SHARE

Jerawat batu adalah jerawat yang mengalami peradangan atau inflamasi yang lebih parah dari biasanya, yang disertai dengan pengerasan pada bagian yang terjadi peradangan. Terjadinya jerawat batu adalah karena peradangan terjadi pada jaringan kulit yang lebih dalam, sehingga menutup pori dan terjadilah pengerasan. Memencet jerawat batu adalah sebuah kesalahan besar, karena dapat menimbulkan infeksi yang justru memperparah jerawat, hingga bekas luka yang sulit hilang.

Penyebab-penyebab Timbulnya Jerawat Batu.

Jerawat batu bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

Kurang Menjaga Kebersihan Kulit.

Kebersihan kulit mutlak diperlukan agar terhindar dari berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat dan jerawat batu. Kulit yang tidak terjaga kebersihannya akan mempermudah kuman dan bakteri untuk berkembang biak dan membuat gangguan di kulit. Apabila bakteri-bakteri ini masuk ke dalam kulit melalui pori-pori kulit, dan masuk lebih dalam ke jaringan kulit di bawahnya, maka bisa dipastikan jerawat akan muncul, dan apabila terjadi pengerasan maka dapat dikategorikan sebagai jerawat batu.

Untuk mencegah terjadinya jerawat seperti ini, maka bersihkan kulit secara rutin. Jangan menunggu kulit terasa kotor untuk membersihkan kulit, namun bersihkanlah kulit sesering mungkin. Gunakan air bersih, dan segera mengeringkan kulit dengan handuk kering dan bersih setelahnya.

masalah jerawat batu

Keadaan Hormonal yang Tidak Stabil.

Keadaan hormonal juga dapat berpengaruh terhadap terjadinya jerawat dan jerawat batu. Keadaan hormonal yang tidak stabil dapat membuat jerawat mudah muncul, dan apabila jerawat ini tidak mendapatkan penanganan serius maka dapat menjadi pemicu terjadinya jerawat batu.

Penyebab Ketidakstabilan Hormon:

Hormon biasanya tidak stabil dalam keadaan antara lain:

  • Ketika seseorang beranjak remaja/dewasa.
  • Ketika sedang haid.
  • Ketika sedang menstruasi.
  • Ketika sedang lelah fisik dan pikiran.

Yang Perlu Dilakukan untuk Menstabilkan Hormon:

Agar kondisi hormon terjaga, sebaiknya secara rutin melakukan:

  • olahraga,
  • meditasi,
  • beribadah,
  • serta rekreasi ke tempat-tempat baru.

Faktor Nutrisi dan Diet.

Penyebab timbulnya jerawat dan jerawat batu lainnya adalah karena faktor nutrisi dan diet yang tidak tepat. Jenis diet, atau jenis makanan tertentu yang dikonsumsi dapat menimbulkan jerawat. Makanan-makanan yang dapat meningkatkan kadar gula, antara lain adalah makanan yang tinggi karbohidrat, terbukti secara klinis dapat memperparah keadaan jerawat. Juga makanan hasil olahan susu, seperti keju dan yogurt. Meskipun makanan-makanan ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, namun pada kadar tertentu dapat merangsang timbulnya jerawat.

Faktor Obat-obatan.

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat membuat jerawat makin parah. Jenis obat-obatan dan antibiotik tertentu dapat menyebabkan jerawat. Juga jenis obat-obatan dan kontrasepsi internal (pil KB, KB suntik, dll.) dapat menimbulkan jerawat dan jerawat batu. Untuk itu, sebelum mengkonsumsi obat-obatan, maka cari tahu terlebih dahulu mengenai efek sampingnya. Tanyakan kepada dokter yang memberikan resep obat tersebut.

Minyak Berlebih dan Pori-pori Besar.

Minyak berlebih dapat membuat kotoran dan bakteri mudah melekat di kulit. Apalagi bila kondisi pori-pori kulit yang besar, dapat membuat kotoran dan bakteri tersebut mudah masuk ke dalam kulit, dan kuman-kuman bersarang di dalamnya yang kemudian menimbulkan terjadinya inflamasi atau peradangan.

Cara Mengobati Jerawat Batu Menggunakan Herbamask.

Untuk mencegah terjadinya jerawat pada jenis kulit berminyak dan pori-pori besar, bersihkan kulit secara rutin dengan cara-cara berikut:

  1. Basuh wajah dengan air hangat.
    Membasuh wajah dengan air hangat dapat membuat pori-pori kulit terbuka, sehingga dapat dibersihkan lebih dalam.
  2. Buatlah campuran Herbamask Anti Jerawat dengan air, dan balurkan di kulit.
    Herbamask adalah masker anti jerawat yang sangat ampuh mengatasi jerawat dan jerawat batu. Klik di sini untuk informasi mengenai Herbamask.
  3. Diamkan campuran Herbamask di wajah sekitar 20 menit.
    Untuk membantu kulit menyerap nutrisi Herbamask, diamkan selama sekitar 20 menit.
  4. Basuh dengan air hangat.
    Setelah 20 menit, basuh wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit kembali terbuka dan sisa-sisa herbamask bisa dibersihkan bersama minyak dan kotoran-kotoran yang sudah diserap oleh bahan Herbamask.
  5. Basuh kembali dengan air dingin.
    Setelah wajah bersih, pada langkah terakhir gunakan air dingin untuk membilas wajah agar pori-pori kulit kembali tertutup.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Herbamask Masker Anti Jerawat, bisa klik di sini.

 

Semoga artikel mengenai cara menghilangkan jerawat batu di wajah ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Selamat melanjutkan aktivitas. :)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here