Bila berencana akan bepergian ke luar negeri, maka yang  pertama kali harus Anda siapkan selain dana adalah paspor. Paspor merupakan semacam tanda pengenal yang digunakan untuk memasuki negara lain.  Bagi Anda yang mempunyai waktu untuk mengurus paspor sebaiknya sema diurus sendiri daripada harus menggunakan jasa calo. Kecuali bagi yang tidak punya waktu luang, boleh mempertimbangkan untuk menggunakan jasa calo.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus paspor? Sekarang semakin mudah karena sudah ada fasilitas untuk mendaftar online meskipun pendaftaran paspor online ini masih membutuhkan kedatangan kita ke kantor imigrasi untuk foto dan pembayaran, paling tidak kita bisa menghemat waktu. Apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan mendaftar secara online? Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi informasi bagaimana cara membuat paspor secara online. Simak yah!

CARA MEMBUAT PASPOR SECARA ONLINE.

Berkas yang Harus Disiapkan untuk Membuat Paspor.

Berkas yang harus disiapkan adalah:

  • KTP
  • Kartu Keluarga,
  • Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah.
  • Semua file di-scan dengan format jpg, image mode GrayScale
  • Ukuran file masing-masing maksimal 1,8 MB

Langkah-langkah Pembuatan Paspor Secara Online.

Langkah-Langkah Membuat Paspor Online:

1. Klik website resmi imigrasi Indonesia : http://imigrasi.go.id pastikan anda telah mengganti bahasa website dengan Bahasa Indonesia.
2. Klik Layanan Online.
3. Klik Layanan Paspor Online.
4. Anda akan dibawa ke halaman jendela baru.
5. Klik Pra Permohonan Personal.
6. Pada halaman tersebut anda akan diminta mengisi data-data (informasi pemohon), silakan diisi sesuai KTP.
7. Klik lanjut.
8. Anda akan dibawa ke halaman pengiriman dokumen. Silakan Browse dokumen yang sudah anda siapkan dan Upload.
9. Klik Lanjut.
10. Selanjutnya anda akan diminta mengisi lokasi KANIM (Kantor Imigrasi), silakan pilih Kota dan Waktu kedatangan anda ke kantor imigrasi.
11. Klik Lanjut.
12. Masukkan kode verifikasi yang sesuai.
13. Klik Ok.
14. Tunggulah hingga jadwal anda ke kantor Imigrasi.

Sebelum ke KANIM (Kantor Imigrasi)

1. Fotokopi KK, KTP, Akta kelahiran/ Surat Nikah.
2. Fotokopi di Kertas A4 (Tidak perlu di gunting)
3. Bawa dokumen asli sebagai bukti dan pegangan di kantor imigrasi.

Pengajuan Paspor di kantor Imigrasi

Setelah Anda mendaftar secara online kemudian Anda diharuskan datang ke kantor Imigrasi yang telah dipilih sewaktu mendaftar via online untuk melakukan foto dan verifikasi  data yang telah Anda submit.

  •  Beli Formulir, Map Hijau dan Materai 6000 yang ada di KANIM. Isilah yang benar sesuai KTP dan mengenai negara yang dituju dan tujuan bepergian.
  • Silakan antri loket 2 untuk penyerahan dokumen. (Bertanyalah pada sekuriti/ petugas imigrasi di mana tempat penyerahan dokumen paspor online bila kebingungan.)
  • Silakan antri lagi ke loket 5  untuk pengambilan nomor antrian ke Loket 4
  •  Setelah di Loket 4 siapkan dana sebesar Rp. 255.000 untuk pembayaran paspor untuk paspor 48 halaman. Paspor 24 halaman seharga Rp.50.000. Paspor ini dikhususkan untuk TKI.
  •  Setelah itu anda akan melakukan foto untuk paspor anda dan wawancara . Waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari lima belas menit (15 menit).
  • Selesai.

Setelah kurang lebih selama 4 hari Anda akan mendapatkan pesan singkat via handphone dari kantor Imigrasi bahwa paspor Anda sudah jadi dan tinggal diambil saja. Nah demikian langkah-langkah membuat paspor secara online. Cukup mudah bukan? Jadi yang berniat bepergian ke luar negeri dan belum mempunyai paspor, segeralah mengurusnya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website