SHARE

Sistem pencernaan yang sehat dan terjaga dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Inilah sebabnya pencernaan perlu dijaga. Sistem pencernaan berfungsi mengurai makanan menjadi komponen sederhana kemudian menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh dan membuang sisa olahan makanan yang tidak diperlukan.

BerbagiSolusi.Com akan berbagi artikel tentang kiat-kiat menjaga pencernaan agar tetap terjaga yang dilansir dari majalah Kartini. Yuk mari disimak yah…

Menjaga kesehatan pencernaan sama pentingnya dengan menjaga organ-organ tubuh lainnya. Mengingat hampir 50 persen penyakit terjadi akibat gangguan pada sistem pencernaan. Dari sekian banyak penyakit yang timbul akibat gangguan pencernaan, yang sering terjadi adalah sulit buang air besar.

Banyak orang yang masih menganggap remeh susah buang air besar. Hal itu sangat tidak benar, sebab gangguan itu harus diperhatikan. Terlebih bila sering terjadi dan sudah berlangsung lama. Siapa tahu ada gangguan serius di usus sehingga cepat diketahui dan diatasi.

Gangguan ini pada masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang dua hari baru buang air besar, tetapi ada yang tiga atau empat hari baru bisa melakukannya.  Disebut mengalami gangguan bila ritme ritual buang air besar berbeda dari biasanya dan menimbulkan keluhan. Biasanya setiap hari pada waktu pagi, tetapi tiba-tiba menjadi tiga hari sekali dengan feses keras, nah itulah yang disebut gangguan. Biasanya yang mengalami hal ini lebih banyak perempuan dibanding pria. Hal itu lebih banyak dipengaruhi gaya hidup perempuan, seperti menjalankan program diet yang terlalu ketat, kurang minum air putih dan jarang olahraga.

Penyebab Susah Buang Air Besar.

Susah buang air besar disebabkan beberapa faktor, seperti adanya peradangan usus. Peradangan mempengaruhi proses penguraian zat-zat makanan dalam usus sehingga feses menjadi keras.

saluran pencernaan

Adanya tumor usus, maag dan wasir. Jika gangguan berupa tumor usus perlu perhatian serius. Tumor cepat membesar yang akan menganggu fungsi usus dan organ-organ lain sekitarnya.

Penyebab lainnya adalah kurangnya mengkomsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Faktor inilah yang sering terjadi. Kedua bahan makanan itu cukup tinggi kandungan seratnya. Serat dalam bahan pangan membuat feses menjadi lunak. Inilah sebabnya orang yang terbiasa setiap hari mengkomsumsi makanan cepat saji, sering sulit BAB. Karena makanan seperti itu rendah kandungan seratnya.

Gejala Gangguan Pencernaan

Jikal merasa keluhan perut terasa berat, segeralah atasi. Jangan biarkan berlarut-larut. Sebab bila sering terjadi dan dalam waktu lama akan mempengaruhi penyerapan makanan. Keadaan itu membuat organ-organ tubuh kekurangan nutrisi.

Keluhan lainnya akan muncul seperti nyeri perut, kembung, badan tidak enak dan malas. Perut terasa penuh, adanya desakan ke atas dan mulas sebelah kiri perut. Ada juga yang mengeluh mulut terasa pahit, lidah kering, kepala pusing dan nafsu makan menurun.

Cara Mencegah Gangguan Pencernaan

  • Komsumsi makanan yang tepat agar tak tidak ada gangguan buang air besar. Perut akan menyimpan dan mengolah apa pun yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Setiap makanan memiliki karakter ¬†yang berbeda-beda, ada yang mudah dicerna dan ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
  • Perbanyak mengkomsumsi makanan berserat. Makanan banyak kandungan serat ada pada sayur dan buah. Sayur-sayuran yang mengandung banyak serat seperti daun singkong, bayam, sawi, kangkung, daun pepaya dan kacang-kacangan. Sedangkan buah yang kaya serat antara lain apel, stroberi, pisang, melon, jeruk, mangga, kiwi, anggur dan nenas.
  • Hindari terlalu banyak minum kopi dan the. Kedua minuman itu bisa mendorong terjadinya susah buang air besar. Boleh minum kopi atau the tetapi perlu dibatasi. Sehari sekali minum secangkir kopi atau the sudah cukup.
  • Komsumsi yoghurt rendah lemak. Yoghurt diperkaya dengan probiotik, sebuah bakteri menguntungkan yang secara alamiah terdapat dalam saluran pencernaan. Probiotik dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, memecah laktosa, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan irritable bowel syndrome.
  • Olahraga secara teratur. Jika bermasalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas maka gangguan pencernaan akan menjadi masalah yang lumrah. Lakukan olahraga yang teratur untuk mengatasi gangguan pencernaan.
  • Perhatikan waktu makan. Waktu makan adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat. Makanlah secara teratur setiap harinya agar sistem pencernaan berjalan optimal. Jeda dari waktu makan satu ke waktu makan lainnya juga harus diperhatikan untuk memberikan waktu bagi tubuh mencerna makanan yang sebelumnya.
  • Hindari pula kurang tidur, stress dan sering minum obat-obatan di luar dosis. Karena hal itu kerap membuat susah ke belakang. Jangan biasakan menahan buang air besar. Kebiasaan menahan buang air besar, berarti membiarkan terlalu lama sisa makanan mengendap ke dalam usus besar. Akibatnya kotoran tersebut akan mengeras dan sukar untuk didorong keluar. Dengan begitu, perut akan menjadi kembung dan terjadilah gangguan buang air besar.
  • Perbanyak minum air putih setiap harinya. Air yang masuk ke dalam tubuh sebagian besar akan masuk ke dalam usus. Air akan membantu melunakkan kotoran. Itulah sebabnya bila kurang minum menyebabkan kotoran keras dan susah buang air besar.

Nah itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here