SHARE

Setiap melihat telur asin , yang terbayang di benak kita adalah Brebes. Hal ini dikarenakan telur asin merupakan ikon kuliner khas dari Brebes. Makanan yang terbuat dari bahan telur bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya yang lezat, telur asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk menjadi makanan pendamping anak. Kandungan yang dimiliki oleh telur asin terbukti membantu menjaga perkembangan otak. Memakan telur juga sangat dianjurkan bagi orang-orang yang sedang menjalani proses pemulihan kesehatan dan sedang menjalani proses kehamilan. Nilai gizinya tidak diragukan lagi.

Telur merupakan salah satu sumber protein dan pembangun gizi bagi manusia. Telur mengandung berbagai vitamin serta mineral yang banyak dijumpai pada bagian kuningnya. Telur juga memiliki kandungan omega-3, yakni asam lemak jenuh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Omega 3 ini tak bisa diciptakan secara alamiah oleh tubuh kita. Di luar negeri telur dijadikan sebagai makanan cemilan sedangkan di Indonesia telur dijadikan sebagai lauk pauk sehari-hari. Telur merupakan salah satu sumber protein dan pembangun gizi bagi manusia. 

telur asin

Membuat telur asin tidak sesulit dengan yang Anda bayangkan. Caranya cukup mudah dan simpel, sehingga Anda juga dapat mencobanya sendiri. Membuat telur asin dengan bahan – bahan sederhana selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan biaya besar. Untuk itu berbagisolusi.com akan membagikan informasi tentang cara membuat telur asin yang praktis. Simak yah!

BAHAN – BAHAN MEMBUAT TELUR ASIN

  • 15 butir telur bebek yang bermutu baik
  • 2 kg  abu gosok
  • 2 kg garam dapur halus
  • Air bersih secukupnya

CARA SEDERHANA MEMBUAT TELUR ASIN

  1. Pilih telur yang bermutu baik / tidak retak atau busuk
  2. Bersihkan telur dengan mencuci atau dilap dengan air hangat kemudian dikeringkan
  3. Cara membuat telur asin yang bagus diamplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka
  4. Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam,dengan perbandingan sama (1:1).
  5. Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta
  6. Cara membuat telur asin dengan membungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata di sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1-2 mm
  7. Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 – 20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka
  8. Setelah selesai bersihkan telur dari adonan
Itulah beberapa cara sederhana membuat telur asin . Anda bisa mempraktekkan cara di atas untuk membuat telur asin yang enak dan siap untuk disantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here