Daun sirih adalah tanaman obat yang sangat populer di Indonesia dan sejumlah negara Asia. Khasiat utamanya adalah sebagai anti septik alami. Khasiat daun sirih sebagai anti septik ini dapat kita manfaatkan sebagai obat untuk penyembuhan beberapa masalaah kulit seperti luka, gatal-gatal, hingga jerawat. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus bagaimana cara mengobati jerawat menggunakan ramuan daun sirih. Mari kita simak!

Cara mengobati jerawat dengan daun sirih.

daun sirih untuk jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang sangat banyak menyerang, terutama apabila seseorang sudah menginjak usia remaja hingga dewasa. Penyebabnya bisa karena kurang menjaga kebersihan kulit, hingga adanya ketidakstabilan kondisi hormonal seseorang, misalnya karena sedang hamil atau menstruasi.

Jerawat biasanya sangat mengganggu, dan apabila terjadi inflamasi (infeksi) biasanya akan terasa sangat sakit. Ada jenis jerawat kecil-kecil yang berjumlah banyak dan berkumpul di area tertentu, ada pula yang jumlahnya tidak banyak tapi ukurannya besar dan sangat mengganggu. Yang paling mengganggu adalah bekas luka yang ditinggalkan jerawat itu, biasanya akan mengganggu penampilan, dan sangat susah dihilangkan.

Nah, manfaat daun sirih sebagai anti septik ternyata dapat kita manfaatkan untuk mengobati jerawat ini, terutama jerawat yang timbul karena kebersihan kulit yang kurang dijaga. Daun sirih dapat digunakan sebagai masker wajah, dan air pembersih wajah. Berikut ini cara membuatnya:

Cara membuat masker anti jerawat dari daun sirih:

Bahan-bahan:

  • 4 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih.
  • 1 sendok teh minyak zaitun atau madu.
  • 1 gelas air hangat

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Rendam 2 lembar daun sirih ke dalam gelas berisi air hangat.
  2. Ambil 2 lembar daun sirih lainnya, lalu tumbuk hingga halus atau cairannya mulai keluar.
  3. Campurkan daun sirih yang sudah ditumbuk dengan 1 sendok teh minyak zaitun atau madu. Manfaat minyak zaitun atau madu untuk kulit antara lain untuk mengencangkan pori,  pelembab alami, dan untuk menghaluskan kulit.
  4. Basahi wajah dengan sedikit air hangat, agar pori-pori kulit terbuka. Pori-pori kulit yang terbuka akan mempermudah untuk membersihkan kulit.
  5. Oleskan campuran daun sirih dan minyak zaitun yang sudah dibuat tadi ke seluruh area wajah dan leher, terutama pada tempat-tempat yang terdapat jerawat.
  6. Diamkan selama 15 hingga 30 menit.
  7. Bilas dengan air hangat (air rendaman daun sirih), dan akhiri dengan membasuh wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup.
  8. Lakukan secara rutin 3 – 4 kali seminggu.

Demikian artikel cara mengobati jerawat dengan menggunakan daun sirih dan minyak zaitun atau madu ini, semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Apabila kesulitan melakukan langkah-langkah di atas, dapat juga coba mengatasi jerwat menggunakan cara yang dijabarkan di sini: Masker Anti Jerawat.

Selamat melanjutkan aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website