SHARE

bau kaki dan sepatuBau kaki sebenarnya hal yang wajar dan sering terjadi apabila kita sering menggunakan alas kaki yang lembab. Menggunakan sepatu atau sandal kulit sering kali menimbulkan masalah bau kaki ini. Bau kaki juga bisa sangat mengganggu apabila kadar baunya sudah sangat menyengat, atau tiba-tiba kita mengharuskan membuka alas kaki di tempat-tempat tertentu (misalnya masjid, lesehan, dll.).

Namun, sebenarnya ada beberapa cara alami namun efisien untuk menghilangkan bau kaki ini. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan bau kaki, sekaligus mengatasi bau pada sepatu. Disimak, yuk!

Penyebab Timbulnya Bau Kaki dan Bau Sepatu.

Bau pada kaki serta bau pada sepatu, biasanya terjadi karena kelembaban yang cukup tinggi di kaki atau pada bagian dalam sepatu. Kelembaban ini bisa saja karena keringat akibat kegerahan pada kaki, atau karena basah misalnya yang diakibatkan oleh hujan. Kelembaban yang tinggi ini menyebabkan timbulnya mikroorganisme, seperti jamur dan bakteri yang merupakan penyebab organis timbulnya bau. Tanpa adanya mikroorganisme ini, sebenarnya bau kaki tidak akan muncul.

Mikroorganisme ini juga mesti diatasi dengan segera karena tidak hanya menyebabkan bau pada kaki dan sepatu, tapi juga dapat menyebabkan masalah-masalah lainnya pada kaki, misalnya:

  • Jamur kulit (kutu air, kurap, dll.),
  • Gatal-gatal,
  • Iritasi kulit, dll.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Bau Sepatu Secara Efektif dan Alami.

Nah, untuk menghilangkan bau kaki dan bau sepatu ini kita bisa mengikuti beberapa cara alami berikut ini:

Mencuci Kaki Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih.

daun sirihDaun sirih sudah diketahui dan terbukti secara klinis mampu berfungsi sebagai antiseptik alami, yaitu anti kuman untuk mengatasi timbulnya mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus. Termasuk jamur dan bakteri yang mengakibatkan bau kaki dan bau sepatu ini.

Untuk menghilangkan bau kaki yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri ini, kita bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci kaki. Berikut ini cara-caranya:

  1. Ambil 5 – 10 helai daun sirih yang sudah cukup tua, yaitu yang berwarna hijau tua atau hijau gelap.
  2. Cuci, lalu rebus daun sirih tersebut dalam 2 liter air hingga mendidih selama 5 – 10 menit.
  3. Setelah rebusan daun sirih mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku.
  4. Awali dengan mencuci kaki menggunakan air biasa dan sabun untuk menghilangkan kotoran, seperti pasir, debu, dll. yang menempel pada kulit kaki.
  5. Lalu setelah dibilas, rendamlah kaki dalam air daun sirih yang sudah hangat tadi sambil dipijat lembut selama 5 – 10 menit.
  6. Bilas 1 kali dengan air biasa, lalu keringkan kaki dengan handuk.

Cara-cara di atas dijamin dapat secara cepat menghilangkan bau kaki dan sekaligus mengatasi gatal-gata pada kaki yang diakibatkan oleh jamur, seperti kutu air, kurap, panu, dll.

Mencuci Sepatu dan Alas Kaki dengan Air Rebusan Daun Sirih.

Tidak cukup hanya kaki saja yang dicuci dengan daun sirih, sebaiknya sepatu dan alas kaki juga dicuci menggunakan air daun sirih untuk membunuh kuman yang terdapat pada sepatu dan alas kaki, karena mencuci sepatu dengan cara biasa hanya akan menghilangkan kotoran tapi tidak membunuh kuman. Untuk itu, menggunakan rebusan daun sirih untuk mencuci sepatu dan alas kaki sangat dianjurkan untuk menghilangkan kuman-kuman penyebab bau kaki yang terdapat pada sepatu dan alas kaki ini.

Cara mencuci sepatu dengan air rebusan daun sirih:

  1. Rebus 5 –  10 helai daun sirih dalam 3 liter air hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat-hangat kuku.
  3. Cuci sepatu seperti biasa, yaitu menggunakan sabun atau bahan pencuci sepatu dan air biasa.
  4. Gunakan air godokan sirih untuk merendam sepatu, sebagai langkah akhir pencucian. Rendam selama 5 – 10 menit.
  5. Angkat, dan jemur sepatu hingga kering.

Cara ini sangat ampuh untuk membunuh kuman penyebab bau kaki, dan membuatnya tidak mudah kembali.

Tips menghilangkan dan menghindari bau kaki dan bau sepatu:

  • Untuk menghilangkan bau sepatu secara sementara, dapat menggunakan kopi yang disimpan dalam tissue dan didiamkan semalaman di dalam sepatu. Aroma kopi dapat membantu mengatasi bau sepatu secara sementara.
  • Hindari penggunaan sepatu yang lembab atau basah.
  • Pilihlah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga dapat mengurangi kelembaban.
  • Sering-seringlah mencuci kaki dan menjaga kelembaban kulit kaki pada taraf normal.
  • Jangan menggunakan 1 sepatu untuk segala aktivitas. Gunakanlah beberapa jenis sepatu sesuai kegunaan dan bentuk aktivitasnya.

Nah, demikian tips dan cara menghilangkan bau kaki dan bau sepatu pada BerbagiSolusi.com. Semoga solusi ini dapat membantu Anda mengatasi masalah bau pada kaki dan sepatu. :) Selamat melanjutkan aktivitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here