SHARE

Insomnia, mungkin sebagian orang pernah mengalaminya. Insomnia adalah suatu keadaan di mana kita tidak dapat tidur atau susah tidur dengan nyenyak. Insomnia dapat dialami semua jenis usia. Jadi tidak memandang tua dan mudanya. Insomnia dapat memicu atau menyebabkan masalah daya ingat, depresi dan resiko penyakit jantung.

cara mengatasi insomnia

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat membantu jika anda mengalami insomnia agar dapat tidur dengan nyenyak.

Cara Mengatasi Insomnia Paling Efektif.

Berikut tips-tips dan cara paling efektif untuk mengatasi insomnia:

  1. Biasakanlah membuat ritual persiapan tidur yang menyenangkan.
  2. Jagalah agar jadwal tidur selalu teratur dan cukup.
  3. Bersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur karena kebersihan sangat berpengaruh pada insomnia.
  4. Berolahraga teratur setiap hari.
  5. Menghindari kafein, tembakau dan alkohol. Hindari minum kopi 3-4 jam sebelum tidur malam. Begitu juga hindari merokok sebelum tidur karna nikotin adalah stimulan yang dapat menganggu tidur.
  6. Menghindari makan besar pada saat malam. Maksudnya di sini hindari makan malam 1-2 jam sebelum tidur karena proses pencernaan makanan akan menganggu kenyaman tidur.
  7. Singkirkan jauh-jauh gadget anda dari tempat tidur. Karena ini akan memicu anda untuk terus memainkan gadget sehingga mata sulit untuk terpejam.
  8. Relaksasisakan pikiran anda sebelum tidur, misalnya dengan cara mendengarkan musik intrumental.
  9. Ciptakan suasana kamar dengan cahaya lampu yang tidak terang.
  10. Berhati-hati mengkomsumsi obat, sebab beberapa obat dapat menyebabkan insomnia. Lebih baik konsultasilah pada dokter.

Nah, demikian tips-tips yang dapat membantu anda jika mengalami insomnia. Bila ingin bangun lebih segar keesokan harinya, cobalah beberapa tips diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here