. Setelah 1 malam, tiriskan beras lalu tumbuk dan ayak hingga halus menjadi tepung beras. Sisihkan.
  3. Kupas bengkoang, lalu cuci hingga bersih menggunakan air yang mengalir.
  4. Gunakan juicer untuk mengambil ekstrak bengkoang.
  5. Simpan ekstrak bengkoang ke dalam gelas tinggi, dan segera campur dengan tepung beras.
  6. Simpan campuran ekstrak bengkoang dan beras tersebut di dalam kulkas selama 1 malam.
  7. Dalam 1 malam, akan terdapat endapan pati bengkoang yang sudah bercampur dengan tepung beras, di dasar gelas. Buang secara perlahan air bengkoang pada bagian atas gelas, dan sisakan endapannya saja.
  8. Gunakan endapan ini sebagai lulur pemutih atau masker wajah.

Cara Menggunakan Lulur Pemutih Bengkoang.

Lulur yang sudah Anda buat bisa langsung digunakan sebagai pengganti sabun mandi. Cara menggunakannya adalah dengan cara membalurkan lulur bengkoang ke seluruh tubuh, dan didiamkan beberapa saat hingga lulur mengering di kulit. Setelah lulur mengering, segeralah bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa lulur yang menempel di kulit. Tidak perlu lagi menggunakan sabun setelahnya.

Lulur bengkoang ini meskipun aman digunakan, sebaiknya juga tidak diaplikasikan setiap hari. Hal itu karena sifat lulur biasanya sebagai exfoliator, atau pengikis lapisan kulit terluar. Lakukan secukupnya saja, biasanya 3x seminggu agar kulit tidak menjadi iritasi akibat lapisan kulit yang terlalu sering terkikis.

Tips Menggunakan Lulur Bengkoang:

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu untuk mengoptimalkan khasiat lulur pemutih bengkoang:

  • Basahi tubuh sebelum mengaplikasikan lulur bengkoang ini.
    Lebih direkomendasikan membasahi tubuh dengan air hangat, karena air hangat dapat membuat pori-pori kulit terbuka, sehingga dapat memaksimalkan pembersihan kotoran hingga ke dalam pori.
  • Lakukan usapan dan pijatan lembut.
    Lakukan usapan dan pijatan lembut dengan gerakan memutar, saat membalurkan lulur pemutih bengkoang di kulit. Pijatan lembut dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menempel.
  • Bilas sebanyak 2x hingga bersih.
    Bilasan pertama adalah dengan air hangat, agar air dapat mengangkat sisa lulur dan kotoran dari dalam pori-pori kulit, lalu akhiri dengan bilasan menggunakan air yang lebih dingin agar pori-pori kulit kembali tertutup sehingga kotoran tidak mudah masuk.

Nah, selamat mencoba. Apabila langkah dan tips di atas cukup merepotkan, Anda dapat menggunakan cara yang lebih praktis untuk memutihkan kulit. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here