Menggunakan masker wajah merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk merawat kulit wajah. Tentunya wanita ingin selalu tampil cantik dan segar. Kapanpun dan di manapun, wajahlah yang pertama kali menjadi perhatian orang. Dengan menggunakan masker, wanita akan tampil lebih percaya diri karena kesegaran yang diberikan.

Masker wajah memiliki manfaat di antaranya adalah menyegarkan, memperbaiki dan mengencangkan kulit, memperlancar peredaran darah di wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, dan memberi asupan nutrisi pada kulit secara langsung. Akan tetapi, pemakaian masker yang tidak tepat dapat berakibat buruk pada kulit. Maka, perhatikanlah tips memilih masker wajah yang benar sehingga manfaat masker sungguh-sungguh dapat dirasakan.

Memilih Masker Berdasarkan Jenis Kulit

masker untuk berbagai jenis kulitTips memilih masker wajah yang benar diawali dengan mengenali tipe kulit terlebih dahulu, lalu kemudian dilanjutkan dengan pemilihan kandungan masker yang tepat. Berikut akan dijelaskan jenis kulit wajah sebagai awal tips memilih masker wajah yang benar. Pada dasarnya jenis kulit dapat dibagi menjadi empat, yaitu kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kering, dan kulit normal. Namun, tips memilih masker wajah yang benar masih harus dilanjutkan dengan jenis masker yang tepat digunakan untuk tiap jenis kulit.

Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Pertama adalah kulit berminyak. Kulit berminyak sering dijumpai pada wanita yang tinggal di daerah tropis (faktor daerah dan cuaca) atau yang berada pada usia remaja (faktor hormonal). Minyak pada kulit berfungsi untuk menjaga kelembaban lapisan kulit, tetapi jika berlebihan dapat menjadi lahan subur bagi bakteri. Kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak berlebih pada daerah sekitar dahi, hidung, dan dagu serta wajah yang kelihatan terlalu mengilap.

Tips memilih masker wajah yang benar untuk jenis kulit seperti ini adalah masker untuk mengurangi produksi minyak. Pilihlah masker yang dapat mengangkat minyak berlebih beserta sel-sel kulit mati. Masker yang dijual di pasaran yang dapat dipakai biasanya merujuk untuk ‘deep cleansing’ atau ‘clarifying’. Selain itu dapat pula membuat masker alami dengan menggunakan stroberi. Masker alami yang bisa digunakan, sebaiknya pilih yang mengandung bahan beras karena pati beras dapat menyerap kelebihan minyak di wajah.

Masker yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Kedua adalah kulit berjerawat. Biasanya jerawat akan sering muncul pada kulit berminyak karena minyak pada kulit menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Jerawat ini juga akan menimbulkan iritasi kulit. Karenanya, tips memilih masker wajah yang benar untuk jenis kulit ini adalah masker khusus yang dapat merawat kulit berminyak serta mengandung obat jerawat. Masker seperti ini biasanya mengandung asam salisilat atau benzoil peroxide. Jauhi masker yang bersifat gel karena akan memperparah iritasi kulit. Biasanya akan tertera ‘purifying’ atau ‘exfoliating’ pada kemasan.

Apabila memilih menggunakan masker alami untuk kulit berjerawat, dapat menggunakan menggunakan daun sirih, minyak zaitun, beras, dan sari bengkoang. Daun sirih berperan sebagai anti mikroba atau anti septik untuk mengurangi infeksi jerawat, minyak zaitun berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, beras untuk mengurangi kelebihan minyak, dan bengkoang untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada kulit.

Masker yang Cocok untuk Tipe Kulit Kering

Ketiga adalah kulit kering. Berkebalikan dengan kulit berminyak, kulit kering justru kekurangan pelembab alami wajah. Cirinya adalah wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya, kondisi kulit kasar dan sering muncul garis-garis halus atau keriput tipis. Biasanya kondisi ini terjadi karena usia tua, penggunaan kosmetik berkadar alkohol tinggi, sering terpapar sinar matahari, atau sering berada di ruangan ber-AC. Tips memilih masker wajah yang benar adalah menggunakan masker yang mengandung bahan-bahan alami untuk menambah nutrisi pada kulit. Biasanya kemasan akan mengandung kata ‘moisturizing’, ‘hydrating’, ‘replenishing’, atau ‘nourishing’.

Apabila tertarik untuk menggunakan masker wajah alami untuk tipe kulit kering, gunakanlah susu, alpukat, atau bengkuang. Bahan-bahan alami tersebut dapat mendinginkan kulit serta menjaga kulit tetap lembab secara alami.

Masker yang Cocok untuk Kulit Normal

Sedangkan untuk kulit normal, gunakanlah masker yang mengandung bahan-bahan alami karena fungsi masker berubah hanya untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kulit normal tak memiliki banyak masalah kulit sehingga tak diperlukan perawatan khusus, dan biasanya akan lebih mudah beradaptasi untuk berbagai jenis kulit.

 

Demikianlah beberapa tips dalam memilih masker wajah yang cocok untuk berbagai jenis kulit. Anda juga dapat memilih masker wajah yang bersifat netral, yaitu masker yang dapat diterima oleh berbagai jenis kulit karena bahannya yang alami dan lembut. Salah satunya adalah Masker Organik Sari Bengkoang. Klik di sini untuk informasi selengkapnya mengenai masker ini.

Selamat kembali beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website