SHARE

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus. Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.

cara membuat tempe

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degenerative (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain). Selain itu tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain.

Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Namun, karena adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe, maka protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur.

Cara Membuat Tempe

TEMPE

Alat dan Bahan

  1. Kedelai.
  2. Panci
  3. Ragi tempe.
  4. Air
  5. Kompor.
  6. Korek api.
  7. Nampan.

Cara Membuat

  1. Siapkan alat serta bahan terlebih dahulu.
  2. Rendam kedelai kurang lebih 1 jam dengan air jernih.
  3. Setelah itu, rebus kedelai yang sudah di rendam, perlu diingat bahwa cukup rebus setengah matang dan air rebusannya jangan dibuang karena nantinya akan dipakai untuk rendaman ke 2.
  4. Setelah direbus, pisahkan kedelai dengan kulitnya hingga bersih.
  5. Kemudian rendam kedelai yang sudah bersih ke dalam air bekas rebusan kedelai tadi dan tunggu 1 malam.
  6. Habis 1 malam, rebus kembali kedelai tersebut hingga matang kemudian tiriskan dan keringkan.
  7. Jika sudah kering betul, campur kedelai dengan ragi tempe (dalam praktek yang kami lakukan dengan 1 kg kedelai, menggunakan seperempat sendok teh)
  8. Kemudian aduk kurang lebih 20 menit hingga merata.
  9. Setelah itu, bungkus tempe dengan kertas plastik

Karena harga tempe sekarang sedang melonjak di pasaran, tidak ada salahnya kan Anda membuat tempe sendiri. Selama mencoba ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.