SHARE

Mimisan adalah kondisi keluarnya darah dari hidung. Mimisan terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di sekitar hidung, yang bisa terjadi akibat benturan, luka, panas, iritasi pada mukosa hidung, hingga karena patahnya tulang hidung. Pada artikel kali ini akan diberikan solusi cara menangani mimisan yang benar.

pertolongan pada mimisan

Pertolongan Pertama dan Penanganan Mimisan.

Berikut ini adalah langkah-langkah penanganan pada kasus mimisan:

  1. Mintalah pasien atau korban, untuk duduk dengan posisi badan lebih condong ke depan. Pastikan pula agar mulut pasien tetap terbuka agar darah tidak menutup saluran napas.
  2. Selama penanganan, pasien hanya diperbolehkan bernapas melalui mulut.
  3. Pencet, atau tutup hidung pasien dengan cara menjepitnya selama 15 menit. Jepit dan tekan ke arah dalam hingga menekan bagian bawah tulang hidung. Lepaskan secara perlahan.
  4. Apabila pendarahan tidak berhenti, lakukan langkah di atas selama 5 menit.
  5. Gunakan kain basah atau es yang terbungkus kain, sebagai kompres pada area sekitar hidung. Kondisi dingin dapat mempersempit pembuluh darah dan menghambat pendarahan.
  6. Pada kasus tertentu, pendarahan sangat sulit dihentikan, antara lain karena pembuluh darah yang pecah terlalu banyak (luka lebar), atau karena adanya indikasi patah tulang hidung. Apabila terjadi kondisi seperti ini, segera bawa ke bagian penanganan darurat.

 

penanganan mimisan

Kasus mimisan atau pendarahan hidung ini bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Kasus mimisan yang terjadi pada bayi dan anak-anak biasanya tidak berbahaya, namun sering kali berbahaya apabila terjadi pada orang dewasa. Meski demikian, harus diketahui penyebabnya sehingga penanganan yang diambil bisa lebih tepat.

Menangani Mimisan dengan Menggunakan Daun Sirih.

Di Indonesia, sering kali mimisan ditangani dengan gulungan daun sirih yang dimasukkan di hidung. Cara ini bisa benar, tapi juga bisa salah.

Mimisan yang ditangani menggunakan daun sirih bisa benar apabila daun sirih dipastikan sudah dalam kondisi bersih sebelum dimasukkan ke dalam hidung. Gulungan daun sirih akan menekan hidung, dan pembuluh darah akan tertutup akibat tekanan dari daun sirih ini. Selain itu, daun sirih juga bersifat antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi dan gangguan lanjutan akibat bakteri dan mikroorganisme.

 

Semoga solusi yang ditawarkan pada artikel ini bisa bermanfaat buat Anda. Selamat melanjutkan aktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here