mengobati gatalGatal pada kulit adalah suatu gangguan yang cukup sering anda alami. Gatal sendiri bisa disebabkan berbagai macam hal. Sangat penting untuk mengetahui penyebab munculnya gatal agar nantinya anda bisa mengaplikasikan Cara Mengobati Gatal-gatal di Kulit yang paling tepat dan bisa dilakukan juga pencegahan. Pada beberapa kondisi, gatal bisa menjadi sangat berbahaya terutama jika merupakan akibat dari alergi, terlebih lagi jika gatal pada kulit itu terus menerus digaruk dimana hal itu bisa menyebabkan gatal bertambah parah.

Berbagai Macam Penyebab Gatal di Kulit

Rasa gatal pada kulit paling umum disebabkan karena penderita kurang mampu menjaga kebersihannya. Ketika anda tidak memperhatikan kesehatan anda, kulit menjadi lebih rentan terhadap gangguan sehingga bisa menyebabkan munculnya panu, kudis dan kurap. Anda yang banyak beraktivitas dan sering berkeringat juga sangat perlu menjaga kebersihan karena biang keringat bisa menjadi penyebab munculnya gatal. Sebagai pencegahan agar kelak tidak muncul gatal pada kulit, anda harus menjadikan mandi sehari dua kali sebagai sebuah kewajiban terutama jika anda banyak beraktivitas. Selain itu biasakan untuk rajin mencuci tangan dan wajah secara rutin.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan munculnya gatal adalah karena alergi. Ada berbagai macam alergi yang bisa menyebabkan kulit menjadi gatal, dari gatal terhadap bahan makanan tertentu hingga alergi terhadap bulu binatang. Ada pula alergi yang disebabkan karena penderita alergi terhadap udara lembab dan dingin. Jenis alergi seperti ini seharusnya diketahui oleh setiap orang sebagai tindakan preventif agar tidak mengalami gatal pada kulit. Memang ada banyak Cara Mengobati Gatal-gatal di Kulit yang bisa dilakukan, namun akan lebih untuk mencegah sebelum gatal itu muncul dan mengganggu anda dalam beraktivitas. Ada beberapa alergi yang butuh penanganan medis, dimana biasanya alergi ini tidak hanya berakibat pada munculnya rasa gatal, tapi juga pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Cara Pengobatan Efektif terhadap Gatal pada Kulit

Untuk mengatasi gatal pada kulit ini, ada banyak metode yang bisa anda terapkan. Banyak orang menggunakan bedak anti gatal yang bisa didapat dengan mudah di apotek. Namun ada baiknya anda mencoba menggunakan bahan alami untuk mengatasi gatal ini, mengingat obat-obatan yang tersedia kebanyakan mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bahan-bahan alami ini karena kebanyakan merupakan bahan yang tersedia di rumah anda dan harganya pun tak terlalu mahal.

Daun Salam Sebagai Obat Gatal Alami

Cara mengobati gatal-gatal di kulit bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun salam. Bahan yang bisa digunakan sebagai bahan penyedap ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengobati gatal pada kulit anda. Penggunaannya pun mudah, cukup cuci daun tadi, tumbuk kasar lalu letakkan pada bagian kulit yang mengalami gatal. Dengan penggunaan daun salam secara teratur, dalam waktu singkat gatal bisa hilang secara alami. Jahe juga sering digunakan oleh masyarakat tradisional untuk mengobati gatal-gatal, caranya adalah dengan merebus jahe tadi (bisa ditambahakan cuka beras putih) lalu diminum penderita. Metode pengobatan dengan ramuan ini juga bisa memanfaatkan daun kayu putih.

Obat Gatal dari Daun Sirih.

daun sirihDaun sirih juga dapat digunakan sebagai obat gatal alami, terutama untuk gatal yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Daun sirih sangat efektif untuk jenis gatal seperti itu karena kemampuan daun sirih sebagai anti septik alami, sehingga mampu membunuh kuman dalam waktu singkat, termasuk gatal-gatal ini.

Cara Membuat Obat Gatal dari Daun Sirih.

Langkah-langkah pembuatan obat gatal kulit dari daun sirih adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 – 3 lembar daun sirih, atau disesuaikan dengan ukuran gatalnya. Kalau area gatal cukup banyak, maka gunakan lebih banyak daun sirih pula.
  2. Cincang semua daun sirih hingga halus, lalu campurkan 1 sendok madu atau boleh juga minyak zaitun. Madu dan minyak zaitun dapat bekerja sebagai anti inflamasi atau anti peradangan dan pembengkakan, selain itu juga berkhasiat sebagai moisturizer atau pelembut kulit.
  3. Campurkan semua bahan di atas, lalu oleskan pada bagian yang gatal.
  4. Diamkan 10 – 30 menit, agar kandungan zat aktif dari minyak zaitun/madu dan daun sirih bisa bekerja dan diserap oleh kulit.
  5. Bilas dengan air bersih.

Masih banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati gatal pada kulit anda, dan yang mungkin paling sering ditemui adalah dengan menggunakan campuran minyak goreng yang ditambahkan garam. Hasil campuran ini kemudian dioleskan secara tipis dan merata pada bagian tubuh yang terasa gatal kemudian didiamkan sebentar. Lakukan secara berkala dan nantinya rasa gatal yang parah sekalipun bisa diatasi dengan pengobatan alami ini.

Selamat mencoba tips cara mengobati gatal di kulit ini, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website