SHARE

Sejak awal berdirinya, situs BerbagiSolusi.com terus berupaya untuk membagikan tips-tips menggunakan bahan alami untuk perawatan tubuh, kulit, dan rambut. Begitu pun kali ini, BerbagiSolusi.com akan berbagi cara membuat minyak rambut atau pomade dari bahan alami yang aman dan berkhasiat untuk rambut dan kulit kepala. Bagi Anda yang suka bereksperimen dengan rambut Anda, atau bagi Anda yang suka menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut, tips membuat pomade ini pasti bermanfaat untuk Anda. Dibaca terus, ya!

membuat pomade alami untuk rambut pria dan wanita

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pomade Sendiri.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, BerbagiSolusi.com menyimpulkan ada 4 bahan alami yang bila dipadukan dengan cara yang tepat, dapat dijadikan minyak rambut yang tidak lengket, dan sangat cocok digunakan untuk menata rambut Anda. Tidak hanya itu, minyak rambut yang dibuat dengan bahan-bahan ini tentunya juga memberikan khasiat yang sangat positif untuk rambut Anda. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pomade ini, antara lain:

Beeswax. Beeswax biasanya juga disebut lilin madu, yaitu hasil olahan sarang lebah madu, yang sering dijadikan bahan tambahan untuk berbagai perawatan kulit dan rambut yang berbentuk krim. Bahan ini merupakan bahan alami, yang berpedan mengatur tingkat kepadatan pomade yang Anda buat.

Minyak kelapa atau VCO. Pada resep ini Anda dapat menggunakan minyak kelapa ataupun vco (virgin coconut oil). Keduanya sama-sama merupakan minyak yang diekstraksi dari santan kelapa. Seperti yang sudah dituliskan pada artikel sebelumnya, khasiat minyak kelapa dan vco untuk rambut antara lain adalah untuk membuat rambut lebih halus, dan meningkatkan kekuatan alami rambut. Selain itu, kandungan vitamin E pada minyak kelapa juga sangat baik untuk menjaga sel-sel pada tiap helai rambut menjadi lebih sehat.

Bentonite atau bentonite clay. Bentonite clay merupakan mineral alam yang banyak digunakan sebagai tambahan bahan pembuatan masker wajah dan berbagai produk perawatan kulit. Pilihlah bentonite clay yang berkualitas agar hasil pomade yang didapatkan juga berkualitas. Pada resep membuat pomade ini, bentonite berperan untuk menciptakan tekstur yang menarik pada rambut Anda.

Minyak esensial cendana. Bahan berikutnya adalah minyak esensial cendana (sandalwood). Bahan ini membantu memperbaiki kondisi kesehatan rambut, tanpa membuat rambut menjadi kering. Selain itu, aromanya juga menarik dan cocok baik untuk pria maupun wanita.

Takaran bahan Pembuatan Minyak Rambut Alami.

Berikut ini takaran bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat minyak rambut atau pomade sendiri di rumah:

  • 2 sendok makan krim/pasta beeswax.
  • 3 sendok makan minyak kelapa asli. Disarankan untuk menggunakan VCO. Pelajari cara membuatnya pada artikel Cara Membuat VCO atau Virgin Coconut Oil.
  • 2 sendok teh bentonite clay.
  • 10 tetes minyak esensial cendana.

Langkah Membuat Minyak Rambut Alami Buatan Sendiri.

Membuat pomade atau minyak rambut ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sangat mudah, yaitu:

  1. Lelehkan beeswax menggunakan panci kaca (Pyrex) yang diletakkan pada panci lainnya yang berisi air panas. Gunakan kompor dengan api kecil untuk memanaskan air ini.
  2. Setelah beeswax meleleh dengan sempurna, tambahkan VCO, dan aduk perlahan hingga meleleh dan tercampur rata dengan beeswax.
  3. Matikan api, lalu tambahkan bentonite clay pada campuran beeswax dan VCO. Aduk terus secara perlahan hingga suhu mulai dingin.
  4. Teteskan minyak esensial cendana pada campuran, aduk perlahan.
  5. Setelah campuran benar-benar dingin, tempatkan pada wadah bekas pomade atau wadah bekas krim, yang sudah tidak terpakai. Pastikan wadah yang digunakan memiliki penutup.

Minyak rambut atau pomade ini dapat digunakan setiap hari untuk membuat rambut lebih mudah diatur. Selain itu juga cocok digunakan baik untuk pria maupun wanita.

Variasi dan Tips Tambahan:

Pomade yang Anda buat ini bisa Anda lakukan sejumlah perubahan atau variasi. Beberapa variasi yang mungkin Anda buat pada pomade ini, antara lain:

  • Untuk membuat pomade buatan sendiri ini lebih keras, tambahkan setengah atau 1 sendok teh beeswax pada resep di atas.
  • Untuk membuat pomade ini lebih lentur dan lunak, kurangi takaran beeswax pada resep.
  • Anda juga dapat mengganti essential oil cendana dengan minyak esensial lainnya, sesuai dengan selera. Anda juga dapat bereksperimen dengan menggunakan parfum tertentu. Pilihlah jenis parfum yang aman untuk rambut dan kulit kepala.

Nah, demikianlah resep cara membuat minyak rambut atau pomade dari bahan alami. Selain sangat baik digunakan untuk mengatur rambut agar terlihat lebih menarik, juga dapat menyehatkan rambut. Selamat mencoba, dan semoga resep ini memberikan manfaat untuk Anda.

11 COMMENTS

  1. beli bentonite clay dimana ya?? kalau essential oil yang pengawi itu cari essential oil yang untuk aroma terapi atau yang mana? makasih :)

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.