SHARE

Penampilan yang cantik dan bersih merupakan idaman wanita, tapi apa yang terjadi jika penampilan anda terganggu karena masalah kulit kepala yang gatal-gatal dan adanya serpihan-serpihan putih pada rambut atau  yang sering kita sebut dengan ketombe.

Ketombe mengakibatkan rambut anda terlihat sangat kotor, tidak terurus dan sangat mengganggu penampilan anda. Ketombe ini juga dapat terlihat di baju hitam yang mengakibatkan anda malu dan tidak percaya diri apabila bertemu teman- teman, keluarga,dan bahkan pacar anda.

Nah untuk itu, kita punya tips nih bagi ladies yang ingin terlihat cantik dan percaya diri dengan rambut berkilau sepanjang hari tanpa ada ketombe. Salah satu caranya adalah menggunakan bahan-bahan alami yaitu daun pandan. Daun pandan sering kita jumpai di tanam di pekarangan rumah dan biasa digunakan untuk ibu memasak di dapur. Untuk lebih jelasnya tentang daun pandan, Yuk kita simak informasinya.

Manfaat daun pandan sebagai anti ketombe.

Pencegah bakteri penyebab ketombe.

Seperti yang kita ketahui ketombe disebabkan oleh bakteri yang menimbulkan peradangan pada kulit kepala. Jadi dengan adanya kandungan anti oksidan dan vitamin E pada daun pandan ini, dapat mencegah peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab ketombe tersebut.

Membuat kulit kepala menjadi lembab.

Tahukah ladies, ternyata ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Biasanya kulit kepala yang kering diakibatkan seringnya gonta-ganti shampo. Nah dengan adanya daun pandan ini dapat melembabkan kulit kepala yang kering. Sehingga kulit kepala menjadi sehat.

Cara Mengatasi Ketombe dengan Daun Pandan.

Ternyata banyak sekali manfaat daun pandan untuk ketombe, untuk lebih jelasnya, yuk ikuti langkah-langkah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan daun pandan, caranya sangat mudah ladies, yaitu:

Menyiapkan alat dan bahan

Hal yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu, blender, penyaring, daun pandan dan air. Daun pandan bisa kita dapatkan langsung pada tanamannya atau bisa kita beli di pasar. Selanjutnya daun pandan yang didapatkan dicuci dengan air bersih.

Menghaluskan daun pandan

Tahap selanjutnya, potong daun pandan menjadi potongan yang kecil, kemudian dimasukkan ke dalam blender dan ditambahkan air secukupnya, jangan terlalu banyak agar mudah digunakan untuk hair mask. Selanjutnya dihaluskan.

Penyaringan

Setelah daun pandan dihaluskan dengan blender, selanjutnya larutan tersebut disaring dengan penyaringan untuk memisahkan ampas dan airnya.

Pengaplikasian daun pandan ke rambut

Setelah mendapatkan air yang sudah disaring, selanjutnya air daun pandan tersebut diaplikasikan ke rambut sebagai masker atau hair mask. Ketika diaplikasikan ke kepala jangan lupa kulit kepala di pijat- pijat secara perlahan agar cairan tersebut meresap kekulit kepala, sehigga kulit kepala menjadi lembab. Setelah dipijat diamkan selama satu jam agar cairan tersebut lebih meresap secara sempurna. Setelah satu jam, cuci rambut dengan air bersih atau untuk hasil maksimal rambut dikeramas menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut, kemudian dikeringkan. Untuk hasil maksimal lakukan perwatan ini secara rutin 3 kali dalam seminggu.

Dan jangan lupa ladies untuk tetap merawat kesehatan rambut dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, jangan menggunakan zat-zat kimia dan hal-hal yang bisa merusak kesehatan rambut. Serta tetap mengaplikasikan tips-tips di atas ya, karena perawatan alami yang lebih baik.

Baca juga artikel sebelumnya dari BerbagiSolusi.com mengenai perawatan rambut alami. Selamat membaca, dan semoga bermanfaat.

1 COMMENT

  1. Meskipun caranya terhitung sederhana, sepertinya cara ini terhitung efektif dalam mengatasi ketombe. Patut di coba bagi orang yang sering berketombe, terutama mereka yang bekerja dengan aktif di luar ruangan. Terima kasih atas informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here