membuat minyak kelapa sendiriMinyak kelapa atau coconut oil adalah salah satu jenis minyak konsumsi yang paling sehat, mudah dibuat, namun tidak begitu populer di pasaran, karena masih kalah populer dari minyak sawit yang paling banyak dijual dan digunakan, meskipun minyak kelapa jauh lebih menyehatkan daripada minyak sawit.

Nah, karena manfaat minyak kelapa yang sangat hebat, baik untuk kesehatan tubuh, maupun untuk kulit, rambut, dan kuku, sementara Anda tidak akan mudah menemukannya di pasaran, kali ini BerbagiSolusi.com akan mencoba memberikan penjelasan bagaimana cara membuat minyak kelapa. Pada artikel kali ini juga akan dijelaskan langkah demi langkah pembuatan minyak kelapa, mulai dari awal hingga minyak kelapa siap digunakan. Disimak, ya!

Cara Membuat Minyak Kelapa

Persiapan Bahan dan Peralatan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat minyak kelapa tentunya adalah buah kelapa. Pilihlah setidaknya 5 butir kelapa yang sehat dan usianya cukup tua. Usia buah kelapa yang sudah tua bisa menghasilkan minyak yang lebih banyak. Persiapkan pula 2 – 3 liter air untuk mengencerkan santan kelapa.

Persiapkan pula peralatan yang diperlukan, seperti golok untuk membelah kelapa serta parutan kelapa. Namun, Anda dapat membuatnya lebih mudah dan sederhana dengan langsung membeli kelapa di tempat yang juga menyediakan layanan kupas dan parut, sehingga Anda tidak perlu repot membelah, mengupas, dan memarut kelapa. Lebih hemat waktu dan tenaga.

Alat lainnya yang perlu dipersiapkan adalah sejumlah wadah (ember/baskom), saringan santan, set penggorengan, serta kompor untuk memanaskan santan nantinya.

Langkah Pembuatan Minyak Kelapa.

  1. Buah kelapa dikupas, dibuang batoknya, diambil daging buahnya saja. Lalu parut kelapa. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa menggunakan jasa parut kelapa yang biasanya tersedia di penjual kelapa.
  2. Setelah semua kelapa selesai diparut, campurkan dengan air, lalu aduk-aduk, agar dapat menghasilkan lebih banyak santan kelapa.
  3. Peras dan saring kelapa untuk memisahkan santan dan ampas kelapa.
  4. Tampung santan yang dihasilkan pada wadah (ember/baskom), tutup bagian atas wadah, lalu diamkan selama 10 – 12 jam dalam suhu ruang.
  5. Setelah 10 hingga 12 jam, akan terbentuk lapisan krim santan kelapa pada permukaan wadah, sementara pada lapisan di bawahnya terdapat air yang telah memisahkan diri dari krim santan. Secara perlahan ambil lapisan krim santan yang sudah terbentuk ini, dan tempatkan pada alat penggorengan (wajan/panci).
  6. Nyalakan kompor, lalu panaskan krim santan tadi menggunakan api sedang. Aduk-aduk secara terus menerus.
  7. Selama proses ini, secara perlahan minyak akan terbentuk hingga mencapai jumlah tertentu. Proses ini harus diselesaikan ketika warna ampas krim santan sudah berubah kecokelatan. Matikan api, lalu diamkan hingga suhu minyak mulai turun.
  8. Setelah suhu minyak sudah tidak lagi panas, saring minyak yang sudah dihasilkan untuk memisahkan minyak dengan ampasnya. Minyak kelapa yang sehat dan sangat berkhasiat sudah bisa digunakan. Simpanlah pada wadah tertutup.

Berbagai Khasiat dan Kegunaan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang sudah dihasilkan ini bisa Anda gunakan untuk menggoreng bahan makanan kesukaan Anda, mencampurnya dengan salad, dan sebagai bahan tambahan makanan. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk perawatan luar, seperti untuk merawat kesehatan kulit, rambut, ataupun kuku. Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai minyak obat untuk mengobati pembengkakan, misalnya akibat benturan, dan lain sebagainya. Di sejumlah daerah, berbagai minyak gosok untuk mengobati keseleo, hingga mengobati gatal akibat digigit serangga, biasanya dibuat menggunakan minyak kelapa sebagai bahan dasarnya.

Minyak kelapa mengandung vitamin E, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, rambut, kulit, hingga kuku. Selain itu, minyak kelapa juga tidak mengandung kolesterol, sehingga tentunya jauh lebih sehat daripada minyak sawit. Ssst… menggoreng makanan (ayam, ikan, maupun tempe) menggunakan minyak kelapa, akan memberikan rasa yang lebih nikmat, lho! Coba saja kalau tidak percaya!

 

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga Anda sudah bisa membuat sendiri minyak kelapa di rumah, dan siap mengganti penggunaan minyak sawit dengan minyak kelapa buatan sendiri. Baca pula artikel sebelumnya mengenai penggunaan minyak kelapa untuk membuat sabun pepaya. Selamat membaca, cantik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website