Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung adalah salah satu pembunuh nomer satu di dunia ini, dan Indonesia termasuk salah satu negara yang paling tinggi penderita dari penyakit ini. Kali ini situs berbagiSolusi.Com akan berbagi informasi tentang tips-tips dan cara pencegahan dari penyakit jantung utamanya untuk perempuan.

Dalam berbagai jenis penyakit jantung, jantung koroner adalah jenis yang paling populer. Gejala dari penyakit jantung koroner biasanya ditandai dengan nyeri dada. Namun, jantung koroner yang masuk kategori berstadium ringan tidak menimbulkan gejala. Gejala itu baru akan muncul bila penyumbatan telah mencapai 50 persen. Gejala yang ditimbulkan berupa sesak nafas, kelelahan luar biasa, keringat dingin, nyeri dan panas di dada, gangguan pencernaan dan sakit bila disentuh bagian punggung.

sakit jantung

Jantung koroner mudah dideteksi. Ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi jantung koroner, antara lain elektrokardiografi (ECG), treadmill, echokardiografi dan arteriografi koroner. Dengan ECG dapat diketahui kemungkinan adanya kelainan pada jantung dengan ketepatan 40 persen. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut bisa dilanjutkan diagnostik yang memiliki ketepatan 99-100 persen. Setelah diketahui letak dan besar sumbatan, pengobatan bisa segera dilakukan.

Nah…berikut beberapa tips pencegahan pada penyakit jantung. Simak yah!

Cara Mencegah Penyakit Jantung.

Pertahankan berat badan ideal. Usahakan berat badan ideal. Berat badan berlebihan sering menimbulkan masalah kesehatan, misalnya hipertensi dan kadar kolestrol darah tinggi. Kedua hal itu dapat sangat berisiko  memicu munculnya penyakit jantung koroner. Pemilik berat badan ideal kemungkinan untuk terkena  serangan jantung 35 persen lebih kecil daripada mereka yang kegemukan. Segeralah diet, bila mengalami kelebihan berat badan. Dan diet dibarengi olahraga adalah paling ideal untuk menurunkan berat badan secara maksimal.

Kendalikan Hipertensi.

Hipertensi harus selalu terkendali. Disebut hipertensi bila tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan di atas 90mmHg. Untuk menurunkan hipertensi, kurangi berat badan dan kurangi mengkomsumsi garam. Hindari minum alkohol juga salah satu untuk menurunkan hipertensi. Hindari pula mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol. Selain itu, penggunaan obat hipertensi atas sepengetahuan dokter sangat membantu menurunkan hipertensi. Penderita hipertensi perlu rajin periksa ke dokter agar selalu terkontrol.

Hindari Rokok.

Ketika seseorang merokok, ia menghisap racun dalam rokok. Racun ini masuk dalam rokok. Racun ini masuk ke dalam aliran darah dan merusak dinding dalam pembuluh darah arteri. Perokok mempunyai resiko dua kali lipat untuk mengalami serangan penyakit jantung koroner. Karena itu berhentilah merokok.

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak.

Karena makanan berlemak menyebabkan kadar kolesterol darah meninggi. Keberadaan kolesterol yang tinggi dalam darah memudahkan terjadinya penyumbatan dan menyebabkan serangan jantung. Karena itu, untuk mencegah penyakit jantung, hindari makanan berlemak. Seperti goreng-gorengan, susu tinggi lemak, seafood.

Olahraga Secara Teratur.

Lakukan olahraga teratur. Kurang olahraga memudahkan terjadinya serangan jantung koroner. Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur membantu melindungi tubuh dari serangan jantung koroner. Lakukan latihan-latihan olahraga, misalnya aerobik, paling sedikit 30 menit setiap kali latihan selama 5 kali seminggu. Latihan-latihan olahraga tidak perlu yang terlalu keras. Jalan kaki, bersepeda, jogging dampat mmepunyai dampak positif, asal dilakukan secara teratur minimal 30 menit setiap kali latihan. Hindari olahraga berlebihan yang menyebabkan beban jantung bertambah.

Itulah beberapa tips untuk pencegahan jantung koroner. Semoga artikelnya bermanfaat yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website