SHARE

mengatasi kantung mataApakah Anda seorang yang memiliki kebiasan tidur larut malam (bahkan tidak tidur sama sekali)? Jika iya, pastinya anda tidak asing dengan munculnya kantung mata di daerah sekitar pelipis mata anda. Gangguan ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai gangguan ringan, tapi tetap mengganggu terutama pada penampilan anda. Waktu yang disarankan untuk seseorang tidur setiap harinya adalah antara tujuh hingga delapan jam. Namun karena padatnya aktivitas, tak jarang Anda harus lembur hingga larut malam bahkan terpaksa tidak tidur. Selain munculnya lingkaran hitam (yang juga sering disebut mata panda), biasanya hal ini berakibat pada kondisi fisik yang terganggu dan wajah pucat. Tapi anda tidak perlu khawatir mengingat ada banyak cara menghilangkan kantung mata yang bisa dicoba.

Cara Mudah Mengatasi Munculnya Kantung Mata

Kompress Area Mata dengan Es Batu dan Mentimun untuk Mengatasi Mata Panda

Sebelum lebih jauh mengetahui bahan-bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata, perlu diketahui bahwa gangguan ini bisa pula disebabkan karena faktor genetik (keturunan), paparan sinar matahari yang berlebihan serta karena gaya hidup yang kurang sehat (merokok, konsumsi alcohol, kurang air mineral).

Untuk cara menghilangkan kantung mata yang pertama adalah dengan memanfaatkan es batu. Cara ini terbilang sederhana namun dapat dengan efektif menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan anda. Seperti diketahui, es batu merupakan alternatif terbaik ketika anda mengalami pembengkakan. Dan anda pun bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kantung mata yang muncul, meskipun metode ini kebanyakan dipakai pada gangguan kantong mata ringan. Cukup kompres mata anda dengan es batu yang diletakkan pada kain atau lap untuk memberikan rasa sejuk dan relaksasi pada mata.

Bahan kedua yang bisa dimanfaatkan adalah mentimun. Mungkin sudah banyak dari anda yang tahu bahwa mentimun sering digunakan untuk memberikan relaksasi pada bagian mata. Irisan mentimun yang diiris tipis dan lalu didinginkan sebentar di lemari es bisa menjadi pengobatan alternative untuk menghilangkan kantung mata yang muncul. Kandungan dalam mentimun dapat melancarkan aliran darah di sekitar mata dan tentunya bisa digunakan sebagai media relaksasi untuk mata yang lelah. Selain itu, mentimun bisa juga digunakan dengan cara dibuat jus. Hanya saja jus mentimun ini tidak untuk anda minum, melainkan untuk dioleskan pada bagian bawah mata untuk menghilangkan kantung mata yang muncul. Anda bisa mendinginkan terlebih dahulu jus mentimun tersebut, atau bisa langsung digunakan. Oleskan dan biarkan mentimun tersebut untuk bereaksi sekitar 10 hingga 15 menit.

Memanfaatkan Bahan Alami Lainnya

Selain kedua bahan diatas, anda bisa memakai cara menghilangkan kantung mata lainnya yang juga menggunakan bahan alami, di antaranya:

bengkoang untuk memutihkan kulitBengkoang.

Anda bisa menggunakan bengkoang yang kandungannya sanggup menyegarkan kulit dan dapat secara efektif menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata anda. Penggunaannya adalah dengan membuat masker dengan bengkoang tadi lalu diletakkan di bagian kantung mata. Penggunaan masker bengkoang secara berkala dapat menghilangkan kantung mata yang muncul karena kandungan vitamin B1 dan vitamin C di dalamnya bermanfaat bagi kulit anda.

Teh Celup.

Bahan lainnya adalah dengan memanfaatkan kantung teh celup yang sudah tidak dipakai atau  bekas yang dikompreskan pada mata. Zat tannin yang terkandung di dalamnya dapat melancarkan peredaran darah di sekitar mata, sehingga dapat secara efektif mengatasi munculnya mata panda atau kantung mata.

Krim Khusus Kantung Mata.

Ketika anda sudah menggunakan bahan diatas tapi tidak berhasil, anda bisa memanfaatkan krim mata. Pastikan anda memilih krim mata yang aman dan cocok dengan kulit anda. Jika perlu konsultasikan dengan dokter jika gangguan kantung mata tidak kunjung hilang.

 

Demikian beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi munculnya kantung mata atau mata panda. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here