Banyak sekali orang yang merasa putus asa mengharapkan gigi menjadi lebih putih. Berbagai metode sudah dilakukan, pasta gigi yang konon dapat memutihkan gigi sudah dicoba, namun belum memberikan hasil. Anda dapat memilih pemutih gigi yang dapat membuat gigi lebih putih dalam waktu singkat, namun harganya tentu tidak murah.

Bagi Anda yang memiliki masalah gigi kuning, atau ingin memutihkan gigi secara cepat dan dengan biaya lebih murah, BerbagiSolusi.com akan memberikan solusi memutihkan gigi yang murah dan cepat, dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah, yaitu menggunakan karbon aktif (Norit) yang bisa Anda dapatkan di berbagai minimarket, atau toko obat dan apotek di sekitar tempat tinggal Anda. Disimak, ya cara memutihkan gigi secara cepat dengan activated carbon berikut ini:

Memutihkan gigi dengan norit

Penyebab Warna Gigi Menjadi Kuning

Warna kekuningan di gigi bisa disebabkan berbagai macam hal, antara lain:

  • Rutin mengkonsumsi kopi atau teh.
    Bagi penikmat kopi atau teh, biasanya warna gigi menjadi kurang putih jika dibandingkan orang yang bukan penikat kopi/teh. Hal ini disebabkan karena teh dan kopi memiliki zat berwarna yang dapat diserap oleh kalsium pada gigi, sehingga membuat warna gigi menjadi keruh dan kekuningan.
  • Kurang rajin menggosok gigi.
    Kotoran dan plaque, yang jarang dibersihkan dapat menempel di gigi dan bisa mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Selain membuat warna gigi menjadi kekuningan, lapisan plaque dan kotoran ini dapat menjadi karang gigi, yang menjadi tempat bersarangnya kuman, membuat gigi lebih rapuh, dan sumber terjadinya sakit gigi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Karbon Aktif

Untuk membuat gigi lebih putih, cara yang utama adalah dengan rutin menggosok gigi secara benar menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang biasa Anda pakai. Namun, apabila pasta gigi yang Anda pakai kurang efektif dalam membuat gigi lebih putih, mungkin Anda bisa mulai menyelingi dengan menggunakan karbon aktif atau activated carbon, yang juga sering disebut dengan activated charcoal.

Karbon aktif (activated charcoal) merupakan zat yang berbentuk partikel-partikel dengan struktur pori yang sangat kecil, sehingga mampu menyerap berbagai zat organik dan kimia dari sekitarnya untuk masuk ke dalam setiap pori-pori pada partikelnya. Karbon aktif ini terbuat melalui proses pembakaran material yang dapat menjadi arang, seperti kayu, tempurung kelapa, hingga minyak bumi.

Salah satu produk yang merupakan karbon aktif yang banyak dijual di pasaran adalah Norit. Norit merupakan karbon aktif yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan di lambung, perut, dan usus besar (gangguan pencernaan). Cara kerja produk ini adalah dengan menyerap berbagai zat kimia, racun, zat organik, yang terdapat di lambung dan usus besar, lalu mengeluarkannya bersama kotoran.

Nah, ternyata Norit ini, yang terbuat dari karbon aktif dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Berikut ini langkah-langkah memutihkan gigi menggunakan karbon aktif:

  1. Siapkan 3 – 5 butir Norit Activated Carbon.
  2. Campurkan dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Campurkan sambil menekan butiran Norit menggunakan sendok, hingga Norit hancur dan tercampur dengan minyak kelapa.
  3. Siapkan sikat gigi Anda. Gunakan campuran Norit dan minyak kelapa sebagai pengganti pasta gigi, lalu sikatlah gigi Anda seperti biasa. Disarankan untuk menggosok gigi 2 – 3 menit.
  4. Berkumurlah hingga bersih. Lakukan secara rutin 1x setiap hari, hingga terlihat perubahan. Biasanya gigi mulai terlihat lebih putih sejak pemakaian pertama.
  5. Apabila nafas kurang segar setelah menggosok gigi dengan karbon aktif ini, gosok ulang gigi Anda dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan.

Apakah Karbon Aktif Aman untuk Gigi?

Ya, penggunaan karbon aktif relatif aman untuk gigi, gusi, mulut, dan kesehatan secara umum. Namun perlu dipertimbangkan pula tips berikut:

  • Pilihlah karbon aktif yang food grade atau terbuat dari bahan organic. Pada artikel ini, digunakan Norit yang dapat dikonsumsi, sehingga relatif aman.
  • Jangan menggosok gigi terlalu keras.
  • Apabila terjadi iritasi, hentikan penggunaan.

Selamat mencoba. Semoga tips memutihkan gigi menggunakan karbon aktif ini bermanfaat, dan memberikan hasil nyata bagi Anda untuk mendapatkan gigi putih cemerlang.

3 thoughts on “Cara Memutihkan Gigi dengan Norit (Karbon Aktif)

  1. aini says:

    hmm,, nice infonya……semangat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website