SHARE

membuat sabun pepayaAda banyak cara untuk mendapatkan khasiat pepaya untuk kulit. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung, dan mendapatkan khasiatnya langsung dari dalam tubuh Anda. Anda dapat menjadikannya sebagai masker wajah, hingga dijadikan sabun. Sabun pepaya akhir-akhir ini mulai banyak digandrungi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejumlah khasiat pepaya yang sangat baik untuk kulit.

Pepaya mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh dan kulit, seperti Vitamin A, B, dan C, serta serat (fiber), lycopene, potassium, sejumlah antioksidan, serta kandungan bahan fitokimia. Semua bahan tersebut sangat baik untuk tubuh dan juga untuk perawatan kulit. Pepaya juga sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

Nah, setelah mengetahui kandungan dan khasiat pepaya, berikutnya kita akan membahas tuntas langkah-langkah cara membuat sabun pepaya, yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk produksi komersil (industri).

Tips: sebelum membaca mengenai cara membuat sabun pepaya kali ini, ada baiknya Anda juga membaca tutorial membuat sabun sebelumnya, yaitu membuat sabun dari susu dan oatmeal.

Cara membuat sabun pepaya.

Persiapan Bahan.

Bahan yang perlu disiapkan, antara lain

  • Lye (NaOH),
  • Minyak biji pepaya,
  • Minyak kelapa (coconut oil),
  • Minyak zaitun (olive oil),
  • Air murni (distilled water).

Untuk mengetahui takaran yang pas, Anda dapat menggunakan soap calculator atau kalkulator sabun, yaitu tool/alat bantuan untuk menghitung kadar atau takaran bahan yang digunakan untuk membuat sabun. Klik di sini untuk membuka soap calculator.

Peralatan pendukung.

  • Goggle (kaca mata pelindung),
  • Kaos tangan karet,
  • Sendok kayu/bambu untuk mengaduk bahan,
  • Wadah plastik (baskom/ember),
  • Wadah tahan panas (sekelas Pyrex),
  • Microwave,
  • Wadah sebagai cetakan sabun.

Langkah-langkah pembuatan

Peringatan: seperti halnya membuat sabun-sabun lainnya, bahan utama yang diperlukan adalah lye atau NaOH. Senyawa NaOH ini sangat berbahaya apabila tersentuh langsung di kulit ataupun mata, untuk itu harus menggunakan peralatan pelindung (kaca mata dan kaos tangan) selama mengolah bahan. Juga harus diperhatikan agar campuran tidak terkena bahan logam dan cat, karena dapat merusak lapisan bahan tersebut.

  1. Gunakan kalkulator sabun (soap calculator) untuk menentukan takaran bahan yang pas, sesuai dengan jumlah sabun yang ingin Anda buat.
  2. Setelah bahan disiapkan sesuai takaran yang telah didapatkan, Anda dapat mulai membuat campuran sabun.
  3. Tambahkan NaOH secara perlahan ke dalam air. Aduk pelan hingga campuran kedua bahan merata. Ketika mencampur air dan NaOH ini akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan suhu bahan menjadi lebih tinggi. Diamkan setelah bahan tercampur, hingga suhunya turun.
  4. Pada wadah yang lain, campurkan minyak zaitun dan minyak kelapa, aduk hingga kedua bahan tercampur, lalu tambahkan minyak biji pepaya. Anda juga dapat menambahkan minyak aroma pepaya untuk memperkuat aroma sabun. Campur perlahan hingga rata, lalu masukkan ke dalam microwave hingga campuran minyak lebih encer. Gunakan wadah tahan panas untuk melakukan langkah ini.
  5. Campurkan minyak yang sudah diencerkan dengan campuran sebelumnya (air dan NaOH), lalu aduk perlahan hingga bahan benar-benar tercampur secara merata.
  6. Tuang bahan yang sudah tercampur pada cetakan yang sudah disiapkan, lalu biarkan hingga dingin dan mengeras (sekitar 4 – 5 jam).
  7. Setelah sabun dingin dan mengeras, keluarkan dari cetakan lalu didiamkan lagi hingga sekitar 4 minggu agar level pH normal sabun bisa tercapai.
  8. Setelah 4 minggu, biasanya sabun sudah bisa digunakan. Anda juga dapat memberikan label dan memasukkan dalam kemasan.

Selamat mencoba resep membuat sabun pepaya ini. Semoga bermanfaat buat Anda, baik untuk penggunaan sebagai sabun pribadi, souvenir, maupun untuk industri sabun.

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.