kulit kusam dan jerawatBagi mereka yang memiliki masalah kulit berjerawat serta kusam pastinya perlu cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat yang ampuh dan efektif. Jika mencari tips mudah, murah, dan manjur untuk menghilangkan kulit kusam dan jerawat, maka bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang sebetulnya bisa didapat dari dapur rumah Anda. Mari kita intip apa saja resep-resep rahasia kecantikan alami tersebut.

Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Berjerawat dengan Resep Bahan Alami

Ada berbagai resep kecantikan menggunakan bahan alami untuk cara menghilangkan kulit kusam dan berjerawat yang bisa dicoba dengan mudah di rumah:

Resep kencantikan alami bengkoang.

Menghilangkan jerawat bandel serta kulit kusam dengan bengkoang dilakukan dengan cara:

  1. Cuci dan kupas kulit bengkoang kemudian paru dagingnya hingga halus. Jangan lupa sebelum memakai masker bengkoang bersihkan wajah lebih dulu.
  2. Oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah dan leher sebagai masker dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dan bersihkan wajah Anda dengan air bersih.
  3. Cara kedua adalah dengan memarut kemudian memeras bengkoang dan ambil sarinya untuk dijadikan masker wajah. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit sebelum wajah dibilas dengan air bersih.

Lakukan cara di atas secara teratur paling tidak 2 kali sehari agar wajah bebas dari jerawat, kulit kusam, dan minyak. Selain itu, masker ini juga rupanya efektif untuk mengecilkan pori-pori.

Mereka yang memiliki kulit berjerawat serta kusam perlu cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat yang ampuh dan efektif terutama dengan resep bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan bengkoang.

Resep perawatan kecantikan alami dengan jeruk nipis.

jeruk nipis untuk perawatan kulitSelain bengkoang, jeruk nipis juga bisa dipakai sebagai cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat dengan cara:

  1. Ambil air jeruk nipis dengan cara diperas, setelah itu oleskan secara langsung ke wajah yang kusam dan berjerawat dengan menggunakan kapas bersih.
  2. Diamkan selama 15 menit sebelum wajah dibilas dengan air dingin.
  3. Cara kedua untuk mengatasi kulit berminyak yang biasanya mudah berjerawat adalah dengan memeras air jeruk nipis kemudian tambahkan putih telur dan aduk hingga merata.
  4. Gunakan campuran jeruk nipis serta putih telur sebagai masker wajah. Tunggu beberapa menit, setelah itu wajah bisa dibilas dengan air bersih.

Lakukan cara alami mengatasi kulit kusam dan berjerawat ini secara teratur agar hasil maksimal. Jeruk nipis juga berkhasiat mengecilkan pori-pori besar dan membuat kulit wajah bersih merona.

Resep kecantikan alami lidah buaya dan madu.

aloe vera untuk kulit kusam berjerawatDengan mencampurkan 2 bahan alami yaitu aloe vera atau lidah buaya serta madu dapat membuat kulit Anda bebas dari jerawat, minyak serta kusam:

  1. Ambil getah lidah buaya secukupnya, kemudian campurkan dengan madu dan aduk hingga rata.
  2. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan baru oleskan masker alami ini ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata.
  3. Tunggu beberapa menit hingga masker mongering dan setelah itu baru bilas dengan air bersih.

Getah lidah buaya berguna sebagai anti radang sedangkan madu memiliki khasiat sebagai anti bakteri yang bagus untuk cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat sehingga kulit bersih cemerlang.

Resep perawatan wajah secara alami dengan buah labu.

labu untuk kulitKandungan Zinc yang ada pada buah labu dapat membantu membasmi jerawat sekaligus wajah kering, kusam, dan berminyak:

  1. Ambil daging buah labu yang masih segar kira-kira 3 sendok. Campurkan bahan tersebut dengan putih telur ayam kampung 1 butir dan air lemon kira-kira 2 sendok saja.
  2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata dan segera oleskan ke wajah dan leher yang berjerawat.
  3. Tunggu kira-kira 25 menit sampai masker wajah mongering, kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan ini paling tidak 2 sampai dengan 3 kali seminggu agar cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat semakin efektif.

