Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.

Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai “sakit gigi”. Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.

sakit gigi

Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi). Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan “sakit gigi.”

Cara menyembuhkan penyakit gigi secara alami

Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Daun Inggu Kering.

Bahan:
Daun inggu kering (2-4 gram), air (2 gelas).

Cara pengobatan:
Rebus daun inggu kering dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring airnya setelah dingin, airnya digunakan untuk kumur beberapa kali.

Menggunakan Minyak Tempurung Kelapa.

Bahan:
Tempurung kelapa yang sudah dibelah, Kapas secukupnya.

Cara pengobatan:
Ambil tempurung kelapa lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Ambil minya tempurung kelapa tersebut dengan kapas. Lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Niscaya dalam beberapa menit sakit gigi Anda akan hilang.

Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Campuran Rebusan Daun Sirih dan Cengkeh.

Caranya menggunakannya:

  1. Rebus daun sirih dan cengkeh.
  2. Gunakan sebagai obat kumur-kumur, yaitu dengan menggunakan air rebusan ini setiap hari.

Cara ini adalah cara herbal pengganti obat kumur yang sering di jual di pasaran, karena khasiat daun sirih dan cengkeh sebagai antiseptik atau antikuman, sehingga dapat menetralisir bakteri dan kuman yang bersarang di gigi dan mulut.

Bersihkan bagian yang sakit

Sakit gigi juga bisa disebabkan karena adanya kotoran yang tersangkut di celah gigi, atau di lubang gigi. Kotoran ini lalu mengalami pembusukan, dan menjadi tempat bersarangnya kuman. Selain mencoba cara sebelumnya (menggunakan daun sirih), coba pula bersihkan bagian yang sakit dengan cara memakai sikat gigi, disikat dengan sikat dan pakai pasta gigi. Jika dengan cara seperti itu belum sembuh, cobalah dengan memakai lidi untuk melepas bekas atau sisa-sisa makanan yang masih menempel disekitar gigi yang sakit atau di dalam rongga (lubang) gigi yang sakit.

Mengurangi Nyeri Sakit Gigi Dengan Pijatan.

Nyeri sakit gigi yang tidak tertahankan dapat dikurangi, yaitu dengan menggunakan pijatan. Cobalah juga pijat atau urut di bagian pelipis (pada posisi gigi yang sakit) dari depan sampai belakang (depan telinga). Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi nyeri sakit gigi.

Demikian tips yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website