Penyakit  usus buntu merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan usus buntu atau pembengkakan. Dalam hal ini usus buntu apabila sudah membengkak akan mudah sekali pecah.  Sehingga sangat wajar bila ketika membengkak pertahanan tubuh mulai melemah, sehingga penyakit mudah sekali berkembang.Penyakit usus buntu bukanlah penyakit baru, usus buntu atau yang disebut dengan Appendix vermiformis merupakan organ yang berfungsi untuk suatu kekebalan tubuh di mana memiliki kelenjar limfoid.

Radang usus buntu memiliki beberapa gejala diantaranya sakit perut, yang biasanya rasa sakitnya dirasakan dari perut bagian tengah rasanya seperti maag, kemudian menjalar ke perut bagian bawah kanan. Sifat khas dari nyeri perut ini akan semakin meningkat rasa sakitnya, hingga pada saat berjalan pun penderita akan merasakan sakit, mual, muntah, nafsu makan menurun, perut terasa penuh, demam dan perut terlihat agak bengkak.  Meskipun gejala radang usus buntu sangat mudah dideteksi, ada baiknya seseorang tidak gegabah dalam memvonis sebelum datanya jelas, dan sebaiknya dikuatkan dengan hasil USG.

usus buntu

Penyebab radang usus buntu bukan disebabkan oleh makan cabe atau sejenis biji-bijian, akan tetapi karena terdapat kuman yang berlebih, sementara tubuh tidak bisa mengatasi. Meski demikian, makan cabe dalam taraf berlebihan bisa juga memicu hal ini, mengingat sifat cabe yang pedas. Lalu bagaimana mengatasi penyakit radang usus buntu tersebut? Dalam artikel ini, berbagisolusi akan berbagi tips mengatasi usus buntu. Simak yah!

Cara Mengatasi Radang Usus Buntu Secara Alami

Berikut cara mengatasi radang usus buntu  dengan memanfaatkan bahan alami seperti dibawah ini :

  • Ambil gula merah dan garam dapur secukupnya, beberapa ruas kunir dan perasan jeruk nipis. lalu parutlah kunir tersebut kemudian ambil airnya. Setelah itu bahan-bahan tadi dicampur menjadi satu dan seduhlah dengan air panas, aduk sampai rata. Minum dan gunakan ramuan ini dua kali sehari.
  • Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak dan 1 sendok makan madu kemudian cuci sampai bersih buah mengkudu tersebut, parut dan peraslah untuk diambil airnya selanjutnya campurkan madu, aduk sampai rata, minum 2 kali sehari 2 sendok makan.

Nah itulah beberapa cara alami untuk mengatasi penyakit radang usus buntu. Semoga bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website