bengkoangSetiap wanita selalu menginginkan mempunyai penampilan yang menarik. Kulit adalah dambaan banyak wanita karena mempunyai kulit putih lebih tampak menarik. Namun tidak semua orang mempunyai kulit yang putih sehingga banyak wanita menerapkan banyak cara untuk mendapatkan kulit putih. Banyak cara untuk mendapatkan kulit putih, mulai dari perawatan, penggunaan pemutih kulit yang sarat dengan bahan kimia, dengan bahan alami, bahkan pengelupasan kulit secara berlebihan. Dari berbagai cara memutihkan kulit tersebut, memutihkan kulit dengan bahan alami adalah pilihan yang lebih aman.

Bengkoang Untuk Memutihkan Wajah 

Salah satu bahan alami yang terkenal dapat memutihkan wajah adalah dengan bengkoang. Seperti yang kita ketahui, bengkoang adalah umbi yang mempunyai rasa manis dan segar karena mengandung banyak air. Bengkoang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu bahan rujak atau asinan.

Bengkoang adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Fabaceae atau dapat disebut polong-polongan. Bengkoang tumbuh di daerah tropis. Bengkoang dapat tumbuh mencapai 4 hingga 5 meter. Akarnya dapat tumbuh sangat panjang hingga 2 meter. Akar tumbuhan ini membentuk umbi yang mana dikenal sebagai bengkoang.

Selain sebagai bahan makanan bengkoang juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Mengapa bengkoang dapat memutihkan wajah? Bengkoang yang bernama latin Pachyrizus erosus ini mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kecantikan, yaitu vitamin B1, vitamin C, rotenon, pachyrizon. Selain itu bengkoang juga dapat digunakan sebagai pelembab dan penyegar wajah.

kulit putih karena bengkoangKita dapat menemukan produk-produk kosmetik, bahkan merek-merek terkemuka seperti Masker Sari Bengkoang (klik di sini) dan Lulur Pemutih Organik Sari Beras dan Bengkoang (klik di sini). Produk-produk ini mengandung ekstrak bengkoang sabagai bahan utamanya, yang berguna untuk memutihkan wajah. Bengkoang terbukti efektif untuk membantu memutihkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam. Meski banyak kosmetik pemutih yang mengandung ekstrak bengkoang, menggunakan bahan yang alami jauh lebih aman bagi kesehatan kulit. Kekurangan menggunakan bahan alami adalah hasilnya terlihat lebih lama dibanding dengan kosmetik berbahan kimia, namun bila digunakan secara rutin, hasilnya pasti memuaskan dan kulit menjadi sehat karena tidak banyak terpapar bahan kimia.

Cara Membuat Masker Wajah Bengkoang

Penggunaan bengkoang sebagai bahan kosmetik alami tidak terlalu sulit. Dan biayanyapun juga murah. Kita dapat membuat masker dari bengkoang untuk diaplikasikan ke kulit wajah. Anda butuh ketelatenan untuk membuat masker dan menggunakannya. Pemakaian masker bengkoang secara teratur dapat memutihkan dan menyegarkan wajah.

Berikut cara membuat masker bengkoang:

  1. Ambil bengkoang secukupnya, kemudian cuci hingga tanah yang menempel di bengkoang hilang, lalu kupas bengkoang.
  2. Parutlah bengkoang tersebut, kemudian peras hasil perutan tersebut hingga mendapat air sari bengkoang.
  3. Diamkan air sari bengkoang tersebut beberapa saat hingga membentuk endapan di dasar wadah. Lebih baik Anda menggunakan wadah yang bening agar dapat terlihat saat endapan terbentuk.
  4. Kemudian buang air endapan tersebut perlahan-lahan hingga tinggal endapan ekstrak bengkoangnya saja. Endapan tersebut yang akan digunakan sebagai masker wajah Anda.

Cara Menggunakan Masker Bengkoang:

Setelah Anda sudah membuat masker bengkoang Anda, segera aplikasikan masker ke wajah. Sebelum memakai masker, cucilah wajah Anda sampai bersih. Anda dapat mencuci wajah Anda dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Setelah dicuci, keringkan wajah dan oleskan masker bengkoang ke wajah dengan kuas masker. Setelah masker diratakan ke wajah, biarkan masker mengering. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat sampai bersih, dan basuh wajah Anda dengan air dingin agar pori-pori wajah menutup kembali.

Selain untuk memutihkan wajah, Anda dapat memakai bengkong sebagai lulur tubuh agar warna kulit lebih cerah. Selain menggunakan air, Anda dapat menggunakan air mawar untuk hasil yang lebih baik. Selamat mencoba.

One thought on “Cara Membuat Wajah Putih Berseri Dengan Bengkoang

  1. Blogger Kendal says:

    Bengkoang selain enak terkenalnya ya bisa memutihkan :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website