Kurang cairan, cuaca terik, suhu ruangan terlalu dingin, serta terlalu sering beraktifitas di luar ruangan, bisa menyebabkan telapak kaki menjadi kering, kasar, dan pecah-pecah. Kondisi telapak kaki yang seperti ini tentu saja tidak sedap dipandang. Selain itu, retakan-retakan pada telapak kaki bisa menjadi sarang bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak dan memberikan mimpi buruk lainnya bagi Anda dan kesehatan kaki Anda.

menghaluskan telapak kaki pecahMengatasi masalah telapak kaki kering, kasar, dan pecah-pecah sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mendapatkan berbagai produk perawatan telapak kaki di supermarket dan toko kosmetik terdekat. Tentu saja produk-produk ini menggunakan berbagai bahan kimia. Nah, bagi Anda yang mungkin ingin mencoba bahan alami untuk merawat kulit telapak kaki Anda, bisa mencoba resep perawatan kaki berikut ini, agar telapak kaki lebih halus, terjaga kelembabannya, serta bebas masalah pecah-pecah. Disimak, ya!

Scrub Garam Homemade untuk Haluskan Telapak Kaki

Bahan alami yang menjadi favorit BerbagiSolusi.com untuk merawat telapak kaki adalah garam dapur dan minyak zaitun. Garam berperan sebagai scrub alami untuk mengikis kulit yang kasar dan pecah-pecah, sementara minyak zaitun berperan memberikan nutrisi pada kulit telapak kaki agar senantiasa lembab, elastis, dan lebih halus dari biasanya. Minyak zaitun juga mengandung anti-inflamasi untuk mencegah peradangan di sekitar area telapak kaki yang pecah-pecah.

Selain 2 bahan tersebut, Anda juga dapat menambahkan jenis garam lainnya, yaitu garam coarse. Garam ini juga merupakan jenis garam dapur, namun teksturnya jauh lebih kasar. Jenis garam ini cocok ditambahkan pada resep perawatan telapak kaki ini, terutama apabila Anda ingin menyimpannya untuk digunakan kemudian hari.

Minyak kelapa juga dapat Anda tambahkan pada resep. Dapat juga dijadikan sebagai pengganti minyak zaitun, apabila kesulitan mendapatkan minyak zaitun. Khasiat minyak kelapa adalah untuk menghaluskan kaki sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan aneka wewangian alami dari berbagai esensial oil favorit Anda, misalnya minyak esensial bunga melati, mawar, maupun lavender.

Resep Scrub Perawatan Kulit Telapak Kaki

Berikut ini adalah takaran bahan alami untuk membuat scrub garam untuk menghaluskan kulit telapak kaki:

  • 3 sendok makan garam dapur biasa.
  • 1 sendok makan garam coarse (garam dapur kasar).
  • 1 sendok makan minyak zaitun (olive oil).
  • 1 sendok makan minyak kelapa atau vco. Baca: cara membuat minyak kelapa.
  • Beberapa tetes minyak esensial favorit Anda.

Cara Membuat dan Menggunakan Scrub Telapak Kaki

Campurkan semua bahan ke dalam 1 wadah, lalu aduk perlahan. Setelah semua bahan tercampur, scrub garam ini bisa langsung digunakan untuk merawat telapak kaki. Gunakan wadah berpenutup rapat untuk menyimpan scrub.

Untuk menggunakannya, ambil scrub secukupnya lalu gunakan untuk menggosok telapak kaki. Gosok lembut setiap bagian telapak kaki menggunakan scrub ini, terutama pada bagian yang kasar dan pecah-pecah. Sebaiknya rendam dahulu kaki dalam air hangat sebelum menggunakan scrub, agar lebih mudah dalam proses menghaluskan telapak kaki.

Tips, Alternatif Bahan, dan Variasi.

  • Jangan gunakan scrub apabila terdapat luka, karena garam dapat menimbulkan rasa perih apabila terkena luka.
  • Ganti garam dengan gula pasir apabila kulit Anda merupakan jenis kulit sensitif.
  • Tambahkan madu untuk meningkatkan kemampuan sebagai anti-inflamasi.
  • Tambahkan irisan daun sirih ke dalam campuran scrub yang Anda buat agar mampu mengatasi gangguan jamur dan bakteri, termasuk bagi Anda yang memiliki masalah bau kaki dan gatal akibat jamur seperti kutu air.
  • Gunakan Lulur Organik sebagai alternatif produk untuk menghaluskan telapak kaki Anda.

Selamat mencoba resep perawatan alami untuk telapak kaki ini agar telapak kaki Anda lebih halus dan lembut, serta terhindar dari masalah kulit pecah-pecah. Baca pula artikel sebelumnya mengenai khasiat minyak biji anggur untuk kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website