Resep perawatan kulit dengan buah tomat.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat sangatlah tinggi sehingga baik untuk kulit wajah yang kusam serta membantu membunuh bakteri penyebab jerawat:

  • Hancur dan lumatkan 1 buah tomat yang masih segar, kemudian tambahkan madu asli dan susu murni. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  • Oleskan langsung ke wajah dan leher yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 25 menit saja. Bilas dan bersihkan wajah Anda dengan air bersih.
  • Masker tomat ini juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti oatmeal, kentang, dan tepung maizena.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat dengan berbagai resep bahan alami yang bisa dicoba secara teratur per minggunya.

Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Berjerawat dengan Menjaga Kulit Tetap Sehat

cara membersihkan wajahCara alami menghilangkan kulit kusam dan berjerawat tidak berhenti sampai di situ karena setelah Anda terbebas dari masalah tersebut, diharuskan untuk menjaga kulit tetap sehat dengan tips-tips berikut:

  1. Banyak minum air putih: Konsumsi air putih minimal delapan gelas per hari bisa membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan Anda tidak perlu lagi cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat. Kulit akan terbebas dari dehidrasi dan terlihat segar.
  2. Pilih makanan bergizi: Perbanyak makan makanan bergizi seperti buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin baik untuk kulit. Jika Anda suka makan gorengan misalnya, justru akan membuat wajah timbul jerawat kembali.
  3. Gunakan pelembab wajah: Pakai produk pelembab wajah sehabis mandi disarankan untuk mencegah kulit menjadi kering dan kusam. Tapi pastikan produk yang dibeli tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang justru merusak kulit.
  4. Rajin olah raga: Untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat, maka rajinlah berolahraga karena saat kita berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang berguna untuk mendorong sel kulit mati.
  5. Rajin mandi dan bersihkan wajah: Jangan malas mandi karena nanti kotoran-kotoran yang menempel baik di wajah dan tubuh akan menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Untuk itu cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat serta berminyak atau agar wajah berjerawat dan kusam tidak muncul lagi, rajinlah mandi dan juga bersihkan muka.

Faktor-faktor Penyebab Timbulnya Jerawat serta Kulit Kusam

jerawat pada lapisan kulitSalah satu langkah agar cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat semakin efektif adalah dengan mengetahui apa faktor penyebab timbulnya jerawat dan kulit kusam agar hal tersebut bisa dihindari:

  1. Terlalu sering mencuci muka dengan sabun. Tidak salah membersihkan wajah dengan sabun muka tapi bila terlalu sering apalagi memakai produk yang salah justru membuat kulit kehilangan kelembapan, menjadi kering, dan akhirnya akan kusam.
  2. Debu dan kotoran. Saat pergi keluar wajah akan terkena debu, kotoran, polusi udara yang menyumbat pori-pori sehingga wajah timbul jerawat. Karena itu, bersihkan wajah setelah bepergian. Namun, untuk wajah berjerawat jangan memakai produk scrub karena justru nanti melukai jerawat.
  3. Pada wanita wajah berjerawat bisa terjadi ketika terjadi ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh.
  4. Ada faktor keturunan. Mungkin Anda baru tahu kalau ternyata wajah berjerawat serta kusam bisa timbul karena ada faktor turunan, contohnya orang tua yang juga memiliki masalah yang sama dengan wajah berjerawat, kering, berminyak, serta kusam. Untuk itu cara mengatasi kulit kusam kering dan berjerawat dengan benar sangat diperlukan.
  5. Jenis kulit. Tidak hanya orang yang punya jenis kulit berminyak bisa timbul jerawat di wajah, namun jenis kulit yang kering pun juga bisa terkena jerawat.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat serta cara menjaga agar kulit tetap sehat, maupun faktor-faktor timbulnya kulit kusam dan jerawat.

 

One thought on “Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Berjerawat dengan Resep Kecantikan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website