SHARE

tips memilih foundation

Berbagisolusi.com – Dalam tata rias, peran foundation sangat penting. Foundation berfungsi untuk mengoreksi kondisi wajah yang kurang sempurna, seperti menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat yang ada di wajah anda. Memilih dan menggunakan foundation memang cukup sulit, tetapi untuk mendapatkan riasan yang sempurna, sangat penting bagi anda meluangkan waktu untuk belajar bagaimana melakukannya dengan benar.

Warna foundation yang tepat untuk wajah adalah dapat menyatu dengan warna kulit wajah anda dengan sempurna , pastikan itu warna yang sangat pas dan cocok untuk kulit wajah anda. Sehingga hasil akhir riasan akan tampak sempurna dan menawan. Pemilihan warna foundation yang tepat berguna untuk memunculkan kecantikan wajah serta memudarkan masalah pada kulit dan juga berfungaj untuk meratakan warna kulit wajah dalam satu lapis.

Tips Memilih Foundation yang Tepat untuk Make up.

Berikut beberapa tips dalam memilih foundation yang tepat dan benar, antara lain :

Melakukan test pada kulit

Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dan biarkan wajah tanpa make up sama sekali , kemudian pilih warna foundation yang senada dengan warna kulit anda. Ada beberapa cara untuk mencoba warna foundation seperti, mengoleskan di tangan atau dengan cara mengoleskannya pada lengan. Tapi cara yang paling tepat memilih foundation adalah mencobanya langsung pada wajah anda. Ini lebih baik dibandingkan dengan mencobanya pada kulit bagian tubuh yang lain.

Memilih formulasi krim

Pilih foundation yang berbentuk krim, karena foundation berbentuk cair lebih sulit berbaur dan menyatu di kulit anda. Jika memiliki kulit yang kering, gunakan pelembab sebelum anda memakai foundation. Untuk kulit berminyak, oleskan foundation saat Anda benar-benar membutuhkannya. Gunakan spons yang basah saat mengaplikasikannya agar terlihat lebih alami.

Memilih warna yang mendekati warna kulit

Warna kuning adalah warna alas bedak yang paling cocok untuk kulit orang Asia , karena warna dasar pigmen kulit orang Asia adalah kuning . Tetapi sangat disarankan untuk anda memilih warna alas bedak yang paling mendekati warna asli kulit wajah anda. Pilih alas bedak yang satu tingkat lebih gelap dari warna kulit untuk menutupi noda di wajah anda.

Mendiamkan foundation di wajah selama beberapa jam

Ada beberapa jenis foundation yang begitu diaplikasikan di wajah warnanya terlihat sudah cocok dengan kulit, tapi setelah beberapa menit menjadi lebih gelap atau atau lebih terang.  Itulah mengapa lebih baik untuk mengaplikasikan langsung foundation di seluruh wajah terlebih dahulu, kemudian setelah anda pergi beberapa jam diluar periksa kembali warna foundation anda. Apabila warnanya sama, anda sudah tidak perlu bingung memilih foundation, tetapi jika menjadi sedikit lebih gelap, pilih warna yang satu shade lebih terang dari warna yang anda pilih sebelumnya.

Mengetahui warna dasar kulit

Untuk memudahkan dalam pemilihan warna foundation, penting untuk anda mengetahui dulu warna dasar kulit.  Warna dasar umumnya dibedakan menjadi 3 macam: cool, warm, dan neutral.  Bagi pemilik warna dasar cool, kulit biasanya mudah menjadi merah merona saat terkena sinar matahari.  Untuk warna dasar kulit yang tergolong warm, kulit menjadi terlihat  sedikit lebih gelap bila terkena sinar matahari.

Itulah beberapa tips untuk memilih warna foundation yang tepat untuk kulit wajah anda. Lakukan dengan benar dan tepat untuk mendapatkan hasil riasan yang optimal dan sempurna. Jangan menggunakan foundation yang berlebih untuk menghindari efek topeng pada wajah anda .

Semoga beberapa tips di atas berguna untuk anda dalam memilih foundation. Baca pula artikel lainnya pada kategori Tips Make Up.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here