SHARE

Karang gigi adalah salah satu problem yang kerap kita hadapi. Karang gigi  timbul dikarenakan sisa makanan yang terlalu lama tertinggal di sela-sela gigi. Karang gigi banyak memberikan efek kurang baik, selain meyebabkan gigi nampak jelek juga memberikan efek gusi berdarah serta memberikan bau tidak sedap pada mulut.  Cara menangani karang gigi harus melalui perawatan oleh Dokter Gigi, karena tidak bisa dilakukan sendiri secara sembarangan oleh pasien. Pembersihan karang gigi harus mengikuti anatomi giginya, gerakan alat untuk membersihkan karang gigi pun tidak sembarangan. Jika dilakukan tidak sesuai prosedur akan melukai gusi dan membuat email gigi menjadi tipis.

karang gigi

Banyak orang awam berpendapat bahwa karang gigi dapat dihilangkan sendiri oleh pasien melalui penggunaan cengkeh, biji asam kawak, dan sebagainya. Semua cara ini kurang tepat, karena bahan tersebut bukan menghilangkan karang gigi, namun hanya bersifat sebagai antiseptik dalam rongga mulut. Jadi jika Anda mempunyai masalah dengan karang gigi, segeralah ke dokter gigi untuk membersihkannya. Berikut kami sajikan beberapa cara untuk mencegah terbentuknya karang gigi. Simak yah!

CARA MENCEGAH TERBENTUKNYA KARANG GIGI

  1. Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Bagian gusi juga mesti kita bersihkan. Gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.
  2. Menggunakan dental floss (benang gigi) untuk pembersihan mekanis tambahan bagi gigi-gigi yang berjejal, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.
  3. Menggunakan obat kumur sebagai agen antibakteri bagi rongga mulut
  4. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C misalnya buah kiwi dan stroberi untuk menjaga kesehatan gusi.
  5. Mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung serat untuk pembersihan gigi secara alami.
  6. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan kurangi kebiasaan minum teh atau kopi.
  7. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke Dokter Gigi yang biasanya setiap 6 bulan sekali

Nah itulah beberapa cara untuk menghindari terbentuknya karang gigi. Semoga bermanfaat yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here