SHARE

sakit kepalaSakit kepala adalah keadaan perih, nyeri, atau rasa tidak nyaman pada area kepala, yang sering kali datang dan dirasakan oleh siapa saja. Semua orang dapat secara tiba-tiba merasakan sakit kepala, baik itu vertigo, migrain, atau jenis sakit kepala lainnya.

Sakit kepala sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan indikasi adanya gangguan kesehatan yang sedang dialami oleh tubuh. Rasa nyeri di kepala yang dirasakan saat sakit kepala itu sebenarnya pertanda bahwa kesehatan tubuh sedang membutuhkan perhatian lebih, atau sebagai sinyal bahwa ada satu atau beberapa bagian tubuh yang tidak dalam kondisi sehat. Nah, karena nyeri sakit kepala hanyalah sebuah indikasi atau sinyal, maka sebenarnya tidak ada obat sakit kepala. Yang ada hanyalah obat penghilang rasa nyeri, seperti paracetamol, atau asam mefenamat.

Paracetamol, asam mefenamat, atau obat penghilang nyeri lainnya yang sering dianjurkan dokter untuk dikonsumsi saat sakit kepala, sebenarnya hanya menghilangkan rasa nyeri. Karenanya, obat-obatan yang sama juga akan dianjurkan saat kita sakit gigi, atau mengalami nyeri setelah kecelakaan, dll. Obat-obatan itu hanya menghilangkan rasa nyeri, tapi tidak menyembuhkan, karena sakit kepala akan sembuh sendiri saat kondisi tubuh kembali normal. Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala:

Penyebab Sakit Kepala:

Berikut ini beberapa kondisi yang sering kali menyebabkan sakit kepala, semoga dapat membantu:

Kurang cairan tubuh.

Kurangnya cairan tubuh akibat kurang minum air, atau aktivitas tubuh berlebih dapat menyebabkan sakit kepala, karena suplai darah ke kepala akan terhambat akibat darah mengental akibat kurangnya cairan. Jadi, segeralah minum air yang cukup agar kebutuhan cairan tubuh kembali terpenuhi. Setelahnya, tubuh akan kembali normal dan sakit kepala pun akan otomatis hilang.

Beban pikiran terlalu berat.

Terlalu banyak pikiran, pekerjaan menumpuk, dan lain-lain membuat otak bekerja lebih berat, sehingga membutuhkan suplai darah dan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Keadaan ini juga dapat menimbulkan gejala berupa sakit kepala. Apabila gejala sakit kepala muncul akibat beban pikiran terlalu berat, maka cara menghilangkannya adalah dengan mengurangi beban pikiran, antara lain dengan rekreasi, istirahat, dll.

Adanya bakteri atau virus, dll.

Bakteri dan virus yang masuk dalam tubuh kita akan menyebabkan gangguan kesehatan tertentu dalam tubuh. Setelah bakteri dan virus ini masuk ke dalam tubuh, biasanya tubuh secara otomatis menciptakan antibodi untuk menangkalnya. Pembentukan antibodi ini diperintahkan secara sensorik oleh otak, sehingga kerja “mendadak” ini menyebabkan rasa nyeri yg hebat di kepala.

Untuk menghilangnya nyeri sakit kepala ini, biasanya dengan beristirahat. Apabila antibodi yg diciptakan tubuh untuk menangkal bakteri dan virus ini cukup kuat, biasanya kuman-kuman tersebut akan kalah dan dikeluarkan oleh tubuh, yang biasanya juga diikuti dengan meredanya rasa nyeri di kepala.

Gangguan kesehatan lainnya.

Gangguan kesehatan juga dapat membuat rasa nyeri pada kepala. Gangguan tersebut bisa saja berupa gangguan pada organ tubuh tertentu, seperti sakit mata, penyakit dalam, dan infeksi. Rasa sakit akibat gangguan kesehatan ini biasanya hilang setelah penyakitnya disembuhkan.

 

Cara Menghilangkan dan Mencegah Nyeri Sakit Kepala.

Agar sakit kepala yang menyerang dapat segera hilang, dapat melakukan cara-cara berikut:

  • Minum air yang cukup.
  • Tidur terlentang dengan posisi kepala rata dengan badan, dan buatlah tubuh serileks mungkin.
  • Kompres kepala dengan air hangat, atau air dingin (es). Kondisi air dingin atau air hangat dapat sedikit mengurangi rasa sakit.
  • Bila diperlukan, minum obat seperti Paracetamol.

 

Agar Sakit Kepala Tidak Mudah Datang.

Agar tidak mudah diserang sakit kepala, cara satu-satunya adalah dengan tetap menjaga kondisi tubuh, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sakit kepala hanyalah gejala, indikasi, atau sinyal bahwa tubuh sedang tidak sehat.

Cara agar tidak mudah sakit kepala antara lain:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  2. Minum vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.
  3. Istirahat yang cukup.
  4. Hindari stress.
  5. Perbaiki gizi.
  6. Hindari minum obat.

 

Semoga tips di atas bermanfaat, dan menambah pengetahuan kita tentang sakit kepala dan bagaimana mengatasinya. :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here