Untuk merawat wajah Anda bisa menggunakan masker yang dibuat dari bahan nabati atau bahan yang diperoleh dari hasil aneka tanaman. Perawatan wajah menggunakan bahan nabati ini tentunya juga tidak kalah dengan menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan kimia. Bahkan, menggunakan bahan alami juga memiliki keunggulan tertentu, seperti tingkat keamanan dan resiko yang sangat minim terhadap iritasi dan kerusakan kulit. Apalagi untuk kulit kering dan sensitif.

masker nabati bengkoang dan minyak alpukat untuk kulit kering

Bagi Anda yang memiliki kulit kering biasanya kulit juga sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar, seperti sinar matahari dan penggunaan berbagai bahan perawatan kulit. Untuk itu, perawatannya perlu dilakukan dengan sangat hati-hati, termasuk dalam pemilihan jenis bahan perawatan kulit. Pilihlah bahan yang memiliki tekstur yang sangat halus, selain juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kulit kering.

Resep Masker Nabati dari Bengkoang dan Minyak Alpukat.

Sebagai perawatan dasar untuk kulit kering, Anda dapat mencoba resep berikut ini:

Bahan-bahan pembuatan masker.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat masker, antara lain:

  • 2 umbi bengkoang berukuran besar.
    Pilihlah bengkoan yang sudah cukup tua, biasanya ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap. Bengkoang yang sudah cukup tua dapat menghasilkan pati bengkoang yang lebih banyak.
  • 1 sendok teh minyak alpukat.
    Anda bisa membuat sendiri minyak alpukat, atau membeli minyak alpukat yang sudah siap pakai. Klik di sini untuk informasi toko yang menjual minyak alpukat.
  • 2 gelas air.
    Air digunakan untuk membantu dalam melumatkan bengkoang menggunakan blender.

Langkah cara membuat masker nabati bengkoang.

Langkah untuk membuat masker nabati minyak alpukat dan bengkoang adalah sebagai berikut.

  1. Kupas bengkoang, lalu bersihkan dari kotoran yang menempel menggunakan air mengalir.
  2. Potong-potong bengkoang agar lebih mudah dimasukkan ke dalam blender.
  3. Gunakan blender untuk melumatkan bengkoang. Agar lebih mudah, tambahkan air ke dalam blender.
  4. Gunakan saringan santan untuk menyaring ampas bengkoang. Ambil sari bengkoangnya saja.
  5. Tempatkan air atau sari bengkoang ini dalam wadah, lalu simpan dan diamkan selama 8 jam.
  6. Setelah 8 jam, air bengkoang ini akan menjadi lebih bening sementara di bagian dasar wadah akan terlihat endapan putih. Buanglah semua air yang bening secara perlahan, hingga tersisa endapannya saja. Endapan inilah yang disebut dengan pati bengkoang, yang akan kita manfaatkan untuk membuat masker nabati.
  7. Campurkan pati bengkoang ini dengan minyak alpukat hingga berbentuk pasta kental. Pasta inilah yang akan kita gunakan sebagai masker nabati.

Cara Menggunakan Masker Nabati Bengkoang

Untuk menggunakan masker nabati ini juga cukup mudah. Basuh wajah dengan air, keringkan menggunakan handuk bersih. Setelah itu aplikasikan masker nabati bengkoang yang sudah Anda buat ke seluruh area wajah. Iringi dengan melakukan pijatan lembut. Diamkan 15 – 30 menit atau hingga lapisan masker kering dan mengeras. Basuh dan bilas wajah Anda hingga bersih.

Khasiat Masker Nabati Bengkoang dan Minyak Alpukat untuk Kulit Kering.

Masker nabati yang Anda buat menggunakan resep masker ini memiliki banyak khasiat, antara lain:

Vitamin C untuk menjaga kondisi kulit.
Vitamin C didapatkan dari pati bengkoang, yang berperan untuk menjaga kondisi sel kulit. Hal ini sangat penting dilakukan pada kulit kering, karena jenis kulit ini sangat rentan mengalami kerusakan sel kulit. Dengan menutrisi sel kulit dengan vitamin C yang cukup, diharapkan kerusakan sel kulit tidak mudah terjadi.

Vitamin E untuk regenerasi sel kulit.
Sel kulit mati harus segera diregenerasi untuk membuat kulit kembali sehat, yaitu dengan mengganti sel kulit mati dengan sel yang lebih muda dan sehat. Vitamin E ini didapatkan dari minyak alpukat.

Lemak baik untuk menjaga kelembaban alami kulit.
Lemak yang terdapat pada minyak alpukat memiliki tekstur yang sangat halus, dan sangat baik untuk menjaga kelembaban alami kulit. Selain itu, lemak ini juga melapisi kulit dengan lapisan yang sangat tipis sehingga kulit terhindar dari gangguan luar atau radikal bebas, mengingat jenis kulit kering adalah jenis kulit yang sangat sensitif terhadap berbagai gangguan luar.

Menghindari dan mengatasi iritasi di kulit.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis kulit kering sangat rentan bereaksi terhadap gangguan dari luar. Reaksi ini sering kali tampak dengan munculnya iritasi-iritasi di kulit. Kandungan mineral pada minyak alpukat berperan sebagai antiinflamasi untuk mengatasi iritasi kulit ini, sehingga membuat kulit senantiasa nyaman dan bebas iritasi.

Nah, demikianlah tulisan mengenai masker nabati dari bengkoang dan minyak alpukat ini. Selamat mencoba membuatnya di rumah. Baca artikel sebelumnya yang berkaitan, yaitu Cara Membuat Minyak Alpukat juga informasi mengenai toko minyak alpukat di internet.

3 thoughts on “Cara Membuat Masker Nabati Bengkoang dan Minyak Alpukat untuk Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website