Tidak ada seorangpun menginginkan rambut rontok dan mengalami kebotakan sebelum waktunya. Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita bahkan anak-anak dan orang tua sekalipun. Seseorang yang sangat memperhatikan penampilan, tentunya ini sangat menganggu. Rambut rontok pada umumnya disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan vitamin yang cukup untuk akar rambut, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin membuat akar rambut mudah rapuh dan menyebabkan kerontokan rambut.

Selain hal tersebut di atas penyebab rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya, faktor keturunan, paparan radikal bebas, perubahan ketidakseimbangan hormon, faktor usia, life style yang buruk serta pola makan yang tidak teratur.

Hal yang paling gampang yang kerap dilakukan jika mengalami rambut rontok adalah menggunakan shampo, kondisioner dan perawatan di salon. Namun, terkadang perawatan itu malah menambah masalah baru. Rambut semakin rontok. BerbagiSolusi.Com akan berbagi informasi tentang bagaimana mengatasi rambut rontok yang benar.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

  • Hindari mengkomsumsi terlalu banyak alkohol dan gula. Mengatasi rambut rontok itu dibutuhkan zink yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Jika terlalu banyak mengkomsumsi alkohol, kadar zink dalam tubuh akan menurun. Dan efeknya menghambat pertumbuhan rambut. Mengkomsumsi gula terlalu banyak juga dapat menghasilkan zat glycation yang cenderung bersifat merusak protein. Hal ini bisa menyebabkan mempercepat proses penuaan sel dan bisa mengakibatkan kekeringan kulit kepala dan kerontokan rambut.
  • Hindari mengikat rambut terlalu ketat. Karena ikatan rambut yang terlalu ketat dapat menarik akar rambut dan melemahkannya. Hindari juga memakai aksesories rambut yang terlalu berat.
  • Gunakan minyak alami. Pemakaian minyak zaitun pada rambut serta minyak kelapa dapat membuat rambut menjadi sehat, kuat dan berkilau.
  • Pijat Kepala. Pijatan di kulit kepala dapat merangsang sirkulasi darah dan menjaga folikel rambut tetap aktif. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.
  • Gunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut.
  • Gunakan The Hijau. The hijau berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut.
  • Perbanyak mengkomsumsi air putih. Tubuh dan anggota organ tubuh hingga jaringan yang paling kecil pastinya membutuhkan asupan air putih. Rambut bagaikan seperti tanaman yang setiap harinya membutuhkan air untuk berkembang biak dan mencukupi kebutuhan untuk membantu pertumbuhan dan regenerasi baru. Jika tubuh dan rambut kekurangan cairan maka tubuh akan menjadi lemas, kering dan wajah terlihat sayu dan loyo. Pun rambut seperti itu juga. Membutuhkan cairan yang cukup untuk membantu pertumbuhannya.
  • Gunakan shampo yang sesuai jenis rambut. Menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut merupakan solusi utama dalam mengatasi kerontokan rambut, dengan mengenali jenis rambut, anda akan lebih mudah dan tahu bagaimana memperlakukan rambut dengan baik.
  • Keramas secara teratur. Keramas yang dilakukan setiap hari dapat membuat rambut lebih mudah rontok dan rapuh. Untuk itu lakukan keramas 2 hari sekali atau sesuaikan kebutuhan.

Nah itulah beberapa cara merawat rambut agar tidak mudah rontok. Semoga setelah membaca artikel ini, bagi anda yang mengalami rambut rontok. Dapat mengikuti tipsnya untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website