SHARE

Wajah cerah idaman sangat didamkan oleh setiap orang. Meski banyak produk kosmetik yang menawarkan cara membuat wajah menjadi glowing dan cerah, namun Anda juga dapat memilih cara alami sebagai alternatif untuk mencerahkan wajah Anda.

Pada artikel di topik kecantikan kali ini, BerbagiSolusi.com akan mengulas beberapa cara alami untuk membuat kulit wajah glowing, cerah, dan sehat. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Ciri-ciri Kulit Wajah yang Sehat dan Terlihat Cerah Alami.

Ada beberapa ciri-ciri wajah sehat dan terlihat cerah alami, antara lain adalah sebagai berikut

  • Lembab normal.
    Kulit yang sehat terawat serta terlihat cerah, biasanya kelembaban normal. Kekurangan cairan dan kelembaban, akan membuat kulit menjadi kering, sehingga terlihat pucat dan kasar. Kulit yang kering juga membuat aura wajah juga menjadi kurang sedap dipandang.
  • Tone/warna kulit rata.
    Ciri lainnya dari kulit yang cerah, glowing, dan sehat terawat adalah warna kulit yang rata, dan bebas belang. Belang-belang di kulit sering terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati atau kotoran, yang sulit dibersihkan. Hal ini menyebabkan sinar matahari yang diterima oleh kulit jadi kurang merata, sehingga terjadi perbedaan tone kulit pada area-area tertentu.
  • Kulit kencang dan bebas kerutan.
    Kulit kencang, bebas garis halus dan kerutan juga salah satu tanda kulit yang sehat. Hal ini juga menjadi ciri dari wajah yang terlihat lebih glowing dan cerah. Kulit yang kencang berarti sel kulit masih bekerja secara normal, kebutuhan kolagen tercukupi, dan regenerasi sel kulit masih rutin berlangsung. Tingkat kesehatan sel kulit seperti ini biasanya akan mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk mencegahnya, baca artikel sebelumnya: Cara Tetap Cantik di Usia 40-an.
  • Permukaan kulit terasa lembut saat disentuh.
    Ciri berikutnya dari kulit wajah sehat dan terlihat cerah, adalah permukaan kulit yang lembut saat disentuh. Untuk mendapatkan ciri kulit seperti ini, kadar minyak harus dikurangi sampai pada batas normal sehingga tidak lengket. Kulit juga tidak boleh terlalu kering, karena akan menyebabkan kulit terasa kasar.

Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang cerah dan sehat alami, maka ciri-ciri di atas harus bisa dicapai oleh kulit Anda. Berikut ini beberapa cara agar kulit menjadi sehat dan cerah terawat.

tips wajah glowing dan cerah alami

Cara Alami Membuat Wajah Glowing, Cerah Berkilau Secara Cepat.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan wajah cerah alami.

Menggunakan Masker Telur.

Langkah pertama adalah dengan rutin memanfaatkan telur sebagai bahan perawatan kulit wajah Anda. Telur memiliki protein, asam amino, sejumlah vitamin dan mineral, yang memiliki khasiat tertentu untuk kulit. Putih telur berkhasiat untuk membuat kulit kencang dan cerah alami, sementara kuning telur bermanfaat untuk membuat kulit menjadi terasa lembab dan halus.

Masker telur biasanya digunakan secara terpisah bergantian, antara masker putih telur dan masker kuning telur. Untuk membuatnya, Anda bisa membaca tulisan sebelumnya:

Menggunakan Masker Bengkoang + Susu.

Cara alami berikutnya agar kulit wajah menjadi cerah, glowing, dan sehat, adalah dengan menggunakan masker bengkoang dan susu. Masker bengkoang dan susu ini merupakan paduan yang berkhasiat untuk kulit wajah. Bengkoang mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit, sementara susu membuat kulit menjadi halus dan lembab.

Anda dapat mencoba membuat masker bengkoang sendiri dengan mengikuti resep pada beberapa artikel Cara Membuat Masker Bengkoang sebelumnya, atau dapat pula menggunakan produk masker bengkoang racikan tim kami: Masker Sari Bengkoang Organik.

Menggunakan Jeruk Nipis.

Jeruk nipis mengandung citric acid, senyawa vitamin C yang berperan meningkatkan tone wajah menjadi lebih cerah. Citric acid ini juga dapat membantu membuat tone wajah menjadi lebih rata dan mengatasi belang-belang di wajah.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah juga sangat mudah: belah buah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Gunakan sisi jeruk yang terpotong untuk mengusap wajah Anda. Cara ini juga membantu mengikis kotoran dan sel kulit mati yang sulit dibersihkan.

Tips: penggunaan jeruk nipis sebaiknya pada malam hari saja, agar terhindar dari sinar matahari. Sisa jeruk nipis di wajah, apabila terkena sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Perawatan dengan Minyak Zaitun di Malam Hari.

Perawatan selanjutnya untuk membuat kulit menjadi cerah dan sehat adalah dengan menjaga kelembaban kulit dan memberikan nutiri yang cukup untuk kulit, yaitu vitamin E. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan 2 hal tersebut adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun berperan untuk mengunci kelembaban kulit. Selain itu, juga mengandung vitamin E yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Vitamin E membantu menjaga fungsi sel kulit, menghindarkannya dari kerusakan akibat radikal bebas, dan lain-lain. Fungsi sel kulit yang baik akan sangat membantu dalam regenerasi sel kulit mati.

Menggunakan minyak zaitun untuk kulit juga sangat mudah dilakukan. Pada malam hari, usapkan minyak zaitun secara tipis dan merata di wajah Anda. Lakukan menjelang tidur, dan biarkan kulit menyerap nutrisi minyak zaitun selagi Anda tertidur. Cara ini dapat Anda lakukan setiap hari.

Nah, demikianlah beberapa tips mencerahkan wajah secara alami, dan membuatnya terlihat lebih glowing. Kuncinya: sehatkan kulit wajah Anda. Lakukan tips-tips di atas secara rutin sebagai perawatan harian untuk kuit wajah Anda. Jadikan kebiasaan, maka hasilnya akan didapatkan secara efektif. Selamat mencoba!

2 COMMENTS

  1. saya memiliki alergi pada kulit, untuk itu sebiknya saya menggunakan cara yang mana agar alergi saya tidak muncul namun tetap dapat membuat wajah glowing alami.
    terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here