SHARE

Bau mulut atau nafas tak segar adalah salah satu masalah yang sangat menggangku. Bau mulut tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan. Aroma tidak sedap dari mulut yang disebut halitosis ini juga menimbulkan kesan buruk bagi siapapun yang berinteraksi dengan penderitanya.

Umumnya, bau mulut disebabkan oleh gas yang diproduksi oleh bakteri. Gas ini terkumpul dalam rongga mulut di dalam gusi, gigi, atau lidah. Menurut otolaryngologist, Dr. Jeffrey Spiegel dari Boston Amerika Serikat, kebanyakan gas dalam mulut ini mengandung sulfur sehingga memberi aroma tidak enak.

Pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com akan memberikan cara atau tips bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan cara alami atau obat-obatan herbal.

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Menggunakan Daun Sirih.

khasiat tanaman Sirih

Tentang Daun Sirih.

Apakah anda mengetahui tentang daun sirih? Ya benar, inilah solusi untuk masalah bau mulut tadi. Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Kandungan dan Berbagai Khasiat Daun Sirih.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.

Daun sirih juga dapat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Cara Menghilangkan Bau Mulut Menggunakan Daun Sirih.

Apabila ada salah satu anggota keluarga anda atau sahabat anda yang menghadapi masalah ini, sehingga akan mengganggu pergaulannya. Maka untuk mengatasinya adalah sebagai berikut :

  1. Ambillah beberapa daun sirih kemudian remas-remas daun sirih tersebut.
  2. Seduh dengan air mendidih
  3. Saringlah airnya dan diamkan hingga hangat-hangat kuku.
  4. Gunakan air yang telah hangat tersebut sebagai obat kumur.

Obat kumur tersebut dapat secara instan dan efektif untuk mengatasi bau mulut. Apabila dilakukan secara rutin, misalnya pada malam hari, maka masalah bau mulut dapat teratasi secara tuntas.

Demikian cara-cara untuk menghilangkan bau mulut anda secara alami. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.